Lagi ngapain lu?


A : “Lagi ngapain lu?”
B : “Belanja online, nih.”
A : “Beli apa? Aksesoris gelang-gelangan sama cincin yang lagi hits itu ya?”
B : “Bukan. Lagi beli popok bayi, botol susu bayi, biskuit bayi, susu bayi, sama gendongan bayi buat hadiah kelahiran keponakan baru”.
A : “Yaelah… Ribet bener. Itu mah tinggal beli aja ke minimarket ebelah”
B : “Beda, dong. This is only one touch. Semua kebutuhan bayi ada disini. Gue nyari yang ga bikin ribet”

Belakangan ini, banyak sekali portal-portal website jual beli yang menyediakan fasilitas seperti one-stop shopping. Contohnya, sukamart.com untuk ritel sembako dan kebutuhan sehari-hari, dan  juga sepatumurah.com untuk produk alas kaki. Kedua contoh website tersebut merupakan portal jual beli yang menjual bukan hanya satu brand, tapi dari beberapa brand dari brand master berbeda.

Beberapa fenomena di dunia e-commerce ini bisa memberikan insight mengenai behavior dari konsumen masa kini yang cenderung menginginkan hal yang serba praktis. Di samping itu, apa keuntungan yang didapat dari portal website jual beli yang menjual produk dari banyaknya brand? Check this out!

1. One Stop Shop for One Touch

Semakin hari, dunia internet membuat bersifat serba praktis. Standar online shop dengan satu brand sudah membuat strategi pemasaran menjadi praktis karena bisa diakses kapanpun. Namun keberadaan online shop yang menjual beberapa brand membuat proses jual beli menjadi lebih praktis lagi. Seperti pada Bilna.com ini dimana ibu-ibu sebagai target pasarnya, situs ini menjual banyak brand bayi. Mulai dari yang dikonsumsi, sampai dengan yang dipakai dan digunakan sebagai alat. Hal ini sangat memudahkan para pembeli sehingga tidak perlu membuka banyak kolom tab dari situs atau portal yang berbeda.

2. More Options
Seperti yang lebih awal muncul, kita hanya bisa memilih tipe yang berbeda saja dalam satu portal website yang terdiri dari satu brand. Contohnya, pada saat kita akan membeli sepatu dan kita mengunjungi website Nike, yang kita temukan hanyalah pilihan tipe dari produk Nike yang berbeda. Lain halnya jika kita ingin membeli sepatu dan kita mengunjungi website sepatumurah.com, kita bisa mendapatkan banyak referensi dari brand yang berbeda. Konsep yang digunakan oleh Bilna..com pun kurang lebih sama. Seorang ibu bisa membeli jenis produk yang sama dengan pilihan brand yang berbeda. Selain menguntungkan bagi pembeli yang bisa mendapatkan referensi lain dari brand berbeda, konsep seperti ini pun memberikan manfaat bagi pemilik portal jual beli tersebut dimana bisa menghasilkan impulse terhadap proses jual beli yang terjadi nanti.

3. Low Delivery Cost
Yep. Keunggulan belanja online yang paling nomor satu adalah kita tidak perlu jauh-jauh belanja ke tokonya. Kita bisa save time, no traffic. Tinggal pesan dan melakukan pembayaran via online, dan tunggu barangnya diantar ke rumah. Namun bagaimana jika seorang konsumen mendapatkan produk yang sama dengan brand yang berbeda dari situs yang berbeda? Otomatis mereka harus membayar ongkos kirim dan melakukan transaksi yang berbeda juga. Dengan adanya portal jual beli yang menjual banyak brand berbeda, seorang konsumen hanya perlu membayar ongkos kirim dan melakukan transaksi sekali saja dengan mendapatkan beberapa produk dari brand yang berbeda.

Bagaimana, rekan-rekan? Tertarik untuk investasi produk kalian di portal jual beli yang menjual produk dari banyak brand? Atau kalian tertarik untuk membuat portal jual beli tersebut yang kategori produk yang dijual sesuai dengan brand yang kalian jual?

Creasionbrand

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online