Skip to main content

Tees, Masa Depan Bisnis Kaos Online?


Produk kaos adalah salah satu produk yang berkembang sangat pesat di media Online. Walaupun tingkat penetrasi produk tidak sebesar keripik (yang memiliki modal jauh lebih kecil), namun kaos telah lebih lama eksis sebagai produk yang mudah untuk diproduksi dan diperjualbelikan melalui media Online.

Salah satu Online Store penjual kaos yang populer karena keunikan desain-desainnya dan sempat menjadi icon anak-anak muda adalah gantibaju.com. Keunikan yang ditawarkan adalah berbagai desain yang berhubungan dengan Indonesia dan jarang ditemukan di brand lain. Adapun keunikan lainnya adalah karena gantibaju.com memiliki konsep mempertemukan para pendesain kaos dengan pembelinya.

Setelah beberapa kali saya berkunjung ulang ke gantibaju.com saya merasa aneh kenapa jarang sekali koleksi2 baru muncul, malahan sepertinya stoknya tidak banyak berubah karena saya mencari ukuran-ukuran tertentu dan seringkali tidak ada. Ternyata eh ternyata, kemudian saya menemukan sebuah situs bernama Tees.co.id. setelah saya baca-baca.. oh inia dalah mainan barunya Aria Rajasa si pemilik gantibaju.com :)

Oke yang ingin saya sharing di sini adalah tentang si Tees.co.id yang bikin saya jatuh cinta dan menghabiskan waktu berjam-jam di sana. Beberapa bulan lalu saya pernah bertemu dengan seorang entrepreneur yang berkeinginan untuk set up T-Shirt store sama percis dengan Tees.co.id ini, beliau mendapat berbagai referensi dari luar negeri, saya juga kurang tahu apakah sudah direalisasikan atau belum, yang jelas saat saya lihat si Tees.co.id ini fitur-fitur dan fungsi utamanya sama dengan yang dibahas dan ternyata memang di luar negeri sudah cukup banyak konsep yang mengusung jualan T-Shirt Online dengan platform seperti ini.

Bicara tentang platform, menurut saya yang paling menarik dari Tees.co.id ini adalah memang dari sisi fungsi platform itu sendiri. Kalo jualan kaos kan udah biasa ya, tapi Tees.co.id ini seperti penyempurnaan dari gantibaju.com di mana fitur2 yang disediakan bahkan lebih lengkap, lebih detil dan memungkinkan komunitas besar bertumbuh di dalamnya.

Tees.co.id ini menurut saya bukan toko /penjual kaos, tapi ini adalah sebuah media. Cara mainnya kira-kira seperti ini :
  • Jika kamu punya keinginan untuk bikin kaos satuan (yang biasanya susah kalo di offline, karena sistem film, pelat, sablon, dll yang harus minimal) di Tees.co.id ini bisa banget, dan harganya juga normal2 aja sekitar 90ribuan (sama seperti harga-harga kaos normal)
  • Jika saat kamu submit desain kaos tersebut, kamu tidak hanya ingin memproduksi untuk diri sendiri tapi juga ingin menjual desain tersebut ke orang lain yang mungkin tertarik membeli, bisa banget, nanti kamu tinggal “set up store” di sana
  • Jika kamu bukan desainer alias ga bisa ngedesain dan cuma pengen nyari2 kaos dengan desain yang jarang ditemukan di tempat lain, bisa searching-searching dan langsung beli


Kira-kira 3 hal tersebut adalah yang utama yang bisa difasilitasi oleh platform ini. Dan ketiga hal tersebut menjawab kebutuhan dari para masyarakat penikmat kaos selama ini.

Kalo dulu di gantibaju.com saat orang submit desain tidak bisa terdisplay langsung, kalo ini udah mirip banget seperti kita punya blog. Saat kita tertarik untuk set up online store, maka mereka akan memberikan ke kita 1 set downloadable files yang berisi berbagai file photoshop yang bisa kita gunakan untuk “mendisplay” desain kita di baju contoh yang telah mereka sediakan. Keren banget kan :) buat yang bukan desainer mungkin ga terlalu kebayang, tapi buat desainer udah kayak surga dunia nih ;)

Sebuah bisnis memang selayaknya berinovasi terus menerus, dan kunci dari keberhasilan adalah inovasi dan konsistensi. Konsisten adalah langkah selanjutnya yang dibutuhkan oleh Tees.co.id karena “numbers” adalah elemen yang penting untuk kesuksesan platform ini. Semakin banyak pembeli, semakin banyak desain yang dibuat, semakin banyak orang yang datang akan menentukan semakin bertumbuhnya bisnis ini.

Berikut adalah hal-hal yang bisa kita pelajari dari bisnis ini :

1. berangkat dari kebutuhan
saat kita telah memiliki suatu bisnis tertentu di suatu industri tertentu, inovasi selalu penting untuk dilakukan. Mengapa? Karena target market kita selalu berubah, baik dalam hal kebutuhan, habit, ekspektasi, dll. Berbagai inovasi yang dilakukan ditujukan dapat menjawab perubahan-perubahan tersebut.

Mungkin beberapa tahun lalu produksi 1 kaos masih mustahil dilakukan dengan harga yang terjangkau, tapi sekarang (apalagi dengan adanya penguasaan resources tertentu, seperti mesin, SDM, dll) hal tersebut sangat memungkinkan. Melihat bahwa banyaknya kebutuhan pembuatan kaos baik untuk individu maupun komunitas, Tees seperti menjawab kebutuhan banyak orang.

2. Kekuatan komunitas
banyak bisnis Online yang sukses karena keberhasilan membangun komunitas. Sebut saja  case study yang paling menarik adalah kaskus. Karakteristik utama yang perlu diperhatikan dari media Online adalah seputar kekuatan konten, dan content tersebutlah yang pada akhirnya berperan sebagai penyaring pembentuk komunitas, di mana orang-orang yang berkumpul jadi satu, memiliki ketertarikan yang sama.

Tees.co.id berpotensi untuk menjadi sebuah komunitas yang besar, dan terdiri dari berbagai benang merah. Komunitas utama yang sudah pasti bisa ditarik oleh Tees adalah para desainer grafis. Sudah pasti mereka yang bisa mengoperasikan dan memanfaatkan platform ini untuk bisnis, memiliki pengetahuan yang cukup besar di bidang desain. 

Tees telah sukses menyediakan sebuah platform yang dapat mempertemukan para desainer grafis ini dengan orang-orang yang akan membutuhkan hasil desain mereka. Tees menjadi “bridging” kedua kelompok tersebut dengan mengisi fungsi “produksi” yang biasanya sulit untuk dilakukan kedua pihak, karena produksi membutuhkan skill, pengalaman tertentu dan penguasaan resources.

Kekuatan komunitas lainnya dimanfaatkan dengan cara menyediakan berbagai desain yang terkait kelompok tertentu. Contohnya di kategori komunitas terdapat desain-desain yang berhubungan dengan organisasi atau event tertentu, seperti L-Men Competition, Nulisbuku.com, Project Pop, Detik.com, dll

3. Fasilitas lengkap
fasilitas yang disediakan selain shopping cart, pembayaran dan delivery, ada beberapa fasilitas yang unik. Contohnya adalah :

A. Online store
mungkin sudah banyak orang yang bercita-cinta memiliki toko online tshirt tapi sulit untuk mengeksekusi, di sini siapa saja bisa membuka toko online T-shirt mereka sendiri

B. Affiliate
pada web ini disediakan fasilitas affiliate yang cukup terintegrasi dan terukur dengan baik, mereka yang berminat bisa mendaftar sebagai affiliate kemudian mendapatkan kode yang bisa ditambahkan pada url yang mereka sebarkan. Kode ini bisa melacak berapa banyak traffic yang di bawa dan berapa banyak orang yang beli karena rekomendasi tersebut. Affiliate akan mendapatkan komisi dari penjualan yang mereka hasilkan.

Nah.. apakah Anda sudah mulai memikirkan inovasi selanjutnya yang bisa dilakukan pada bisnis Anda? Jangan lupa untuk mulai dari kebutuhan dan perubahan tren, bila perlu libatkanlah target market Anda untuk menemukan ide inovasi itu sendiri. Selamat berinovasi!  


Comments

Anonymous said…
Setuju dengan poin2 diatas, kuncinya adalah "permudah" proses pembelian. Sebagai pebisnis dan pemasar wajib untuk memahami poin2 ini

Shinta Margaret
ranirano said…
TOP! bener2 gerak dari customer needs nih. Emang beneran susah banget loh klo mau order kaos 1 item dengan desain sendiri, tapi Tees ngasih solusinya. well done, Tees!
Anonymous said…
Abis baca, liat websitenya terus beli deh 2 kaos. Konsep bisnis yang luar biasa menarik buat saya yang baru tahu ini, selain berjualan tees juga bahkan menggalakan reseller dan bisa membuat toko online sendiri, keren.

Romy.
dina tania said…
yup saya jg suka sekali dgn konsep tees ini, saya berencana utk buka toko di situ...hehehe. ide2 design sdh diotak. tinggal merealisasikannya.
btw gantibaju.com udh ga aktif lg ya?
kalo di luar negri ada ygnamanya threadless.com (kalo ga salah) dgn konsep serupa.
bagus juga buat tambah-tambah affiliasi..

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…