Skip to main content

4 Inspirasi Bisnis dari Money Ball


Halo, ada yang udah nonton film Monex Ball yang di bintangin sama aktor Holywood Brad Pit? saya coba review deh yah sedikit, intinya film ini bercerita tentang Brad Pitt yang memerankan Bill Beane manager klub Softbal Oakland Athletics yang saat itu dipusingkan dengan sebuah kondisi dimana team yang ditukanginya harus kehilangan tiga pilar pemain kunci Jhonny Damon, Jason Giambi, dan Jason Isringhausen.

Bagaimana Bill Beane menyelesaikan masalah yang dihadapi klubnya, dibalik kondisi keuangan yang sangat pas-pasan? adalah pertemuannya dengan Peter Merek (Jonah Hill) pada saat kunjungan ke klub Cleveland Indians. Siapa Peter Merek? seorang lulusan ekonomi muda dari universitas Yale dengan ide-ide radikal mengenai bagaimana menilai pemain Softball. Melalui pertemuan singkat inilah Billy Beane bisa menilai potensi yang dimiliki Peter Merek, untuk dijadikan asisten manager sekaligus scout.

Nah kolaborasi Beane dan Peter ini menjadikan Oackland Athletics menjadi sebuah tim yang kompeten dan kompetitif, bukan karena pemain bintangnya, namun karena dibalik keterbatasan financial yang dimiliki kedua sosok tersebut berhasil memaksimalkan potensi pemain yang murah dan tidak terkenal menjadi pemain yang sangat efektif dan efisien dalam bermain. Apa rahasianya? statisik adalah jawabannya. Mau tau gimana kelanjutan ceritanya? eittss nonton dong filmnya, karena disini saya cuma mau bahas mengenai sebuah pelajaran yang bisa di ambil dari film tersebut.

1. Business Never Runs Smooth

Point pertama adalah business never runs smooth dude, artinya bisnis yang kita jalankan nggak ada yang bisa jalan terus sesuai dengan harapan dan keinginan kita, karena di tengah jalan pasti kita ketemu dengan sebuah masalah yang mengharuskan kita mengubah rencana. Seperti dalam film ini klub yang ditukangi Billy Beane tiba-tiba harus ditinggalkan 3  pemain intinya, yang membuat para petinggi klub kebakaran jenggot dan mencari solusi dengan mendatangkan pemain bintang lainnya. Pernah mengalami hal tersebut?

saya yakin para pelaku bisnis sering menghadapi hal tersebut mulai dari awal membangun hinggan mempertahankan, itulah proses dan itulan yang namanya bisnis yang selalu dinamis, dan pelajaran yang bisa kita ambil adalah kita harus sadari dari awal bahwa dalam bisnis tidak ada yang berjalan statis akan terus bergerak mengikuti bagaimana kondisi pasar.

2. Business Not Only Number, But Also Statistic
Di film ini ditunjukan bagaimana sebuah tim itu tidak hanya mengacu pada seberapa besar kekuatan financial saja, karena kebanyakan percaya dengan kekuatan financial besar akan bisa membangun team yang kuat karena yang di kontrak pemain bintang semua, Billy Beane dan Peter Merek melakukan hal yang berlawanan bukan masalah financial yang diperhatikan dan bukan masalah popularitas bintang seorang pemain yang diperhatikan, namun lebih pada faktor statistik dalam hal ini seberapa besar potensi seorang pemain berhasil memukul, seberapa besar peluang seorang pemain menangkap bola, dan seberapa cepat seorang pemain bisa berlari, dan inilah kunci sukses mereka dalam film ini, dimana mereka berhasil mengumpulkan dan memadukan semua pemain dengan potensi dan peluang statistik yang besar, padahal rata-rata pemain murah, tidak dikenal, dan bahkan usianya sudah tidak lagi muda.

3. Right Man On Right Place, Right Decission On Right Time
Pelajaran ketiga yang bisa diambil adalah Billy Beane dan Peter Merek berhasil melakukan dua hal, pertama place right man on the right place, and kedua right decission on right time, kedua hal itulah yang menjadi modal kesuksesan Oackland Athletics menjadi tim yang hebat.

Seorang pelaku bisnis harus cermat melihat potensi yang dimiliki oleh armada sumber daya manusia (team) yang dimiliki menempatkan sesuai dengan potensi dan kelebihan yang dimiliki, selain tentunya diberikan bimbingan dan pelatihan supaya menjadi lebih hebat. Selain itu juga pelaku bisnis harus cermat dalam melihat setiap keputusan khususnya untuk dijadikan landasan dalam membuat sebuah keputusan besar.

4. Courage Is A Must
Keputusan sang pelatih Billy Beane yang percaya pada hitungan dan analisa Peter Merek akan seorang pemain berdasarkan hitungan angka statistic sempat ditantang oleh banyak orang termasuk sang pelatih, scout, dan beberapa jajaran direksi karena mereka menilai Softball is Sport not a Statistic, Softball cannot relay on Statistic.

Nah keberanian sang manager ternyata terbayar lunas ketika teamnya berhasil membuat rekor kemenangan beruntun yang spektakuler, selain itu juga sang manager ditawarkan kontrak besar oleh sebuah klub pesaing. Apa pelajaran yang bisa kita ambil? seorang pelaku bisnis seringkali dihadapkan oleh dua pilihan yang masing-masing tentunya memiliki resiko? nah sebagai pelaku bisnis sejati kita harus siap dengan segala resiko makanya butuh keberanian besar dong, karena bikin bisnis aja udah butuh keberanian, setuju?

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Consultant

Comments

Anonymous said…
Bebisnis kadangala bukan hanya melulu soal modal uang (walaupun memang faktor modal uang juga penting), tapi yang lebih dibutuhkan adalah keberanian untuk mengambil resiko

Shinta Margaret
Anonymous said…
Saya sepakat, bisnis tanpa modal memang susah jalan, cuma yang terpenting dalam bisnis adalah mindset kita.

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…