Dec 12, 2007

Kenali Dulu Dong !!

Memilih market sebagai salah satu unsur menyusun strategi bisnis sama juga seperti memilih buah mangga di pasar. Harus dilihat-lihat jangan yang masih hijau muda, nanti asem; harus dicium-cium supaya dapat yang harum; harus dipegang-pegang supaya nga dapat yang bosok; dan yang terakhir harus ditimbang-timbang supaya pas dengan kebutuhan. Market share untuk ketepatan produk yang akan dipasarkan pun harus dilihat-lihat karakternya, dicium-cium prospeknya, dipegang-pegang kebiasaannya dan ditimbang-timbang kesesuaiannya.

Banyak persepsi yang beranggapan bahwa market size adalah yang segala-galanya : faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan pemasaran dan penjualan produk ke depannya. Tapi tentu saja berkaitan dengan market, lebihhhhh dari itu, masih ada yang harus kita pikirkan, yang sering terlupakan, yang kita sebut dengan : market spend, market growth, competitive setting dan competitive advantage.

Jadi absolutely bukan sebuah kepastian apabila keuntungan terbesar akan diperoleh apabila market size-nya lah yang terbesar. Contoh saja kita ambil dari pertimbangan market spend. Apabila market sizenya bernilai 100 tapi setiap item-nya memiliki spend value 2, maka hasil akhir adalah 200. Sedangkan apabila kita menemukan kelompok market lain yang market size-nya hanya 50 tetapi memiliki spend value 5, maka hasil akhir adalah 250. Ternyata hasil yang lebih didapatkan tidak dari market size yang besar, tetapi ada pertimbangan spend value yang bisa didapatkan dari hasil pembelajaran terhadap karakter market tersebut. Langkah pembelajaran ini sangat penting, untuk mengetahui secara detil sifat dan pendekatan yang tepat yang dapat dilakukan, terlebih dalam menentukan market sebagai target utama pemasaran produk, apakah market tersebut membutuhkan produk yang dipasarkan.

Jangan terburu-buru, kenali dulu buah yang akan anda beli, lalu nikmati hasil terbaiknya.

No comments: