Oct 21, 2018

Jadi MIlioner dengan Bakmi Jowo, bisa?

Banyak sekali pertanyaan seperti ini muncul di berbagai kesempatan baik itu kegiatan workshop ataupun pertanyaan yang langsung dikirim via sosial media. "kang klo mau usaha mulai dari mana yah kira2". Pertanyaan seperti ini kadang keliatan memang pertanyaan sederhana, sangat umum dan sering sekali ditanyakan memang tapi pada prateknya kadang sulit juga memberikan jawaban yang pasti dari mana sebetulnya usaha harus dimulai, banyak sekali teori dan nasihat terkait hal ini.

Tidak ada ya salah or benar mutlak dari berbagai hal yang akan coba kita paparkan dibawah karena setiap point salalu ada contoh yang sukses ataupun tidak sehingga point2 tersebut lebih bersifat pengetahuan yang bisa dijadikan pemikiran ketika kita akan memulai usaha tentunya yah.

Coba kita lihat beberapa nashiat/ teori/ ataupun cara bagaimana memulai usaha yang sudah lazim dan sering dipraktekan oleh banyak pengusaha.

1. Aliran Mulai Ajah Dulu (Mokat, Modal Nekat)
Pengajunut paham ini klo mau usaha yah yang penting START NOW, mau usaha apapun NIATKAN dan jalankan, lihat ajah dulu apa yang kita bisa, peluang apa yang ada atau pontesi di depan mata yang ada untuk diSIKAT dan dijalankan SEGERA. RESIKO, yah biasalah, klo gagal yang jadikan cambuk untuk lebih termotivasi, belajar lagi sehingga akhirnya nanti bisa sukses.

Paham ini lebih menekankan untuk kita segera DO ACTION karena memang kadang jadi pengusaha itu base on pengalaman saya sendiri yah mulai ajah dulu sih, tapi mungkin ada beberapa hal yang akan menjadi catatan di bawah.


2. Aliran Feasibility Studi
Nah penganut ajaran ini biasanya semua diperhitungkan dengan matang, dibuat perencanaan yang detail mulai dari potensi pasar, revenue, profit, BEP dan bahkan sudah diperhitungkan akan growht seperti apa 5-10 tahun ke depan jika scenario jalan. Biasanya aliran ini sangat kuat detailnya sehingga ketika bisnis dimulai mereka akan sangat STICK to THE PLAN, faktor resiko tetap diperhitungkan tentunya.

3. Aliran Motivasi dan Workshop
Nah aliran ini sangat terdorong untuk memulai usaha ketika mereka sudah rajin mendapatkan motivasi, ikut workshop sana sini untuk lebih "meyakinkan diri mereka sendiri" bahwa "KAMU BISA" "Ilmumu udah cukup". Nah tapi kadang ada yg terjebak jadi "Peserta Workshop Rutin" atau bahkan malah terjebak jadi "bisnis workshop" jual lagi materi yang didapat ke orang lain, yah bisa dibilang MULAI USAHA juga sih ga salah.

4. Aliran Kepepet
Aliran keempat ini merupakan aliran "ga ada jalan lain", mereka memulai usaha karena yah harus usaha. Alasannya bisa macam-macam sih, misal kalo dari kuliah udah desprete tuh sama kuliah, IPK sudah tidak terselamatkan, mau kerja ga ada yg terima jadi yang kepepet bikin usaha ajah. Ada juga yang mungkin gara2 ke PHK sehingga tidak ada pilihan lagi dalam waktu dekat harus segera ada nafkah baru yang mulailah usaha. Ada juga yang "membuat" dirinya kepepet, misal Resign kerja karena pengen hijrah, nah pilihan tercepat yang buka usaha.

5. Aliran Bebas Financial
Nah klo ini memulai usaha yah karena memang secara Financial mampu serta keinginan untuk memulai usahanya juga besar, jadi basically tidak ada masalah dengan uang klo model ini untuk memulai usaha, point penting yang perlu sekali diperhatikan ada jangan terjebak karena "uang gampang" kemudian melupakan banyak hal seperti ilmu, komitmen dan motivasi.

Ini banyak saya temui nih, secara financial tidak ada problem cuma kombinasinya dengan Mulai aja secepetnya sehingga ujung2 nya bubar udah 1-2 tahun dengan meninggalkan kerugian miliaran, yah ga masalah juga mungkin yah hehe.

6. Alirah Mentor Bisnis
Nah alirah ini memulai karena dibimbing oleh Mentor bisnis sehingga muncul percaya diri bawah bisnis akan berjalan lebih lancar dan mulus karena sudah ada yang membimbing. Buat saya ini point yang sangat bagus untuk memulai bisnis ketika ada pembimbing karena banyak transfer knowledge dan wisdom yang bisa kita dapat terkait dunia bisnis tentunya. Paling pastikan ajah memang mentornya adalah orang yang tepat dan kompeten di bidangnya.

Nah mungkin pertanyaan klo akang dari mana kang? To be honest waktu pertama kali memulai bisnis disekitar 2013 boleh dibilang saya aliran no.1, mulai ajah dulu (modal nekat), ilmu ga ada, pengalaman ga ada, mentor gan ada, duit ga ada haha dan akhirnya yah berlika liku, banyak utang, susah, jatoh (bangun) jatoh dll. Mungkin hampir 10 tahun baru akhirnya di 2013 bertemu POLA nya dan Alhamudullilah diberikan jalan sama Allah untuk bisa berdiri lebih baik bisnisnya. Tapi 10 tahun, mau?

So bagaimana? Ah jaman sekarang enak kok, dunia usaha tumbuh luar biasa saat ini, dunia informasi, edukasi dan supporting sistem dunia usaha juga tumbuh sangat luar biasa, ga ada tuh jaman saya workshop2 seperti di Foodizz ini tentang bagaimana memulai usaha dari Nol, ato workshop, mentoring dll sehingga akses kita untuk memulai usaha sangat banyak dan lengkap, karena itu jika ditanyakan ke saya sekarang "memulai usaha dari mana" saya lebih cenderung selalu menganjurkan cari ILMUnya dulu melalui mentor, workshop, magang dll.

Udah nonton Wiro Sableng kan, nah kebayang ga kalo ujuk-ujuk turun gunung terus nantang
Mahesa Birawa yg ilmunya sudah sangat sakti, sudah banyak pengalaman bertarung dengan banyak pesilat dan blom lagi sadis banget, yah konyol, udah berlatih ajah masih kalah juga kok pas one on one, nah itu kelak yang akan kita hadapi di dunia bisnis sehingga tanpa ilmu, tanpa bimbingan akan sangat riskan untuk kita memulai usaha saat ini dalam bidang apapun.

Wah lama dong kang, ah siapa bilang, seperti tadi saya bilang, akses udah sangat banyak, yg mau berbagai udah banyak banget, tinggal niat kita untuk mencari, belajar, mendapat bimbingan kemudian memulai, ga lama juga kok mungkin step back 3-6 bulan untuk belajar baru kemudian dengan modal ILMU turun gunung untuk bertarung. Setidaknya dengan ILMU kita mengurangi resiko gagal daripada memulai tanpa Ilmu sama sekali.

Nah apa hubungan dengan Judul dan gambar Bakmi Jowo di atas yah? Yah dengan Ilmu makanan sederhana di atas bisa membuat kamu jadi milioner hehe, kuncinya ILMU.

Artikel lainnya

KOK BISA SUKSES sih?
10 Golden Rule Memulai Bisnis Kuliner
Jadi dari mana ide datang

No comments: