Apr 1, 2013

Air Asia Go, Amazing Creative Sales


Beberapa hari lalu saat saya sedang berjalan-jalan di mall, saya melihat sebuah stand yang menarik perhatian sekali. Selain memang padat dikunjungi orang, saya tertarik dengan warna merah yang saya kenal di stand tersebut. Ya betul! Warna merah tersebut adalah warna merah Air Asia, dan kalo di baca dengan lebih teliti memang tulisannya adalah Air Asia GO!

Ternyata Air Asia sedang mempopulerkan produk baru mereka yaitu AirAsiaGo.com bagi kalian yang sudah sering masuk ke website Air Asia tentu tidak jarang melihat promo beserta dengan penjualan hotel, namun kali ini Air Asia melangkahkan kaki ke arah yang lebih serius dalam menyediakan promo Penerbangan Plus Hotel!

Beberapa tahun belakangan ini sejak Social Media dan internet kian populer, jika saya perhatikan memang industri pariwisata sangat berkembang. Apalagi ditambah dengan banyaknya berbagai tempat wisata baru dan jalur penerbangan langsung dari berbagai kota. Wah.. semakin banyak orang yang berpergian menjadi suatu kondisi yang begitu menggiurkan bagi para pelaku bisnis wisata, baik penerbangan, hotel, kuliner maupun tempat-tempat wisata.


Meningkatnya konsumsi media internet semakin mempermudah bisnis ini untuk menggurita, terutama untuk memudahkan konsumen membeli produk mereka saat itu juga! Alias Buy Now! Kalo dulu kita mau beli tiket pesawat harus naik mobil atau telepon ke travel agent, sekarang tinggal buka website, klak klik klak klik langsung uang kita sudah berpindah ke bisnis tiket pesawat tersebut. Bahkan Air Asia memotong jalur travel agent tersebut, sehingga mereka yang mau membeli harus menghubungi langsung Air Asia, cara termudah adalah melalui website mereka.

Peluang semakin bertumbuhnya industri ini tidak ingin dilewatkan oleh Air Asia, selain mereka memiliki jaringan hotel sendiri yaitu Tune Hotel, mereka juga memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai hotel yang ada di berbagai Negara, terutama di Asia, di mana penerbangan Air Asia mampu menjangkaunya.

Berikut adalah beberapa alasan yang didapatkan dari insight mereka para pelaku travelling, baik untuk business maupun pleasure.

1. Kalau beli tiket pesawat pasti butuh penginapan
Strategi Air Asia untuk mempopulerkan AirAsiaGo.com ini adalah salah satu implementasi dari taktik Creative Sales untuk mendorong konsumen melakukan Buy More! Jika dulu hanya membeli tiket pesawat, sekarang bisa membeli tiket pesawat dannnnn penginapan! Langsung deh omset Air Asia bisa meningkat bahkan lebih dari 100%! Bayangkan saja, kalo kita menginap minimal 2 malam, biasanya malahan harga penginapan kita bisa sama atau bahkan lebih tinggi dari tiket pesawat.

Cara AirAsia meningkatkan omset mereka ini bisa kita tiru, apakah kita terpikir suatu produk yang menjadi komplementer dari produk utama kita, dan bisa kita jual bersama dengan produk kita. Walaupun secara produksi tidak kita tangani, namun konsumen akan memiliki preferensi lebih tinggi untuk membeli, bukan dari sisi harga namun dari sisi kemudahan dan kelengkapan.

2. Satu brand satu positioning
Walaupun terkesan Air Asia jadi tidak fokus, karena menambah produk, namun mereka tetap berada dalam 1 koridor positioning yang sama. Dulu kita mengenal Air Asia dari diferensiasi mereka sebagai penerbangan yang low cost alias murah. Sekarangpun Air Asia Go masih membawa positioning yang sama yaitu berbagai paket penginapan dan penerbangan murah (termasuk positioning Tune Hotel yang merupakan penginapan dengan budget hemat).

Jadi konsumen pun tidak menjadi bingung dan bahkan Air Asia menjadi sebuah solusi untuk segmen yang sama, yang dari dulu mereka garap, yaitu segmen yang mencari akomodasi dan transportasi murah saat berpergian.

Terlihat dari penyajian informasi di halaman home website mereka yang menampilkan daftar murah penginapan-penginapan di berbagai kota dan Negara.

3. Jawab kebutuhan konsumen
Komunikasi yang disampaikan kepada konsumen dengan tajam menjawab kebutuhan konsumen. Berbagai keunggulan tersebut dikomunikasikan untuk “mengunci” para calon konsumen untuk tidak kemana-mana, karena selain banyak pilihan dengan harga murah, konsumen bisa langsung percaya (dibandingkan membangun brand dari nol) karena produk ini di bawah brand Air Asia yang telah memperlihatkan performa brand yang baik.

Selain itu, kunci tambahan yang mereka gunakan adalah untuk membuat konsumen Buy Often, memastikan para konsumen yang telah membeli, akan membeli kembali. Mereka menyediakan poin reward untuk semakin banyaknya konsumen yang melakukan transaksi di sana.

4. Sensational Offer dan Push to Action!

"Hah? Ke Singapura 1,7 juta sudah termasuk pesawat dan penginapan 3 hari 2 malam?"

Memang ciri khas Air Asia suka bikin heboh! Strategi komunikasi dengan penawaran yang sensasional ini menjadi taktik terdepan Air Asia dalam menarik perhatian. Kemudahan transaksi menjadi cara mereka untuk mendorong konsumen melakukan Buy Now karena limitasi yang ada (biasanya periode promo dibatasi) mendorong konsumen untuk melakukan tindakan saat ini juga.

Strategi push to action tersebut bahkan ditandai dengan disediakannya laptop dan jaringan internet di booth pameran mereka, sehingga bagi mereka yang ingin membeli paket tersebut bisa melakukannya langsung di booth dan bahkan bisa dipandu oleh para petugas.

1 comment:

komunitas muslim indonesia said...

mantab neh blog keren buat marketing online dan branding. syukron