May 18, 2013

Lomba Avatar ARB Berhadiah 120 Juta!


Ampun ampe bosen deh saya he4, perasaan baru kemarin bahas mengenai perang public campaign cagub dan cawagub sang ibu kota Jakarta juga mengenai icon campaign sang cawalkot kota kembang Bandung, dan perasaan baru kemaren juga saya nulis tentang sosok sang presiden yang tiba-tiba nyapa lewat twitter! Well emang udah jodoh kali yah empat kali kudu nulis tentang kampanye politik di ranah online media, kenapa? soalnya baru aja saya nemu fenomena baru yang sangat disayangkan kalo nggak di bahas di sini. Wah jangan-jangan saya cocok nih jadi analyst politik? ha4 nggak banget.

Nah sekiranya apa isu menarik yang akan dibahas di tulisan kali ini? adalah kampanye lomba avatar ARB a.k.a Aburizal Bakrie yang katanya mau mencalokan diri jadi orang nomer wahid di Indonesia tahun depan, nah mungkin beliau nggak mau kalah sama walikota, gubernur, dan bapak presiden sendiri yang cukup gencar muncul namanya di social media, dan demi untuk persiapan menuju kemenangan pemilu Presiden segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang, adalah Lomba Avatar ARB berhadiah uang tunai senilai 120 Juta!.

Wow baca iklannya aja roman-romannya bakalan jadi W.O.W di masyarakat, iya dong hadiahnya gede mana lomba ini juga diiklanin di tivi sang juragan lagi he4, dan kalo berhasil W.O.W tahap pertama berhasil, saatnya kita mempersiapkan tahap kedua. Apakah itu? mau tau he4 silahkan baca saja yah, oh ya sebelumnya kembali saya tekankan dalam tulisan ini tidak ada maksud untuk mendukung pihak atau sosok tertentu, begitupun tidak ada tujuan untuk menjelek-jelekan, yang ada adalah menjadikan fenomena ini menjadi insight tulisan yang menarik untuk dibaca bersama bersama teh manis panas di sore hari yang cerah.

1. Lirik Netizen

Point yang satu ini nampaknya nggak akan dibahas panjang lebar, soalnya sudah jelas bahwa angka 60 juta online user di Indonesia menjadi sebuah acuan awal mengenai fenomena ini. Pentingkah? untuk sebuah aktifitas kampanye publik tentunya sangat penting, karena jika kita bisa memaksimalkan angka 60 juta tersebut artinya 25% populasi di Indonesia sudah kita cover, belum lagi asumsi kalo viral yang dibuat berhasil dijalankan persentase bisa naik beberapa persen tentunya.

2. Ajang Cari Dukungan
Program ini saya nilai juga sebagai ajang cari dukungan secara tidak langsung? kenapa? kalo cek regulasi lomba yang dishare di berbagai media mulai dari tv, media online, social media, dan forum-forum ini, ada beberapa hal yang menjadi prasyarat lomba diantaranya adalah like facebook Atap Rumah Bangsa, add pin BB panitia, hingga setiap design avatar yang dibuat didalamnya harus dicantumkan wording facebook.com/icalbakrie. Nah mau namanya syarat atau regulasi ini secara tidak langsung juga sebagai ajang pencarian dukungan dong, setuju? jadi sebelum kampanye dimulai cari dukungan dulu sebanyak mungkin biar kampanyenya nanti cetar membahana badai he4.

3. Ajakan “halus” passive campaign
Nah kalo dalam tulisan saya sebelumnya mengenai icon campaign sang cawalkot yang nyasar netizen di social media (twitter) dengan ajakan pasif melalui icon untuk display profile, nah ARB juga nggak mau kalah pastinya. Dan salah satu rule lomba yang dicantumkan adalah peserta wajib memasang avatar buatannya di display picture blackberry selama periode voting icon avatar. Muncul pertanyaan gimana ngeceknya yah? lha kan peserta lomba wajib temenan sama panitia penyelenggara, ha4 cerdas kan?

4. Viral Oh Viral
Viral o viral dimana dirimu, lho koq he4 balik ke pembahasan disini pemenang dipiih berdasarkan hasil vote paling banyak selama periode lomba, sudah bisa dibaca kan votenya gimana dan dimana?  nah karena sudah jelas saya akan langsung bahas saja mengenai efek viral yang dihasilkan oleh program ini, pertama adalah viral dari avatar yang di pasang di display picture blackberry oleh para peserta, dan kedua viral melalui aktifitas voting avatar yang dilakukan, tentunya peserta nggak mau kalah dong dan berlomba-lomba ajak temen-temen di facebooknya kalo perlu di kampung untuk pada milih demi hadiah 120 Juta!.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Consultant

3 comments:

Anonymous said...

Welcome to the digital world.. dimulai dari Obama yang menggunakan digital untuk campaign, maka di Indonesia pun gubernur, presiden, bahkan sampai semua politisi rame2 masuk ke ranah digital ini.

Memang lagi2 yang harus disadarkan dari campaign2 ini adalah strategi nya, bukan tools nya, karena kalau saya cermati mau itu blog, facebook, bbm, twitter, atau apapun itu cuma tools, artinya kita pake tools itu untuk "diisi" campaign apa? harus ada strategi yang terhubung yang bisa menjalankan sebuah campaign bisa merebut perhatian masyarakt yang ditarget untuk jadi voter

Shinta Margaret

Tri Asih Puspitaningtyas said...

strategi yg ok untuk berkampanye..biasanya kan para politisi menggunakan media-media konvensional seperti baliho yg bertebaran di jalan-jalan itu..melalui lomba avatar ini bisa jg sebagai ajang mencari ide baru untuk berkampaye yg mungkin bisa muncul dari para peserta melalui avatarnya.

ranirano said...

TOP!

makin gaul dan go digital nih org2 pemerintahan. Saya sangat appreciate untuk hal ini, karena ide cerdas yang seperti ARB ini lakukan menjadi sebuah pembicaraan yang ramai (viral). Salut buat ARB dan tim.