May 1, 2013

4 Ide Manfaatin Iron Man


Asiiik para penggemar koleksi Marvel pasti udah pada gak sabar nungguin seri terakhir dari iron man yang satu ini, iron man 3. Tony Stark yang super cerdas dan mempesona itu bakalan beraksi lebih seruuu di seri yang ketiganya ini.

Gak Cuma iron man 3, kisah cerita marvel lainnya kayak hulk, spiderman, dan superhero lainnya yang bikin penasaran. Yah, memang seperti inilah hal yang biasa terjadi di para penikmat film. Kalau sebuah film diangkat dari sebuah komik atau novel, orang kebanyakan akan membandingkan mana yang lebih membawa emosi mereka masuk ke dalam isi cerita.

Cara-cara produksi film dan penggelut bisnis yang satu area ini, memang jago dalam meningkatkan rasa penasaran khalayak ramai. Trailer udah masuk 2-3 bulan sebelum filmnya tayang. Banyak juga yang kasih pre-order buat booking kursi nonton lebih dulu , macem-macem deh. Nah, sekarang saya mulai singgung nih. Kamu, sebagai pelaku bisnis, udah memanfaatkan momentum yang seperti ini belum?

Momentum seperti hadirnya film-film baru baik dari dalam dan luar negeri, bisa jadi ladang ide kreatif untuk kamu bikin promo yang unik dan menarik. Apa saja bisa kamu ide-in. mulai dari mascot bisnis kamu yang pakai topeng iron man, menu iron man, special gift botol minum gambar iron man, banyaaaak. Tapi, kenapa sih mesti memanfaatkannya? Nih alasannya, simak baik-baik!

1. Focus

Fokus orang terhadap satu keadaan yang terjadi di sekitar mereka, terkadang bisa terbagi-bagi. Karena tidak hanya ramainya orang membicarakan gossip artis yang ceritanya berkelanjutan, politik Indonesia, pendidikan, dan juga para penikmat film. Penikmat film akan focus dengan satu hal yang update dengan dunia mereka. Jadi, promo kamu bisa “menyentuh” para komunitas pecinta film.

2. Trafik
Kalau kamu rajin nulis di blog yang dihubungkan dengan website kamu, setiap promo yang kamu bikin secara tematik berdasarkan hal-hal yang lagi “in”, bisa membuat bisnis kamu terdeteksi google. Mantep gak tuh?!

3. Viral
Akan ada saatnya orang membicarakan tentang sesuatu yang baru, seperti contohnya iron man 3. Kalau kamu bikin kuis tentang iron man 3 dari akun bisnis kamu, akan banyak orang yang aware dan bisa saja ikut terlibat, hehehe. Misalnya lagi, kalau kamu punya bisnis nasi goreng, kamu langsung bikin menu nasi goreng iron man yang disajikan dengan bentuk topeng iron man 3, waaah bisa jadi pembicaraan dimana-mana, viral banget gak tuh?!

4. Fanatic
Orang yang fanatic dengan satu idola tertentu, akan rela mengejar-ngejar setiap hal yang berbau idolanya. Ada yang jual topeng iron man, langsung order. Ada yang jual tiket nonton iron man di studio universal, langsung bongkar celengan. Termasuk juga kalau kamu bikin promo “nasi goreng iron man. Makan bareng tony Stark”, yaaah kamu bisa print full body-nya Tony Stark untuk jadi temen makan barengnya customer kamu, yup, customer yang fanatic, hehehe..

Gimana nih? Udah ada ide unik buat datengin pelanggan kamu yang lama dan yang baru ke tempat kamu? Semoga sharing ide di artikel kali ini, bisa lebih membuka pikiran kamu untuk berkarya dalam bisnis. Apapun jenis promonya, tetap berikan value. Value terbaik!

Posted by.
Creasionbrand I Brand & Creative Sales Consultant

Sumber gambar:

collider.com

8 comments:

ranirano said...

emang bener ya, sebagai pelaku bisnis, kita harus pinter2 lihat momen. bagus juga nih idenya buat diaplikasikan di bisnis saya. makasih Creasionbrand :)

Anonymous said...

Setuju banget sama bahasannya, memang kalo satu topik lagi "hot" kita yang berbisnis harus pandai2 manfaatin "gelombang" isu nya.

Angga Nugraha said...

kalo kita sebagai pelaku bisnis, tidak bisa memanfaatkan issue atau trend yang sedang berkembang di masyarakat sayang sekali.

habit masyarakat yang mudah berubah haluan sesuai dengan trend yang berkembang. pandai memanfaatkan trend sebagai stimulus memunculkan ide baru dan keep up to date menjadi salah satu kuncinya

Pujiananurul said...

Untuk mendapatkan awareness dari lingkungan sekitar, memanfaatkan hal yang sedang booming, happening atau ramai dibicarakan orang memang bisa jadi kunci yang tepat ya! Apalagi ditambah dengan karakter masyarakat kita yang selalu ingin menjadi updater atau informer pada circle-nya mereka masing-masing.

Rizkymamat said...

Saking gilanya sih, ada 9gaggers yang manfaatin Iron Man buat bahan bercandaan. Buat konten mereka laku dan hasilnya emang banyak loh yang nge-share.

Ayu said...

Yup. Saya pernah bahas kiat2 yang sukses dalam berbisnis via sosmed. Salah satunya ini. Dengan membahas sesuatu yang lagi IN. Agar orang gak jenuh juga sama hal yang itu itu aja alis KUDET, kurang Apdet. Hihi..

Buat offline-nya juga keren. Jadi kepikiran buat eksperimen di bisnis saya gara2 baca artikel ini. Hihi

Anonymous said...

udah jadi keharusan bagi para marketers untuk pasang idung, telinga, dan mata akan fenomena yang lagi in di masyarakat untuk dimanfaatkan untuk bisnis, iron man salah satu fenomena tepat untuk dimanfaatkan karena salah satu film yang paling ditunggu oleh pecinta film Indonesia bahkan dari tahun lalu.

Tri Asih Puspitaningtyas said...

up to date dan pintar memanfaatkan momen ternyata emang perlu ya untuk dimanfaatkan dalam bisnis, apalagi kecenderungan masyarakat kita yg sering latah mengikuti trend yg lagi booming.