Skip to main content

6 Taktik Jitu Agar Customer Repeat Order


Beli sekali?! Itu sih biasa. Beli berkali-kali?! Ini yang tidak biasa. Ayo ayo ngaku, siapa dari kamu yang kebanyakan dapet customer baru aja, tapi gak ada yang beli lagi beli lagi?

Dalam melakukan closing kepada para calon customer kita, ada banyak hal yang wajib kita lakuin agar mereka akhirnya melakukan transaksi. Tapi gak mau dong kalau customer kamu hanya datang dan pergi 1 kali saja?

Oke deh, berhubung saya sedang bersemangat sekali hari ini, jadi mari simak baik-baik ya! saya akan share tentang 6 taktik jitu agar customer kita melakukan repeat order. Yuk!

1. Special Benefit
Wajib banget buat kamu kasih benefit sama customer2 kamu. Benefitlah yang mereka rasakan dan akan terkenang dalam benak mereka. Untuk poin ini, kamu bisa kasih mereka voucher khusus, mungkin kamu mau kasih voucher untuk pelanggan yang menggunakan warna baju sama dengan kamu, wah berkesan banget buat mereka. Tapi ingat, kasih voucher yang hanya bisa digunakan untuk order selanjutnya. Mantep kan?!


2. Fasilitas nyaman
Deuuuh bakal betah banget ya tuh customer2 kamu kalau di resto kamu ada wifi gratis, photobooth, sofa pijet, hehehe. Kenyamanan fasilitas yang kamu sajikan, akan menjadi hal yang akan mereka nikmati lagi dan lagi. Orang jaman sekarang yah, paling seneng update aktifitas ke social media. Duuuh, kalau mereka ngetweet tentang tempat dan produk kamu yang cucok morokocodot itu, pasti bakal makin banyak yang penasaran dan pengen datang ke tempat kamu.

3. Hadiah 
Siapa sih yang gak suka dikasih hadiah? Gak harus Cuma-Cuma kok. Kamu bisa atur dengan cara jenius dan kreatif kamu. Contohnya dengan promo, “dapatkan pulsa senilai Rp. 100.000 dengan mengumpulkan 10 stiker dari kami. Stiker dapat kamu peroleh setiap pembelian minimal Rp. 50.000”. nah kan, bakal ada 10 kali berturut-turut yang dilakukan 1 customer kamu. Wah, anggap aja 10 x Rp.50.000 udah Rp.500.000. siapa sih yang gak butuh pulsa? Yah mau pulsa atau apapun, terserah kamu, asal menarik dan sesuai dengan kebutuhan customer ;)

4. Delivery over promise
Buat kamu yang punya jasa layanan pesan antar atau yaaa yang berhubungan dengan pengiriman barang, inilah salah satu hal yang bisa membuat customer terkaget-kaget dan menilai bahwa pelayanan kamu memang super. Contohnya saja pengiriman barang dari Malang ke Bandung itu 2 hari. Pesankan saja paket super express biar 1 hari juga bisa nyampe ke tempat tujuan. Tapi gak semua jenis bisnis cocok dengan taktik ini ya. bayangkan aja, masa kalau kita bisnis catering, eh malah kita kirim jam 8 pagi, padahal acaranya jam 3 sore. Duuuh bahaya ini!

5. Pelayanan memuaskan
Apa kamu pengen puas dengan sikap customer2 kamu? Puaskan dulu dong mereka lebih dulu. Caranya : berikan pelayanan super secara langsung, kita sebut dengan istilah on spot service. Nah, di poin ini, berikanlah senyuman terbaik karyawan2 kamu saat melayani customer, sigap dengan kritik dan bencana-bencana kecil (kalau ada piring pecah, langsung sigap beresin sampai bersih), ada yang minta password buat wifi-an ya langsung layani mereka dengan baik, dengan cepat. Selain on spot service, ada juga after sales service yang artinya customer tetap kamu layani setelah mereka pergi dari tempat kamu, bisa berupa dengan menanyakan apakah mereka puas. Atau kalau kamu mengirimkan barang, tanyakan apakah barangnya sudah sampai dengan selamat. Kan customer kamu merasa sangat diperhatikan, ya gak?!

6. Persistant contact
Terus hubungi database yang sudah kamu miliki. Tiap ada promo baru yang kamu lakukan, beri tahu mereka dengan email marketing atau SMS. Ikat customer dengan bisnis kamu karena kamu tahu bahwa bisnis kamu memiliki value yang luar biasa sehingga harus banyak orang yang menggunakan produk kamu.

Oke teman-teman, semoga 6 taktik jitu diatas bisa kamu aplikasikan dan bisa segera menghasilkan profit. Yo, make profit!

Creative Marketing

Comments

Anonymous said…
Apa bgus nya kalo consumer repeat karena ada iming2 seperti poin 1 atau 3 diatas??
Make your brand powerfull involve emotional benefit of consumer.they buy by heart not by price
#consumer loyalty

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…