Skip to main content

Vitamin C Marketing “Curiosity”


Kenapa sih sekarang cepet banget ganti tren viral video, mulai dari yang shuffle dance, flash mob, terus gangnam style, eh terus harlem shake? Dunia perinternetan itu emang cepet banget sih nyebar info, mulai dari berita ya sampe video –video tadi itu.

Terus ada vitamin yang emang ngedukung orang-orang buat ngeklik itu video, sama nonton terus nyebarin. Yaitu vitamin C, Curiousity alias pengen tahu alias kepo, kata orang-orang jaman sekarang. Knowing Every Particular Things a.k.a Kepo tadi pasti ada di setiap makhluk online yang berseliweran, dan yang sering nyebarin viral.

Ada beberapa hal juga sih yang ngedukung penyebaran ke-“curiousity”-an itu tadi. Ada yang internal ada yang eksternal. Dan gak banyak video viral tadi itu juga pake jasa sosial media strategist kok, kalau-kalau belum tau aja. Beberapa hal yang tadi bakal coba dipetain di poin-poin yang ada di bawah.

1. What contents to spread

Content is king, gitu sih katanya. Bener juga sih, karena faktor yang bisa mempengaruhi meledaknya suatu viral itu... ya cuma konten. Hohoho. Liat aja contoh viral yang udah sukses, kayak shuffle dance cepet banget kan nyebarnya, karena konten dari karya itu sendiri emang berkualitas gitu lhooo. Kalau kontennya teks, coba deh liat-liat ulang copy sebelum disebarin. Re-check is important! Rasa ingin tau tuh juga kebangun dari teaser konten yang bikin gereget.

2. Who are the spreading agents
Siapa yang nyebarin, juga punya andil dalam vitamin C ini. Misal gini, kalau kita punya produkg sepatu fashion yang lagi nyebarin viral effect. Terus yang nyebarin orang yang timeline twitter atau fb-nya bikin status alay. Ya, mana ada orang yang percaya sih ya. Seharusnya influencer atau evangelist itu emang diperhatiin, dan dikepoin juga. Jadi biar ada dampak ke viral yang mau dibangun. Tapi ada juga yang ngelakuin secara sukarela meski juga buat keuntungan brand, contohnya aja semua kantor yang pada ngelakuin harlem shake biar eksis di sosmed.

3. Which time to spread
Waktu yang tepat juga jadi pertimbangan, kalau orang-orang disuguhi banyak bentuk tarian viral di youtube dengan waktu yang sama, ya pasti kebagi-bagi dong fokusnya. Berdampak lagi di faktor yang mempengaruhi vitamin C tadi. Contoh, kalau lagi peak time Harlem Shake jangan nge-share tarian lain dulu sebelum peak time si Harlem Shake ini selesai.

4. Where to spread
Yang terakhir ini terkait dengan media mana yang musti jadi sarana buat kita nyebarin info viral, kalau bisa sih semua media sosial yang ada di internet.
Kenapa gitu? Karena yang mempengaruhi itu ada tiga A kalau di beda-beda media.

1. Audience
Secara audience, tiap sosial media pasti ada lah yang unik. Gak semua sama. Makanya share juga harus ke mana-mana.
2. Ambience 
Dari suasana yang beda tadi, kita bisa ngeliat consumer behaviour penonton yang nanggapin viral yang kita share.
3. Amplify
Makin luas kita nge-share di semua jejaring, makin luas juga kesempatan viral kita sukses. Semakin banyak juga orang yang kepo.

Jadi, kepo itu berguna kan. Terus bisa bikin kita tahu perilaku orang yang mau jadi target baik itu dari sudut pandang kita atau sudut pandang yang kita kepoin. Terus sesudah kepo, baru deh kita sebar konten viral. Power of Vitamin C. Vitamin Curiousity!

Creative Sales

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…