Dec 20, 2017

"Membeli" Konsumen Masa Depan

"mas kayanya buat bisnis kuliner gampang yah, tinggal cari koki yg jago cari tempat dan minimal punya modal awal lah bisa tuh kita langsung berbisnis"

Yah BETUL 100%, ga ada yang salah dengan statement di atas klo cuman mau "buka" "punya" bisnis di bidang kuliner ato di bidang apapun lah, asal ga usah mikirin nanti soal omset berapa, dapat untung ato enggak, balik modal nya kapan, setelah beberapa lama bisnis masih jalan ato enggak yah sekali lagi BETUL 100% pernyataan diatas hehe.

Tapi sayangnya "buka" bisnis adalah pekerjaan yang paling gampang yang dilalui oleh setiap pebisnis, namun setelah "buka" pekerjaan berat yang akan menunggu adalah apakah bisnisnya mampu mendatangkan konsumen, bisa mencetak omset sesuai target, apakah profit bersihnya bagus dan sesuai target, apakah costnya terkontrol, apakah bisa dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar dan berbagai tantangan-tantangan lain yang tidak kalah sulitnya untuk dijalankan.

"wah jadi sulit banget juga kalo gitu yah" hehe klo setiap orang yg mau menjalankan bisnis memikirkan 2 paragrap di atas pasti mereka akan berpikir dan berhitung kembali yang artinya kalo tetap terjun sebagai pebisnis mereka pasti sudah betul-betul memperhitungkan setiap hal yang ada di 2 paragraph tersebut tentunya.

Nah beberapa tulisan ke depan saya akan coba membahas step by step terminologi business yang penting untuk setiap pebisnis untuk bisa sukses dan bisnisnya terus bisa berkembang tentunya. Apa ajah itu, Buy Leads, Buy Now, Buy More, Buy Often, Buy Recommendation.

Buy Lead (Mendatangkan Konsumen)

Apa yang sangat penting ketika kita bisnis sudah siap dimulai? Yah mendatangkan siapa yang akan membeli produk kita tentunya (buy leads), tahap buy leads ini akan sangat menentukan apakah ke depannya bisnis kita bisa berjalan dan berkembang dengan baik sehingga menyusun strategi untuk buy lead ini menjadi sangat penting Hal ini juga berarti akan menciptakan trial usage yaitu tahap di mana banyak orang (target market) kita mencoba menggunakan produk kita pada tahap awal dengan sebanyak mungkin orang mencoba produk kita artinya kita menciptakan Future Market yang kelak akan membeli atau merekomendasi produk yang kita jual tentunya. Bagaimana caranya? yuk coba kita kupas beberapa idea.

a. GREAT campaign concept
Ketika produk kita pertama kali dilaunching, punya konsep besar dan keren untuk launching itu hukumnya WAJIB. Kenapa? karena kita harus attract sebanyak mungkin target market kita, membuat mereka AWARE kemudian MENDORONG mereka untuk datang/ trial produk yang kita tawarkan. Contoh ketika kita membuat bisnis distro baju misalnya, bagaimana caranya untuk membuat sebuah GREAT campaig sehingga target market kita misal Milenial mau datang/ antri dan membeli produk kita, susah bukan? Yah kalo mudah tentu semua bisnis yang di launching banyak yang sukses dong, sebaliknya khan tidak demikian. Jadi tips nya bagaimana?

  • Galih dulu insight/ informasi apapun yang terkait dengan target market kita, cari apa yang kira-kira membuat mereka tertarik untuk datang, antri dan membeli produk kita.
  • Kebanyak soal kreativitas ini suka mentok, nah saran saya kalo kamu bukan tipe orang kreatif sebaiknya pake ajah agency creative.
  • Konsep yang sudah ada sebelum di launching di trial dulu di kalangan terbatas misalnya di sebuah kampus or SMA kecuali kamu yakin sekali dan bisa melihat masa depan hehe.

Pointnya idea ini harus mendatangkan target market, bukan ide yang misalnya terlalu kreatif sampe yang liat malah bingung. Contoh misal klo kita punya distro, campaign promonya "Tukar T-Shirt yang kamu pake dengan T-Shirt Brand.Bro" nah dijamin berbondong-bondong anak muda datang untuk tukar T shirt, kemudian buat syarat pas udah dipake T Shirt nya harus di photo dan masukan ke Instagram or other social media channel.

Ato misal "Free Bubur Ayam selama 1 minggu, syarat bawa mangkok sendiri" dan banyak idea lain yang pointnya mendatangkan (buy lead) sebanyak mungkin target market yang melakukan Trial produk kita.

b. MASSIVE media
Yah ini juga penting, mau banyak yang tau (aware) yah mesti banyak media yang digunakan biasanya, investasi di iklan, klo sudah berani buka bisnisnya kenapa takut untuk sekalian investasi juga di media iklannya karena ini salah satu proses membangun brand tentunya dan juga yang terpenting bisa mendatangkan calon konsumen.

Kuncinya sebetulnya (diukur), dengan media massive, berapa banyak yang datang membeli, berapa luas jangkauan media tersebut dan apakah kemudian dengan massivenya di media membuat menjadi perbincangan banyak orang, makin banyak yg ngomongin, makin banyak yang tau artinya makin banyak kemungkinan orang akan datang dan membeli produk kita sehingga terjadi Product Trial.

Media apa ajah? yah ini tentu harus disesuaikan dengan target market kita, bisa offline bisa online tergantung dan juga bisa gratis bisa berbayar, tinggal seberapa keren ide dan konsep yang kita buat tentunya. Misal klo mau gratis tapi promosi massive, ajakin artis, kasih share bagian dari bisnis kemudian minta artisnya untuk promo secara massive. Ato misal undang buzzer2, kasih produk secara gratis kemudian minta "bantu" mereka untuk promosikan produk kita dan berbagai ide lainnya, yg pasti Massive # Mahal (tidak sama dengan harus mahal) tapi harus kreatif.

So ingat Buy Leads adalah langkah awal kita memciptakan Future Market, jadi pastikan idea untuk mendatangkan leads ini keren, media yang digunakan massive (jika diperlukan, bisa juga spesifik kembali lagi siapa target market kita) sehingga terjadi traffic tinggi untuk ingin membeli produk kita. Traffic Tinggi = Probabilitas Tinggi = Potensi Market yang besar ke depannya. Yah tentu harus didukung oleh produk yg berkualitas, unik, value for customer dll (tapi kita lagi ga bahas soal ini).

Selamat mencoba.

Semoga Bermanfaat.

Baca Popular Post Lainnya

Tingkatkan Leads dan Sales Via Affiliate Marketing
Tingkatkan Penjualan dgn Speak-Speak Dewa (SSP)
Ayam dan telor akhirnya terjawab mana duluan

Note.
Silahkan jika ingin di repost atau disebarkan ulang seluruh konten yang ada di dalam blog ini untuk tujuan sharing dan berbagi ilmu. Dilarang untuk penggunaan komersil.

5 comments:

catatan suha said...

Bacaan yg penuh gizi dan menyehatkan pikiran serta kreativitas. Lanjuut Kang Rex

Ali Harpan said...

Nice 👍

Baha Tomyam said...

Ini baru Buy Leads, ditunggu tulisan Buy Now, Buy More, Buy Often, Buy Recommendation sangat menarik untuk disimak. Makasih Bang Rex

Reksa said...

mantap om. terima kasih ilmunya :))

widadik said...

Makasih om rex. ilmu bagus kayak gini dibagiin gratis