Dec 12, 2007

Ngobrol Brand

Brand, apa sih sebenarnya brand itu? bertahun-tahun berbicara dengan banyak orang baik itu klien, calon karyawan, mahasiswa ataupu akedemisi sekalipun hampir semua jawaban yang saya dapatkan bias. dalam artian hampir tidak ada satupun yang bisa menjelaskan dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti apa itu sebenarnya brand. tentu semua jawaban yang saya dapatkan setelah didiskusikan memiliki argumen sendiri dan tentu tidak bisa dikatakan salah karena demiakianlah pengertian yang melekat selama ini di benak masing-masing orang dan juga kadang dalam prateknya hal tersebut berhasil.

Brand sebagai sebuah bahasa rasanya bukan lagi hal yang asing di masyarakat umum rasanya, tukang nasi goreng (kribo), tukang perkedel (perkedel bondon) dan bahkan tukang baso (bu lela) bahkan sudah mengerti dengan baik pentingnya sebuah brand sehingga mereka bisa membangun perusahaan demikian besar. lantas mengapa masih banyak sekali orang yang tidak dapat menjelaskan makna dari brand? it's easy to think but hard to say, demikianlah salah satu guru saya pernah memberi tahu saya permasalahan brand ini, dan memang 100 persen saya setuju dengan beliau karena itu saya merasa perlu membahas dari awal terlebih dahulu apa itu brand agar kedepannya kita bisa mengerti mengenai masalah-masalah brand lebih jauh.

Ok, bagaimana jika kita mulai dengan mengungkapkan sebuah kata, HONDA. apa yang terpikir di benak kita? kualitas tingga, hemat, harga jual tinggi, keren, purna jual yang memuaskan, suku cadang gampang, ada di mana-mana dan seterusnya. Bagaimana dengan BMW, keren, mewah, gaya hidup, mahal, eksklusif, orang kaya, style, kenyamanan, coll dan seterusnya. kalo The Valley, bandung, tempatnya indah, sejuk, mewah, nikmat.

Nah dari Honda, BMW, The Valley apa yang bisa kita tangkap? yah setiap nama tersebut memiliki arti atau nilai di benak masing-masing orang, ketika saya berpikir sal BMW hal di ataslah yang timbul, begitupun ketika teman saya saya tanyakan mengenai Honda, sehingga dari hal yang sederhana di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa brand adalah kumpulan nilai yang melekat pada sebuah produk.

Sederhana sekali bukan, bahkan hal sederhana ini kadang kala dijelaskan sampai ber bab bab di dalam buku yang pada kesimpulannya kita masih tidak bisa menangkap esensi dari apa yang kita baca. sekali lagi pada diskusi awal ini saya ingin mengatakan dan berharap pembaca dapat setuju bahwa brand adalah sekumpulan nilai. dan nilai inilah yang menjadi dasar keunggulan setiap produk dalam persaingan di pasar.tentu permasalahannya untuk mencreate nilai-nilai tersebut di pasar bukanlah permasalahn yang mudah, butuh strategy, dana dan sumber daya yang besar dan inilah yang kita namakan branding yaitu proses membangun brand yang akan kita bahas pada edisi berikutnya.

No comments: