Jul 22, 2013

The Power of Free Marketing Ala Google

Gmail, Google Search, Hangouts, Android, Google+, Keep, Chrome, Youtube, Google Insight, Google Keyword tool Box, Google translate, Google Adsense, Blogspot, List di atas adalah fasilitas yang hampir setiap hari saya gunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari email, chatting, mencari informasi, menyimpan pesan, melihat iklan, menggunakan browser sampai mencari aplikasi gratis maupun berbayar melalui handphone.

Tebak apa yang menjadi persamaan semua produk di atas? yak mudah sekali semua disediakan oleh google secara GRATIS. Tidak ada satupun fasilitas yang saya gunakan diatas berbayar, dan hebatnya dengan semua FREE tersebut, hampir sebagian besar memberikan solusi untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari saya di perusahaan. Atau ada dari Anda yg tidak menggunakan salah satu fasilitas yang saya sebut diatas sehari-hari? Rasanya hampir mustahil kita tidak menggunakan salah satu tools di atas apalagi jika berhubungan dengan bisnis.

Nah yg unik kemudian saya sering sekali ditanya jika sedang sharing Promotion Tactic dengan Element FREE ini, "lah terus dari mana dong Google dapat duit kalo sumua productnya dibuat gratis gitu??" Nah, tunggu dulu, tidak semua tentu gratis, coba lihat gambar di bawah (google revenue stream):



Gambar di samping memperlihatkan pendapatkan iklan google luar binasa (sengaja bukan typo) besar dari sisi iklan, dan pengiklannyapun jangan bayangkan di indonesia ajah, tapi seluruh dunia beriklan melalui google untuk menjaring potensi pasar lokal maupun international. Di skala kecil klien yg saya handle saja menganggarkan budget dalam jumlah Miliar untuk membangun brand awareness dan menjaring target market.

Seperti apa sih iklan google itu? Saya lampirkan di bawah, mungkin saja dari pembaca blog ini ada yang belom tahu, kalo sudah tahu yo wess hehe. Di atas baru saya lampirkan revenue stream google dari sisi iklan google websites, selain itu mereka juga mendapatkan revenue dari sisi google's network member website dan revenue lainnya.

Ok cukup mengagumi google hehe, apa yang ingin saya bahas? FREE/ Gratis ternyata merupakan taktik promosi yang sangat jitu dalam dunia bisnis, tentu saja taktik ini bisa diterapkan dalam skala perusahaan global maupun lokal, mulai dari google sampai emperan kaki lima dengan syarat dan beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, apa ajah itu? coba yuk kita bahas:

1. Revenue Stream
Bahasa mudahnya skema pendapatan harus jelas. Boleh kita kasih "tambah nasi gratis" tapi sebelumnya kita sudah perhitungkan dengan detail berapa konsumen yang bakal datang dan berapa besar belanja mereka di warung kita serta berapa cost yang akan bertambah nah dari sini kita bisa memprediksi berapa besar omset yang kita bisa hasilkan dengan strategi "Tambah Nasi Gratis" tersebut, sejauh pada akhirnya profit tetap lebih besar dengan konsumen yang lebih banyak mengapa tidak.

Dengan memberikan produknya secara gratis Google sudah memperhitungkan bahwa mereka kelak akan bisa menjual Iklan (adword, display network, mobile, adsense, google play market) kepada banyak perusahaan dan individu karena point kedua yaitu terjadinya Massive Consumption produk-produk google.

2. Massive Consumtion 
Nah ini salah satu yg dituju dengan taktik promosi FREE yaitu terjadinya massive consumption, dan berikutnya dengan mudah ditebak, ketika hampir sebagian besar orang menggunakan google search untuk mencari informasi, google dapat memanfaatkan ini sebagai ajah "cari duit" dengan menjual iklan ke perusahaan-perusahaan dan individu yang perlu mengiklankan produknya sesuai dengan apa yang dicari orang di search. Misalnya ada yg search "asuransi" dan perusahaan Asuransi bisa beriklan seperti contoh di samping. Luar biasa bukan?

