Garage Sale Mantan Pacar


Susah #MoveOn? Ya iya lah gimana mau move on klo semua kenangan bareng mantan terus terusan ada di depan mata kita. Oke, so... jadi apa yang harus dilakukan? Mau dibuang sayang lah ya, ada baju, CD, HP, dll... Sayang juga kalo dibuang... tp kalo dijual juga ga tau gimana cara ngejual nya...

Ditengah-tengah kegalauan gini, tau2 mata saya ngeliat postingan FB temen saya yang ngasih liat situs: http://barangmantan.tumblr.com/. Idenya cukup unik dan segar, sederhana banget: garage sale, cuma kali ini pake tema barang2 mantan “Seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pun jalan menuju kebahagiaan di Garage Sale Barang Mantan :)” Wakakakakkkkk.... lucu banget dan langsung bikin ter tawa2... Yup, acara nya yang dimotori sama 2 org kreatif ini, bikin saya tergelitik untuk sedikit membahas dari sisi marketing, gimana engga, dengan tema seperti ini bikin efek viral, karena dalam 1 minggu ini aja saya sudah menerima 3 informasi (via FB, whatsapp dan BB messenger), yang semuanya cuma ngasih info garage sale ini.

Garage sales Barang Mantan ini bisa jadi sebuah contoh penerapan konsep USP versi Creasionbrand yang sangat sederhana, di mana seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya bahwa USP versi Creasionbrand adalah tentang bagaiamana kita menyampakan/ berkomunikasi dengan konsumen kita melalui Uniques Message, Strong Visual and pada akhirnya harus membuat mereka Pusk to Action.  Coba yuk kita bahas:

1. Acara biasa, tema luar biasa



Acara garage sale di mana2 udah sering digelar, term & condition nya juga gitu2 aja sih, biasaya maah ga pake tema, pokok nya jualan barang seken (second) yg masih layak pakai judulnya. Gitu aja. Tapi tema yang sekarang diangkat adalah barang mantan, mantan sendiri sebenernya punya konotasi barang seken juga (hahahaha.... no offense yang buat para mantan), alias orang yang pernah jadi pacar tapi udah engga. Asosiasi ini yang kemudian mungkin jadi “permainan” topik dan kata2 yang powerfull bisa membuat tema garage sale ini jadi punya efek viral. Padahal semua garage sale juga semuanya barang seken yang udah engga kita butuhin, iya ga si? Yah kecuali yang susah Move on.

Dari sini kita bisa lihat, biasa banget khan namun karena di kemas dengan Unique Message yang menarik membuat acara ini menjadi viral (push to action), maka kemudian menyebarlah melalui BB, WhatsApp dan bahkan saya sendiri sampe repot-repot nulis artikel atau liat tuh Jakarta Globe ajah juga ikut nulis hehe. So intinya if you don’t have some thing unique, just say it uniquely

2. Kebutuhan
Sejauh yang saya pernah dengar, biasanya acara garage sale masih diminati banyak orang, kebutuhan menjual si empunya barang dan kebutuhan barang murah yang masih bagus masih menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk membuat event garage sale ramai dikunjungi, apalagi dengan tema2 menarik seperti ini.

Nah berhubung ini barang bekas mantan, mungkin juga ada demand buat yang baru pacaran buat beli barang “bekas” orang yang pacaran yah, dengan doa dan harapan tentunya yang beli ga akan pernah jadi mantan haha, bencanda. Ga tau juga sih apa motifnya, cuma intinya hal ini menjadi Talkable dan membuat orang melakukan Push To Action.

3. Social Media
Again dan again, social media merupakan media yang sangat powerfull untuk membangun sebuah brand, Unique Message tanpa didukung oleh media social bisa menjadi angin lalu apalagi jika yang menjadi target market perupakan “penduduk” social media sehingga sangat penting bagi sebuah brand yang ingin menciptakan Push to Action bagi campaign brandnya untuk bisa masuk dan secara maksimal menggunakan Social media.

Creative Sales 

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online