5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca


Siapa di sini yang hobby nulis ? Nulis iklan di Social Media, nulis blog, nulis iklan di Koran, di majalah. Semua deh. Hehe. Dalam hal copy criting, Sang Copy Writer dipaksa harus mempunyai kreatifitas yang tinggi. Mereka harus mempunya strategi jitu agar tulisannya dapat dilihat dan banyak dikunjungi orang. Baik dari segi isi maupun judul tulisan tersebut. Salah satu faktor meningkatnya pageviews yaitu kualitas tulisan itu sendiri.

Sekitar sebulan yang lalu, saya dan beberapa orang teman saya diminta Direksi untuk membuat Copy Writing ( Trigger ) yang membuat orang Push To Action mengklik info untuk sebuah event Creative Sales Seminar dari kantor. Ditembak langsung, book.. Langsung mikir keras karena ditunggu detik itu juga. Ada yang tepat dan ada yang ngalor ngidul. Trigger dari saya termasuk yang ngalor ngidul. Hahaha. Tapi bukan berarti saya gak bisa nulis ya. Kemarin kurang beruntung aja *pembelaan*.

Nah, setelah kejadian ini kita semua membahas point-point yang penting untuk membuat Copy Writing yang baik dan berkualitas. Untuk itu, saya akan berbagi informasi tentang point-point itu ya. Ingat ! Ini penting buat para Copy Writer yang senasib sepenanggungan. Biar gak ngalor ngidul kalau buat trigger. Hehe.

Berikut adalah kelima point emas dalam menulis tersebut. Sebenarnya ada banyak sih. Tapi saya satukan saja biar gak jenuh bacanya. Hehe. Baca pelan-pelan dan jangan terlalu serius =P

1. Ketakutan, Kelangkaan ( Terbatas ) dan Larangan.
Dalam hal ini, ada keterikatan dari psikologis manusia. Membuat Trigger dengan kata2 yang berhubungan dengan ketakutan, kelangkaan dan larangan bisa salah satu jurusnya. Misalnya tulisan di salah satu iklan laundry Obama “JANGAN MENOLEH KE KIRI” ! Lah, yang ada reflex langsung noleh kan kita ? Haha. Atau promo dari Air Asia “Ke Singapure hanya bayar 5000 rupiah ? Dapatkan segera. Hanya untuk 10 ORANG PERTAMA (link promo)”. Kayaknya orang baca iklan ini lagi nyetir mobil juga langsung berhenti buat klik link promo ini.

2. Kebutuhan ( needs ) dan Angka.
“BUTUH UANG CEPAT? INI DIA 100 CARA CEPAT JADI KAYA (link promo)”. Dhuaar! Penasaran kan ? Langsung deh kita klik itu link buat dapetin informasi. Kembali lagi, permainan psikologis kita sebagai manusia dikecoh oleh kalimat berangka itu.

3. Perbandingan dan Menjanjikan
“SEMINAR INI AKAN MEMBUAT ANDA SEMAKIN SUKSES. TIDAK SUKSES, BALIK LAGI! GARANSI 100%”. Ada perbandingan dan janji di sana yang membuat orang penasaran dan akan tertarik dengan penawaran kita. Ya, bentuk garansinya sih bisa apa aja sesuai dengan kapasitas kita.

4. Unik dan Sensasional
“Setengah Uang, Setengah Doa” dan “Hamil Baru Bayar” ini adalah trigger yang digunakan oleh D’Cost. Apa coba maksudnya ? Iya yg pertama itu diskon 50% dan yang kedua promo khusus pasangan yang melakukan resepsi pernikahan di D’Cost. Mereka akan ditagih pembayaran ketika sang wanita sudah positif hamil. Haha ! Pernah naik angkot ? Pernah baca stricker “Naik gratis, turun bayar”. Trigger ini terngiang2 di benak saya. Bhahahak. Ada ada saja. Tapi ini yang bikin mereka mempunyai ciri khas.

5. Hiperbola dan Up to date
Pernah baca trigger di detik.com “Model Cantik mandi bareng Xperia Z”. Nahloh ! Coba kamu pikirkan, ketika baca ini ? Penasaran kan ? Yup. Intinya sih bilang kalau Xperia Z ini bisa kena air, tapi kok kesannya lebay ya ? Hahaha. Justru itu point plusnya. Ditambah lagi gambar “aneh” yang digunakan dalam trigger tersebut.

Nah, itu tadi kelima point emas dari saya. Semoga bermanfaat dan semakin hebat menulisnya.

Comments

copy criting atau copy writing? *cek lagi deh

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online