Posts

Showing posts from March, 2013

Riset Milyaran v.s Riset “Gratisan”

Image
Kenapa sih riset selalu menjadi perbincangan semua orang di jagat bisnis? heran emang si riset itu hebat banget yah sampe-sampe selalu dijadikan senjata pamungkas untuk menjadi kunci kemenangan dari persaingan? siapa ya kira-kira yang pertamakali nemuin si riset? He4, lebay yah. Nah balik ngomongin riset nih memang benar riset bisa dibilang segalanya dalam sebuah bisnis atau apapun itu, karena melalui riset kita bisa mengumpulkan data dan fakta di lapangan untuk selanjutnya di olah sebagai bagan pertimbangan utama di setiap proses pengambilan keputusan.

Ngomongin riset pastinya bukan perkara yang mudah dan murah, untuk sebuah brand atau perusahaan besar riset merupakan salah satu aktifitas yang menjadi keharusan walaupun menghabisakan biaya yang tidak sedikit tentunya. Namun demi untuk sekumpulan data aktual dan akurat di lapangan yang memiliki dampak besar terhadap sebuah brand atau perusahaan, biaya besar nampaknya tidak menjadi permasalahan utama.

Dalam tulisan sebelumnya saya per…

Masterchef on Pizza, Mau?

Image
Beberapa hari lalu saya melihat poster ini nih di depan restoran Pizza Hut. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya melihat promo ini, karena beberapa bulan lalu saat saya makan di Pizza Hut, saya melihat di dalam menunya, ada beberapa masakan yang dibuat khusus oleh si pemenang kedua Master Chef Agus Sasirangan. Gara-gara lihat promo ini, saya jadi keingat dulu saya pernah nemu program yang serupa di Air Asia, yaitu ada masakan khusus Farah Quinn buat Air Asia. 2 promo ini sama-sama memanfaatkan momentum tren “Chef” baik itu Celebrity Chef maupun Masterchef untuk menarik minat para customer.

Ngomongin tentang promo yang berlangsung di Pizza Hut, sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalo restoran yang satu ini punya hobi bikin inovasi! Saya sebagai pecinta Pizza Hut memang langganan nyoba-nyoba berbagai menu baru yang mereka keluarkan. Dan karena itulah saya jadi mulai bisa membaca strategi produk yang mereka lakukan.

Menurut saya apa yang dilakukan oleh Pizza Hut adalah dengan tujuan …

Kalah Sama Nenek-Nenek

Image
Hari ini benar-benar menjadi hari yang luar biasa buat saya. 2 orang nenek-nenek berhasil memotivasi saya. Apa yang beliau-beliau lakukan pada saya? Ternyata cukup dengan kalimat yang saya tulis penggalannya sebagai judul diatas, “Kamu anak muda, jangan kalah sama nenek-nenek!”. Jleb,  bener-bener mengiris kalbu banget itu kalimat. Anda semua harus tahu apa yang terjadi hari ini, dan apa saja poin-poin penting yang saya terima hari ini. Inilah kisahnya :

2 orang nenek-nenek yang saya temui memiliki bisnis yang skalanya besar. Memproduksi bukan lagi satuan unit, tapi beratus-ratus unit. Tidak hanya satu macam bisnis, tapi dua bahkan lebih. Tidak banyak mengeluh, tapi terus mengucap syukur. Baiklah teman-teman, mungkin sudah kebayang apa yang akan saya share di artikel kali ini. Mari kita mulai!

1. Punya impian
Pertama kali mereka memperkenalkan diri. Dengan bangganya mereka bilang, “kami adalah orang yang selalu bermimpi, dan untuk mewujudkannya, kami harus beraksi”. Apakah kita anak m…

Uniqlo, Buy Awareness With Lucky Dip

Image
Untuk menarik para participant di beberapa event memang sering menggunakan strategi Lucky Dip atau undian. Khususnya di beberapa pusat perbelanjaan di mall-mall besar di Indonesia, strategi seperti ini cukup sering digunakan. Dengan menyertakan persyaratan minimal pembelanjaan di outlet atau pusat perbelanjaan tertentu, para calon partisipan bisa mengikuti undian berhadiah.

Bagaimana dengan Lucky Dip yang ada di online? Beberapa strategi lucky dip atau undiah berhadiah yang dilakukan untuk aktivasi online adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan atau tantangan namun tetap melakukan pengundian hadiah secara offline, baik ditentukan secara acak oleh penyelenggara ataupun pengundian yang ditonton oleh beberapa saksi yang kemudian hasil pengundiannya dipublish di website atau social media penyelenggara aktivasi online tersebut.