Bagaimana dgn bisnis kecil? Saya kasih contoh nih, jika Anda bukan mie ayam dan yakin mie ayam Anda uenakk tenanlah katanlah, dari pada Anda pasang baliho, billboard, radio atau iklan koran, lebih Anda buat promo "makan gratis selama 1 bulan", yah memang terlihat "wa ga ada pemasukan dong", yah memang namaya juga lagi Promosi, tapi Anda jangan lupa mungkin ada ratusan orang atau ribuan orang yang akan coba, akan balik lagi kalo produk Anda enak dan akan merekomendasikan ke ratusan atau ribuan orang lain yg akan kembali mencoba produk Anda, ingat media apa yang paling efektif untuk membuat orang membeli? "Omongan orang lain AKA rekomendasi".

3. Part of Life
Ini salah satu kehebatan dari taktik promosi FREE google, membuat produknya menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, saya tidak membayangkan bagaimana pekerjaan sehari-hari tanpa youtube, gmail, search atau blog haha terlalu dramatisir yah, yah enggaklah, kalo bukan google paling-paling anda "korban" dari Microsoft ataupun IOE hehe, jadi sama ajah khan.

Memang bukan perkara mudah menjadikan taktik promosi FREE seperti itu, kita betul-betul harus punya sesuatu yang ditawarkan dengan manfaat superior dan menjawab keinginan dan ekspektasi konsumen, namun dalam sekala kecil, setidaknya buatlah takti promosi yang akhirnya menjadi "kebutuhan" misalnya, saya kalo rame2 lebih suka ke restaurant yang menyediakan air putih gratis walaupun makannya cukup mahal.

Atau strategi Gillette yg dahulu membagikan pisau cukur gratis dan kemudian menjual kepala pisau cukur dan foam, dgn membagikan pisau cukur secara gratis siapapun yg memilikinya tentu ingin memanfaatkannya, di awal terjadi produk trial, kemudian bulan depan ketika pisau sudah tumpul otomatis karena sudah terbiasa pake "part of life" otomatis orang akan membeli kepala pisau cukurnya.

4. Lets the 3rd party pay
Yea, ini juga impact yang penting dengan taktik promosi FREE ala google, setelah membangun massive comsumption buatlah pihak lain membayar mahal untuk beriklan. Ini berkorelasi langsung dengan revenue stream tentunya, jika tidak ada pihak yang mau membayar yah tentu saja model bisnis seperti google ini tidak akan jalan.

Dalam konteks bisnis kecil, Anda bisa mengajak sponsor ketika melakukan taktik promosi FREE ini dengan imbal balik tentunya brand awareness kepada target market yang sama dan massive, misal lagi bulan ramadhan Anda buat FREE Kolak di cafe Anda dan kolak ini di sponsori oleh SunPride (jadi pisangnya gratis dari Sunpride), nah di sini dapet 3 manfaat sekaligus bukan, Anda yg punya cafe bisa datangkan traffic yang besar, SunPride di fasilitasi untuk branding dan trial produknya dan konsumen tentu saja bahagia dapet kolak gratis. All Win, no Body Lose.

Nah bagaiaman dengan Brand Anda? Bisakahn menggunkaan takti promosi FREE ini?

Popular Post:

Private Label, Lampu Kuning Pemilik Brand
Aku, Mama, Starbucks dan Pisang Sunpride
Starbucks Catering, Ngejer Setoran?

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant

5 comments:

Rizkymamat said...

Artikel yang sangat informatif dengan rincian cara beriklan di google dengan trik yang berbeda, element free dalam promotion tactic bakal jadi hits nih! Apalagi bisa dipakai di seluruh dunia dengan jenis usaha yang beragam.

Anonymous said...

Bener Google sudah bagian dari lifestyle, susah kita lepas dari Google nih.. dikit dikit Googling... :)

Dian Fitria said...

Wah bagus artikelnya, membuka wawasan mengenai strategi marketing google yang belum tentu banyak orang yang sadar akan hal tersebut.

terima kasih creasiobrand tetap menulis yang inspiratif :)

Anonymous said...

Setuju sama pendapatnya, seperti nya sdh jadi lifestyle klo ga tau apa2 harus googling. Pengetahuan ttg revenue stream juga sangat membuka wawasan

Shinta Margaret

Kurniawan Santoso said...

Nice Article! Keep on it!