Skip to main content

5 Hal Penting Beriklan di Social Media

Hari ini gak punya Social Media Account ? Dih.. So yesterday gitu loh ! Hehhehe. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Social Media sudah menjadi salah satu bidang baru di daftar mata pencaharian kita. Didukung oleh teknologi yang semakin canggih dan banyaknya pengguna internet di Indonesia membuat bidang yang satu ini berhasil meghipnotis hampir seluruh warga di Indonesia.  Hal ini pun didukung oleh banyaknya Agency Social Media ( Agency Online ) yang bertebaran di Indonesia. Salah satunya Dixgital Online Marketing Partner.

Saya pernah mengikuti salah satu seminar tentang Brand dan Social Media. Faktanya, beriklan atau berpromosi di media sosial sudah menjadi tren baru. Untuk itu, suatu Brand saat ini dipaksa untuk terjun ke dunia Social Media untuk memperluas jaringan dan menambah keeksistensian dari Brand tersebut. Pasalnya, jika suatu brand tidak mempunyai lambang “T” ( twitter ) dan “F” ( facebook ), maka brand tersebut disinyalir tidak akan laku, ketinggalan zaman bin gak gaul. Hehe

Mengelola suatu akun social media itu tidak mudah loh karena penghuni media sosial biasanya alergi dengan hal – hal berbaru promosi. Jika memang dipikir-pikir ngapain juga kita follow akun hotel, toh gitu-gitu aja kan bentuknya hotel. Namun ini bisa menjadi sesuatu yang menghipnotis konsumen kita di social media ketika konten suatu brand tersebut sangat baik. Ada beberapa point yang ingin saya share untuk beriklan di social media. Berikut point-point nya ;

1. Push to Action

Saat mempersiapkan sebuah campaign, pikirkan sesuatu yang menarik bagi warga “online” yang membuat mereka mau menyebarkan “viral”, membicarakan dan bahkan membeli produk kita. Ini tantangan yang tidak ringan dalam membangun campaign online namun sangat-sangat penting jika ingin brand kita sukses. Secara sederhana ada dua kunci utama yang penting ketika melakukan campaign online yaitu Unique Message dan Strong Visual sehingga akan menghasilakn Push to Action. (Coba lihat point-point berikutnya)

2. Berani “gila”
Buatlah konsep campaign yang bersikap agresif. Konsep yang “gila” lebih baik dan diingat dari konsep yang waras. Ada kalimat “Kalau mau eksis, mau bagus ya bagus sekalian. Norak ya norak sekalian”. Coba ingat, siapa sih di sini yang tidak hafal iklan “Tori”. Norak kan ? Tapi nempel di pikiran kita. Pelajari apa yang lebih disukai konsumen di Social Media. Tentukan pesan aneh, gila, dan lucu jenis apa yang suka mereka tampilkan.

3. Selalu up to date !
Social Media suka sekali pada hal-hal yang mendunia, teranyar dan segalanya yang ter-ter-ter, bahkan untuk hal – hal yang bisa dibilang 4L4Y ( alay ) Hahaha. Salah satunya ramalan minggu ini, film terbaik tahun ini, coklat termahal di dunia, hewan teraneh di dunia dan daerah tujuan wisata terbaik tahun ini adalah contoh hal yang hits di Social Media. Konsumen akan terpancing membuat opini dan bisa membangkitkan  banyak diskusi. Pikirkan cara bagaimana bisnis kita bisa menghasilkan tempat tersendiri dan menjadi “ter-“  dengan sendirinya.

4. Buat konsumen ngegosip !
Semua orang suka kontroversi dan sesuatu yang heboh. Peluang ini dapat menjadi salah satu celah untuk membuat pesan kita lebih menarik. Twitwar sekali2 gak apa2 kali ya ? Hahhaa

5. Sampaikan dengan bahasa yang ringan 
Saat menentukan konten di Social Media, gunakanlah bahasa sesederhana mungkin. Bahasa yang sederhana memberikan  dua keuntungan besar. Pertama lebih mudah dimengerti. Kedua, orang akan lebih mudah mengingat dan mengulanginya.

Nah, cukup mudah bukan ? Silahkan dicoba dan selamat ber-campaign ria !

Brand Cosultant

Comments

andri said…
Terima kasih atas infonya.. ditunggu info lainnya
Mari buka hati kita, ayo bantu Kak Solikin, harapan satu satunya Ibu Rokiatun yang mengalami lumpuh setengah badan di usia mudanya.
Klik https://kitabisa.com/harapansolikin
Jika bukan kita, siapa lagi yang akan peduli…
Mohon kepeduliannya untuk berdonasi atau sekedar share, Semoga Allah membalas kebaikan kita semua

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…