Uniqlo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan merchandise asal Jepang yang mulai membuka channel penjualan di Jakarta, membuat kampanye online d…

Tune Hotels, Semua Ada Harganya

Image
Mau saya rekomendasikan hotel di Bali, dekat sekali dengan pantai Kuta atau Legian dan tarifnya amazing sekali, 205 ribu per malam? Yah jika Anda berkunjung ke Bali dengan budget terbatas atau ingin mendapatkan pengalaman menginap yang memiliki nilai cerita, maka saya sarankan menginaplah di Tune Hotels Bali (kuta or legian).

Apa pengalamannya? Pertama Anda akan kaget bila bertanya tarif per malamnya karena hanya 205 ribu per malam? Serius lo? Yah iyalah, bener-bener 200 ribu per malam, di jamin bisa tidur di sebuah hotel. Berikutnya? Pengalaman mengejutkan berikutnya adalah setelah selesai membayar 205 ribu Anda bisa masuk kamar dan eng ing eng, ternyata pake Kipas Angin seperti di restaurant padang, diletakan tepat di atas tempat tidur Anda hehe, kenapa? karena jika mau dapet kamar AC Anda harus tambah Rp. 40.000 untuk 12 jam atau 50 ribu untuk 24 jam.

Selanjutnya? Mau mandi nih, pas masuk kamar Mandi Eng ing eng, kok ga ada sabun? ga ada Handuk? cuma ada air showernya? Yak betul s…

Strategi - Master Brand

Image
Sedikit berbicara mengenai master brand, strategi ini biasa dilakukan oleh beberapa korporat besar tentunya dalam mepertahankan eksistensi merk sebagai top leader hingga dalam upaya memperlebar bisnis, salah satunya yang saya amati adalah               PT. Telkom yang saat ini menadaptasi strategi master brand bersamaan dengan tranformasi Positioning menjadi konsep TIME (telecomunication, information, multimedia, edutaiment) dengan tagline “world in your hand”.

Dengan  peta persaingan industri telekomunikasi yang tidak bisa dimonopoli dan kemunculan kompetitor baru strategi master brand ini saya nilai sebagai upaya dalam mempertahankan superiority PT. Telkom sebagai leader di industri tersebut, dengan konsep tranformasi TIME yang mengadaptasi strategi master brand ini Telkom menjadi “integrated communication service solution for costumer”, karena secara langsung unit-unit bisnis yang sudah dibangun selama ini Telkomsel, Telkom Vision, Infomedia, Speedy, dll kini menginduk pada merk c…

5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca

Image
Siapa di sini yang hobby nulis ? Nulis iklan di Social Media, nulis blog, nulis iklan di Koran, di majalah. Semua deh. Hehe. Dalam hal copy criting, Sang Copy Writer dipaksa harus mempunyai kreatifitas yang tinggi. Mereka harus mempunya strategi jitu agar tulisannya dapat dilihat dan banyak dikunjungi orang. Baik dari segi isi maupun judul tulisan tersebut. Salah satu faktor meningkatnya pageviews yaitu kualitas tulisan itu sendiri.

Sekitar sebulan yang lalu, saya dan beberapa orang teman saya diminta Direksi untuk membuat Copy Writing ( Trigger ) yang membuat orang Push To Action mengklik info untuk sebuah event Creative Sales Seminar dari kantor. Ditembak langsung, book.. Langsung mikir keras karena ditunggu detik itu juga. Ada yang tepat dan ada yang ngalor ngidul. Trigger dari saya termasuk yang ngalor ngidul. Hahaha. Tapi bukan berarti saya gak bisa nulis ya. Kemarin kurang beruntung aja *pembelaan*.

Nah, setelah kejadian ini kita semua membahas point-point yang penting untuk me…

Amplop Warna Pink

Image
Tulisan ini ingin saya buka dengan sebuah pertanyaan. Amplop warna apa yang digunakan oleh 99 persen orang ketika mengirimkan lamaran kerja? Coklat. Ok pertanyaan berikutnya, buka lowongan kerja di koran tempat Anda tinggal, dari 100 lowongan yang ada di koran tersebut, coba hitung berapa banyak lowongan yang menuliskan "Kirim Lamaran Dengan Amplop Coklat"? Ada berapa? Saya berani bertaruh dari 100 tidak lebih dari 5 perusahaan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Nah pertanyaan selanjutnya yang sangat menggelitik saya selama ini adalah mengapa semua lamaran yang dikirim menggunakan amplop warna coklat? Muncullah jawaban dari hasil survey saya iseng yaitu
1. Udah standart kirim lowongan begitu 
2. Soalnya udah biasa seperti itu kalo kirim lowongan
3. Lah emang harus warna apa?

Inilah contoh Lack of Creativity yang sudah melanda banyak pelamar kerja dari dulu sampai hari ini. Coba saya lanjutkan pertanyaan saya, jika Anda melamar ke perusahaan besar di mana ribuan orang melamar k…

Man Vs Meat 3

Image
Kalau melihat promo-promo yang dijalankan oleh banyak cafe dan restaurant biasanya itu-itu saja, kalo engga discount, happy hour dan buy one get one, Hahahaha... so boring, walaupun kadang memang besaran diskon nya memang beragam dan menarik. Yah ujung-ujungnya unsur Push to Actionnya yah besarnya diskon, kalo 50 persen hajar, kalo dibawahnya 30 persen forget it, toh semua juga segitu biasanya.

Nah beberapa hari yang lalu saya mampir ke sebuah cafe di jalan riau bandung, aneh juga sih sebagai contributor www.ceritaperut.com dan segitu banyak tempat yang sudah dijelajahi cafe ini belom pernah saya datangin padahal selalu lewat. Singkat kata ketika memutuskan untuk masuk dan menikmati santapan di cafe tersebut mata saya sudah dimanja dengan sesuatu yang creative, mulai dari product namenya dengan nama seperti Monster Steak, Monster Ribs dan Monster Tower. Beneran nih? Akhirnya saya coba pesan menu lapar T-Rex Bone dan ternyata yang datang betul-betul BESAR padahal bukan menu monster ya…

Tipco = Co Brand + Alternative Selling Point

Image
Ada yang menarik ketika Sabtu lalu saya berkunjung ke sebuah cafe di daerah Bandung, di Fussion Bistro ini saya melihat menu special "Tipco", yak saya bilang special karena di menu bistro tersebut memang ada spot khusus untuk daftar menu di mana Tipco Juice bisa dipesan dengan harga 11 ribu gelas besar, total ada 11 variant Tipco di dalam menu tersebut, yah walaupun pas mau pesen cuma tersedia 1 menu sih haha.

Setelah diperhatikan lebih detail lagi ternyata karyawan di bistro ini juga menggunakan baju dengan brand name Tipco plus spanduk di depan distro yang juga ada Tipconya. Sebetulnya tactic seperti ini bukan barang baru di dunia marketing, yah kita semua pasti sering melihat khususnya brand Minuman (AMDK, Cocacola dll) sering dijual di berbagai restaurant maupun cafe bahkan kadang di cantumkan Brandnya walaupun lebih sering ditulis "Mineral Water, Soda dan sejenisnya yang tidak menggunakan brand-brand tersebut), namun untuk produk Minuman Juice dengan Specific bran…

Calon Gubernur Gaul

Image
Siapa yang merasa bosan dengan campaign-campaign kebanyakan Calon gubenur saat ini? Pasang photo gede-gede dengan tambahan tulisan "Calon Gubernur dari Partai AA periode 2013-2017" plus nama si Gubernur dan calon Wakilnya. Mungkin kalo mau ditambahkan lagi plus pake Jas resmi warna hitam, Pake Kopiah dan plus senyum template.

Belum lagi ditambah berbagai slogan "Standart" yang sampe hari ini saya dan sahabat saya yang barusan saya tanya tidak ingat satupun slogan yang bertebaran di berbagai billboard calon gubernur. Kenapa tidak ada yang lekat di memori karena sebagian besar tidak memiliki Unique Message yang membuat target marketnya (pemilih) Push to Action untuk membicarakan slogannya, membicara program di Gubernur ataupun sekedar membahasnya di berbagai media karena menarik untuk dibahas.

Contohnya yah paling dekat Jokowi dengan Baju Kotak-kotaknya, strategi ini relatif membuat perbedaan yang cukup signifikan Jokowi dan Ahok dibandingkan dengan kompetitornya wa…

Abang Satu Harga

Image
“Ayo! Ayo! Bapak-Ibu, Abang-Uni, Akang-Teteh! Semuanya satu harga! Lima belas ribu aja! Mau gelas, kalender, dompet, bahkan sepatu juga satu harga! Lima belas ribu! Lima belas ribu!”

Nah loh, kalau kamu denger ada yang jualan teriak-teriak kayak gitu, tertarik gak sih buat mampir ke lapaknya? Kalau saya sih pasti mampir, hehehe.. secara gituloh abang yang jualannya bilang kalau ada dompet seharga lima belas ribu, kan pas banget momennya. Maklumlah, dompet saya udah kayak gigi, banyak lubangnya, hehehe. Hm, oke, untuk selanjutnya mari kita sebut abang yang berteriak itu dengan sebutan “abang satu harga”

Sebenarnya saya juga bertanya-tanya loh, kok abangnya pukul rata harga macem-macem barang yang dia jual ya? apa gak ada yang rugi ya? dompet ama sepatu aja bisa dijual dengan harga yang sama dengan satu cangkir gelas. Ada apa ini sebenarnya? Penasaran?! Yuk, simak hasil analisa saya berikut ini :

1. Attracting people

Cari Jodoh? Ke Sini Deh

Image
A: "Malem minggu masa mau sendiri mulu, bro?"
B: "Ah, udah deh. Baru aja punya pacar dua minggu udah belagu!"
A: "Pacar tuh dicari, bukan ditungguin"
B: "Kemana nyarinya, bro? Dijual di pasar swalayan? Kagak ada!"
A: "Masuk deh ke Sociasingle. Noh, banyak yang senasib!"

Setelah situs yang menyediakan jasa pacar rentalan pada artikel sebelumnya, di Indonesia pun sudah launching social media khusus yang sedang mencari pasangan. Ciye... Namun, percaya atau tidak social media ini digemari oleh banyak orang. Bernama Sociasingle, social media tool ini dibuat oleh tim akun twitter komunitas single dengan username @areasingle yang memiliki jumlah followers sekitar 200,000an. Tidak secara keseluruhan memang yang mengikuti dan mendaftar menjadi anggota di Sociasingle, namun dianalisa bahwa konversi dari followers menjadi anggota member Sociasingle ini sebesar 20%-nya. Cukup besar.

Jika kita memasuki sistusnya, tampilan dashboard tidak ada beda denga…

5 Hal Penting Beriklan di Social Media

Image
Hari ini gak punya Social Media Account ? Dih.. So yesterday gitu loh ! Hehhehe. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Social Media sudah menjadi salah satu bidang baru di daftar mata pencaharian kita. Didukung oleh teknologi yang semakin canggih dan banyaknya pengguna internet di Indonesia membuat bidang yang satu ini berhasil meghipnotis hampir seluruh warga di Indonesia.  Hal ini pun didukung oleh banyaknya Agency Social Media ( Agency Online ) yang bertebaran di Indonesia. Salah satunya Dixgital Online Marketing Partner.

Saya pernah mengikuti salah satu seminar tentang Brand dan Social Media. Faktanya, beriklan atau berpromosi di media sosial sudah menjadi tren baru. Untuk itu, suatu Brand saat ini dipaksa untuk terjun ke dunia Social Media untuk memperluas jaringan dan menambah keeksistensian dari Brand tersebut. Pasalnya, jika suatu brand tidak mempunyai lambang “T” ( twitter ) dan “F” ( facebook ), maka brand tersebut disinyalir tidak akan laku, ketinggalan zaman bin gak g…

Garage Sale Mantan Pacar

Image
Susah #MoveOn? Ya iya lah gimana mau move on klo semua kenangan bareng mantan terus terusan ada di depan mata kita. Oke, so... jadi apa yang harus dilakukan? Mau dibuang sayang lah ya, ada baju, CD, HP, dll... Sayang juga kalo dibuang... tp kalo dijual juga ga tau gimana cara ngejual nya...

Ditengah-tengah kegalauan gini, tau2 mata saya ngeliat postingan FB temen saya yang ngasih liat situs: http://barangmantan.tumblr.com/. Idenya cukup unik dan segar, sederhana banget: garage sale, cuma kali ini pake tema barang2 mantan “Seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pun jalan menuju kebahagiaan di Garage Sale Barang Mantan :)” Wakakakakkkkk.... lucu banget dan langsung bikin ter tawa2... Yup, acara nya yang dimotori sama 2 org kreatif ini, bikin saya tergelitik untuk sedikit membahas dari sisi marketing, gimana engga, dengan tema seperti ini bikin efek viral, karena dalam 1 minggu ini aja saya sudah menerima 3 informasi (via FB, whatsapp dan BB messenger), yang semuanya…

Creative Sales ala DreamWorld Australia

Image
Beberapa waktu lalu saat berkunjung ke  Australia, saya diajak jalan-jalan ke GoldCoast. Sebagian besar mereka yang berlibur ke Gold Coast pasti datang berkunjung ke berbagai Theme Park yang ada di sana. Yang paling terkenal adalah Movie World yang lebih lama sudah ada, namun yang kami kunjungi adalah yang lebih baru yaitu Dreamworld.

Saya sangat tertarik dengan konsep produk dan taktik jualan Dreamworld ini, karena banyak yang bisa kita pelajari, terutama dari taktik mereka untuk menciptakan penjualan. Overall strategi jualan mereka memang dituntut harus ber-value tinggi, karena yang mereka saingi bukan main-main, yaitu Movie World yang sudah jadi destinasi dari banyak orang dari seluruh dunia dan menjadi icon dari Gold Coast itu sendiri. Maka jelas sekali terlihat, apa yang dilakukan oleh Dreamworld sangat serius dalam mengambil pasar wisatawan di Gold Coast.

Berikut adalah beberapa sorotan dari strategi jualan Dreamworld yang menurut saya menarik dan sejalan dengan credo dari Crea…