Apr 19, 2013

Vitamin C Marketing “Curiosity”


Kenapa sih sekarang cepet banget ganti tren viral video, mulai dari yang shuffle dance, flash mob, terus gangnam style, eh terus harlem shake? Dunia perinternetan itu emang cepet banget sih nyebar info, mulai dari berita ya sampe video –video tadi itu.

Terus ada vitamin yang emang ngedukung orang-orang buat ngeklik itu video, sama nonton terus nyebarin. Yaitu vitamin C, Curiousity alias pengen tahu alias kepo, kata orang-orang jaman sekarang. Knowing Every Particular Things a.k.a Kepo tadi pasti ada di setiap makhluk online yang berseliweran, dan yang sering nyebarin viral.

Ada beberapa hal juga sih yang ngedukung penyebaran ke-“curiousity”-an itu tadi. Ada yang internal ada yang eksternal. Dan gak banyak video viral tadi itu juga pake jasa sosial media strategist kok, kalau-kalau belum tau aja. Beberapa hal yang tadi bakal coba dipetain di poin-poin yang ada di bawah.

1. What contents to spread

Content is king, gitu sih katanya. Bener juga sih, karena faktor yang bisa mempengaruhi meledaknya suatu viral itu... ya cuma konten. Hohoho. Liat aja contoh viral yang udah sukses, kayak shuffle dance cepet banget kan nyebarnya, karena konten dari karya itu sendiri emang berkualitas gitu lhooo. Kalau kontennya teks, coba deh liat-liat ulang copy sebelum disebarin. Re-check is important! Rasa ingin tau tuh juga kebangun dari teaser konten yang bikin gereget.

2. Who are the spreading agents
Siapa yang nyebarin, juga punya andil dalam vitamin C ini. Misal gini, kalau kita punya produkg sepatu fashion yang lagi nyebarin viral effect. Terus yang nyebarin orang yang timeline twitter atau fb-nya bikin status alay. Ya, mana ada orang yang percaya sih ya. Seharusnya influencer atau evangelist itu emang diperhatiin, dan dikepoin juga. Jadi biar ada dampak ke viral yang mau dibangun. Tapi ada juga yang ngelakuin secara sukarela meski juga buat keuntungan brand, contohnya aja semua kantor yang pada ngelakuin harlem shake biar eksis di sosmed.

3. Which time to spread
Waktu yang tepat juga jadi pertimbangan, kalau orang-orang disuguhi banyak bentuk tarian viral di youtube dengan waktu yang sama, ya pasti kebagi-bagi dong fokusnya. Berdampak lagi di faktor yang mempengaruhi vitamin C tadi. Contoh, kalau lagi peak time Harlem Shake jangan nge-share tarian lain dulu sebelum peak time si Harlem Shake ini selesai.

4. Where to spread
Yang terakhir ini terkait dengan media mana yang musti jadi sarana buat kita nyebarin info viral, kalau bisa sih semua media sosial yang ada di internet.
Kenapa gitu? Karena yang mempengaruhi itu ada tiga A kalau di beda-beda media.

1. Audience
Secara audience, tiap sosial media pasti ada lah yang unik. Gak semua sama. Makanya share juga harus ke mana-mana.
2. Ambience 
Dari suasana yang beda tadi, kita bisa ngeliat consumer behaviour penonton yang nanggapin viral yang kita share.
3. Amplify
Makin luas kita nge-share di semua jejaring, makin luas juga kesempatan viral kita sukses. Semakin banyak juga orang yang kepo.

Jadi, kepo itu berguna kan. Terus bisa bikin kita tahu perilaku orang yang mau jadi target baik itu dari sudut pandang kita atau sudut pandang yang kita kepoin. Terus sesudah kepo, baru deh kita sebar konten viral. Power of Vitamin C. Vitamin Curiousity!

Creative Sales

No comments: