Mar 26, 2013

Kalah Sama Nenek-Nenek


Hari ini benar-benar menjadi hari yang luar biasa buat saya. 2 orang nenek-nenek berhasil memotivasi saya. Apa yang beliau-beliau lakukan pada saya? Ternyata cukup dengan kalimat yang saya tulis penggalannya sebagai judul diatas, “Kamu anak muda, jangan kalah sama nenek-nenek!”. Jleb,  bener-bener mengiris kalbu banget itu kalimat. Anda semua harus tahu apa yang terjadi hari ini, dan apa saja poin-poin penting yang saya terima hari ini. Inilah kisahnya :

2 orang nenek-nenek yang saya temui memiliki bisnis yang skalanya besar. Memproduksi bukan lagi satuan unit, tapi beratus-ratus unit. Tidak hanya satu macam bisnis, tapi dua bahkan lebih. Tidak banyak mengeluh, tapi terus mengucap syukur. Baiklah teman-teman, mungkin sudah kebayang apa yang akan saya share di artikel kali ini. Mari kita mulai!

1. Punya impian
Pertama kali mereka memperkenalkan diri. Dengan bangganya mereka bilang, “kami adalah orang yang selalu bermimpi, dan untuk mewujudkannya, kami harus beraksi”. Apakah kita anak muda masih memiliki semangat yang membara-bara seperti diawal kita mau buka bisnis? Beliau yang sudah 30 tahunan menggeluti bisnis, masih berani bermimpi dan masih semangat menggapai mimpi-mimpinya. Jadi, jangan terus-menerus mengeluhkan hal-hal yang sebenernya akan mendidik kita. Terus pahami, terus renungkan, dan mari meraih mimpi!

2. Jatuh bangun yang positif

Saat saya cerita semua masalah bisnis saya sama beliau, kalimat motivasi lainnya pun bermunculan, “gak apa-apa jatuh bangun, justru itu yang membuat kita kuat. Itu juga kalau kitanya mau berpikir positif, jadi mau terus untuk bangkit”. Iya bener juga sih yah, dalam menjalankan bisnis, pasti banyak cobaan yang datang menghadang kita, baik dari segi financial, kehilangan konsumen, atau hal-hal menyedihkan lainnya. Tapi, kalau kitanya sendiri gak kokoh dengan prinsip dan semangat kita diawal, mungkin udah gulung tikar aja bisnis kita. Padahal, bersama kesulitan ada kemudahan.

3. Jangan terus-menerus di zona nyaman
Biasanya kalau kita sudah bisa menikmati profit dari bisnis kita, ada sebagian yang ,”aaaah akhirnya menghasilkan juga, udah ah mau istirahat gak mau mikirin bisnis dulu, byeee bisnis”. O ow, jangan terlena dengan zona nyaman. Boleh-boleh saja memanjakan diri dengan bersantai dan melepas pikiran. Tapi setelah itu, ayo be creative, kembangkan lagi bisnis kita. Kalau sebelumnya sudah sukses di Bandung, saatnya merambah ke Jakarta, pulau Jawa, Indonesia, bahkan go international. WOW!!!

Teman-teman, artikel ini memang tidak membahas strategi bisnis, tapi tentang strategi diri sendiri agar bisa TOUGH saat menjalani bisnis. Ingatlah dengan apa yang kita kowarkan-kowarkan saat kita mau mulai berbisnis. Jangan menyerah, ayo maju bersama, dan ingat! Jangan kalah sama nenek-nenek!

Creasionbrand

No comments: