Rekening Ponsel, Ambil Duit di ATM pake No HP


Minggu lalu saya sempat melihat sebuah iklan dari CIMB Niaga, iklan itu mengisahkan seorang laki2 (secara wajah mirip sekali dengan Vidi Aldiano) yang pada saat jalan2 diterpa angin yang sangat kencang, saking kencang nya sampai2 semua baju, tas dan celana nya terlepas dari tubuh nya, dan menyisakan kaos dalam dan celana pendek, dan handphone nya yang masih di genggam nya erat2. Walupun sudah tidak memiliki apa2, tapi selama masih punya HP rasanya tidak akan ke napa2. 

Scene iklan pun berpindah ke lokasi ATM di dalam bank CIMB Niaga, dan kemudian si anak laki2 yang masih dengan setelan kaos dalam dan celana pendek mendekati mesin ATM, sambil dipelototi oleh satpam bank, kemudian anak laki2 tersebut melakukan transaksi penarikan tunai di mesin ATM, di ikuti senyum si anak laki2 ke satpam bank yang juga di ikuti senyum si satpam yang semula curiga dengan tingkah laku si anak.

Iklan ini membuat saya tertawa-tawa, karena unsur komedi, tapi waktu saya cermati lagi, produk yang baru saja diluncurkan oleg Bank CIMB Niaga ini bisa dikatakan solusi untuk beberapa golongan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank. Mengapa? Karena rekening ponsel ini memungkinkan kita untuk melakukan transaksi tapi tidak memiliki rekening pada sebuah bank, kita hanya perlu punya ponsel dan kartu saja, dan nomor yang digunakan bisa dari provider mana saja, GSM maupun CDMA. Selain itu coba kita lihat beberapa fasilitas rekening ponsel ini:

Dengan Rekening Ponsel, kita dapat melakukan banyak hal seperti: 

  1. Setor Tunai. Setor tunai dapat dilakukan di cabang CIMB Niaga mana pun.
  2. Tarik Tunai. Dengan Rekening Ponsel, Anda tidak memerlukan kartu untuk menarik tunai di ATM CIMB Niaga. Penarikan tunai dapat dilakukan juga di cabang CIMB Niaga mana pun.
  3. Beli pulsa prabayar. Anda dapat membeli pulsa prabayar untuk hampir semua operator ponsel di Indonesia, seperti: Simpati, Kartu As, Mentari, IM3, IM2, Axis, Three (3), XL.
  4. Transfer online ke sesama nomor ponsel maupun ke rekening CIMB Niaga.
  5. Bayar tagihan. Dengan Rekening Ponsel, Anda bisa membayar tagihan telepon/selular, kartu kredit, tiket pesawat, angsuran pinjaman, pendidikan, asuransi, lingkungan, dan internet/kabel TV.
  6. Cek saldo dan riwayat transaksi. Rekening Ponsel memungkinkan Anda untuk mengecek saldo dan melihat 10 transaksi terakhir.



Mungkin bagi kita yang hidup di perkotaan dan sudah familiar dengan rekening, internet banking, dan juga smartphone tidak akan merasa bahwa rekening ponsel ini usefull, tapi saya rasa untuk beberapa lapisan masyarakat yang tidak familiar dengan rekening bank, bahkan belum memiliki dan tidak ingin memiliki rekening di bank (karena beberapa alasan, seperti: adanya biaya administrasi yang membuat pemilik rekening harus membayar tiap bulan, ataupun saldo minimum yang harus disisakan dalam rekening yang membuat pemilik rekening tidak bisa menggunakan uang gaji nya secara bulat, dan alasan2 lainnya), adanya produk ini mungkin bisa jadi sebuah solusi, karena yang penting si pemilik rekening hanya perlu memiliki nomor ponsel dan sebuah unit HP saja.

Walaupun tidak harus memiliki rekening di bank CIMB Niaga, tapi si pemilik rekening ponsel tetap harus minimal 1 kali mendaftarkan rekening ponsel milik nya ke bank CIMB Niaga untuk seterusnya bisa digunakan bertransaksi via HP. Langkah ini cukup cerdas, mengingat memang masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum memiliki rekening bank, tapi pastinya memiliki ponsel

1. New product Variant
Jenuh kali ya kalo liat produk tabungan dari bank yang itu2 saja, kalo engga tabungan biasa, tabungan berjangka, tabungan deposito, tabungan giro, atau yang berhadiah (dari yang ngumpuin poin sampai dengan undian berhadiah), jadi untuk keluar dari jebakan red ocean, di variasi produk perlu juga melakukan penyegaran variant produk, bisa dibilang rekening ponsel ini secara fitur sama saja seperti rekening2 lainnya di bank, sama2 bisa buat beli pulsa, sama2 bisa untuk transfer dan terima transferan, hanya saja sedikit berbeda di jenis rekening nya, identitas yang digunakan bukan lagi berupa buku ataupun kartu atm, tapi cukup nomor ponsel.

2. Kasih benefit lain 
Bisa juga kita ambil pendekatan Product Tactic – benefit, berikan benefit yang lebih untuk produk2 tertentu, misal seperti si rekening ponsel ini tidak mengharuskan kita membayar biaya administrasi setiap bulannya, dan juga tidak memiliki ketentuan saldo minimum, yang pasti nya akan membuat target market lebih hepi, karena salah satu hal yang ditakutkan sama mereka justru banyaknya potongan2 yang membuat mereka tidak bisa menggunakan uang yang mereka miliki secara penuh

3. Garap Market baru
Selain menjadi menarik karena menggunakan media lain (yaitu: nomor ponsel) sebagai identitas transaksi, CIMB Niaga cukup cerdas untuk memnidik segmen masyarakat yang memang belum familiar dengan internet banking dan mobile banking. Bagi kalangan tertentu yang takut dengan masalah keamanan dan kerumitan yang tercipta pada saat menggunakan internet banking dan mobile, mungkin peluncuran rekening ponsel ini bisa jadi solusi untk tetap bisa grab konsumen yang seperti ini, dan pastinya mereka memiliki nomor ponsel.

Saya cuma berpikir bahwa CIMB harus bergerak cepat mengkomunikasikan layanan ini dan terus melakukan inovasi karena jika kemudian kompetitornya juga terjun seperti BRI dan Mandiri di mana cabang mereka mungkin sampai ke pelosok daerah wah bisa terancam produknya dan bisa jadi followernya malah kelak leading di kategori produk ini.


Comments

Anonymous said…
Saya baru tau kalo kita bisa punya rekening tanpa harus punya rekening di bank, cukup punya nomer hp ajah.
Dan bener banget klo di pikir2 kadangan males juga klo harus punya rekening bank tapi harus dipotong adm yang lumayan. Inspiratif!!

Shinta Margaret

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online