Kenapa Jualan ke Perempuan?


Hari Minggu buat saya adalah hari nya ngobrol dan kumpul sama keluarga, selain pergi jalan-jalan bersama, biasanya saya bisa lebih santai dan ngobrol tentang banyak hal. Sedikit obrolan saya dan Mama saya:

Mama (M) :“Paling enak nih kalo jualan sama Ching2” (Ching2 adalah nama panggilan dari salah satu saudara saya yang sangat mengikuti trend fashion, baik dalam maupun luar negeri).
Saya (S) : “Maksudnya?”
Mama (M) : “Iya, dia mah kalo ada temen ataupun saudara yang cerita ini barang bagus dan lagi trend, dan kalo dia suka sama model nya pasti saat itu juga langsung dibeli”
Saya (S) : “Oh, ya? Ga pake tanya harga atau survey barang yang sama ke brand atau toko lain?”
Mama (M) : “ Engga, malah kadang2 kkalo udah suka banget, langsung di tempat dia minta nomor rekening lu, dan langsung ditransfer!!”

Wiiihhhh..... agak terkagum-kagum juga saya pas denger cerita Mama saya, dan ternyata ketika saya pernah ngobrol dengan beberapa teman saya yang termasuk wanita kalangan socialite, hmmm... ternyata hal-hal seperti itu sering terjadi dan sangat wajar sekali... WOW (ga pake koprol tentunya)... tapi fenomena itu memang sering banget terjadi di kalangan perempuan... catat... perempuan yang lebih sering belanja hanya karena faktor dorongan emosional.


Di hari yang sama pula saya sempat membaca cerita di sebuah portal berita di internet, Samsung sedang meluncurkan koleksi La’Fleur Collection (koleksi yang khusus dibuat untuk market perempuan), gadget2 yang ada di koleksi ini sebenarnya bukan produk atau seri baru, tapi produk yang sama hanya saja dibalut casing yang sangat perempuan sekali dan menghadirkan beberapa aplikasi yang hanya dibuat untuk perempuan, mungkin alasan seperti ilustrasi pembicaraan saya dan Mama saya juga bisa jadi salah satu alasan Samsung mengapa Perusahaan asal Korea ini repot2 membedakan produk nya dengan produk yang udah ada, bahkan menamai nya dengan koleksi La’Fleur

Kerepotan Samsung untuk menciptakan La’Fleur Collection ini kami namakan strategi Buy Leads adalah Creative Sales Credo #1, kenapa? Pertimbangkan target marketnya perempuan, makhluk yang satu ini bukan cuma emosional, tapi juga cenderung cerewet dan suka bagi-bagi informasi (ngerumpi atau bergosip bahasa Eropanya... #eeaaa). Karakter perempuan yang seperti ini yang diharapkan bisa memperbesar leads atau potensi penyebaran informasi yang cepat dan luas (efek snowball), tapi Strategi Buy Leads ini harus diikuti dengan Tactic yang juga tepat, dalam hal ini terdapat 2 tactic kunci yang bisa membuat perempuan2 ini merasa ini adalah produk untuk mereka:

Product Tactic – Design
La’Fleur Collection terdiri dari 4 gadget, Samsung Galaxy SIII Mini, Samsung Galaxy Y, Samsung Galaxy Tab2 7.0, dan Samsung C3520, dan perbedaan signifikan di produk ini terletak pada desain casing dan wallpapernya, yaitu bertema bunga/floral, dan secara harga SAMA dengan yang bukan La’Fleur Collection. Jadi, kalau mau merayu market perempuan, gampang, kasih desain yag cewe banget dan BEDA dengan produk yang sudah ada, perbedaan secara desain ini tactic yang sering dipake untuk produk dan service lain. Pernah denger Woman Taxi, Gerbong khusus perempuan, atau Ladies night? Content nya selalu sama, tapi di desain / di package khusus untuk perempuan.

ProductTactic – Feature
Gadget tetaplah gadget, ga lengkap rasanya kalo engga ngobrolin soal feature nya, bukan hanya desain casing dan wallpaper saja yang dibuat sangat perempuan, product Tactic lain yang dilakukan sama Samsung adalah dengan ngasih feature yang sedikit berbeda tapi sangat perempuan sekali di Collection ini, Samsung memberikan beberapa aplikasi, seperti Modicafe makeup yang memungkinkan pengguna melalukan eksperimen dalam bermake up secara virtual, aplikasi gaya hidup, aplikasi kesehatan seperti Daily Yoga dan Runtastic GPS Running hingga aplikasi Pink Pad yang memudahkan pengguna melacak waktu ovulasi dan kesuburan. Feature2 kayak gini yang memang dirancang dan dibikin khusus untuk perempuan.

Ambassador
Pencitraan adalah segalanya, La’Fleur Collection di endorse oleh group musik asal Korea, 4Minute yang terdiri dari 5 orang perempuan2 cantik. Korea, trend, technology, dan cantik, pencitraan ini yang mungkin di inginkan oleh Samsung dalam membidik target marketnya, perempuan, 14-34 tahun yang fashion oriented. Diakui atau tidak 5 perempuan cantik ini sesuai dengan pencitraan yang diinginkan Samsung untuk La’Fleur Collection, dan diharapkan bisa mewakili referensi fashion dan trend dari Target market nya.

Jadi, masih bertanya kenapa perempuan?

Sumber gambar: http://www.samsung.com/id/promotion/2013/lafleur/
Sumber informasi:
http://inet.detik.com/read/2013/03/28/151522/2206315/317/koleksi-gadget-lafleur-samsung-coba-manjakan-wanita

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online