Skip to main content

Share a Coke, Nama lo di Botol Coke !!!


Yaps! Keren gak tuh kalo nama kalian bisa ada di botol minuman coke favorit kalian. Ini yang dilakukan oleh Coca Cola yang terus berinovasi dan memberikan hal-hal yang baru dan menarik kepada konsumen untuk agar senantiasa bisa selalu dekat dengan konsumen-konsumennya. Setelah sebelumnya di beberapa Negara, Coca Cola sudah sukses dengan “Big Giant Coke is a Big Idea-nya”, kali ini di musim panas di Inggris, Coca Cola meluncurkan kampanyer terbarunya yaitu, mencetak nama-nama orang yang popular di Inggris.

Nama-nama popular yang dicantumkan di botol-botolnya, diawali dengan sebesar 100 juta botol untuk didistribusikan. Nama-nama konsumen yang terpampang di botol coke-nya menggantikan tulisan ikonik Cocal Cola pada botol Cocal Cola Diet Coke dan Coke Zero. Dengan dukungan beberapa media distribusi di Inggris, 100 juta botol coke dibagikan, dan di dalam kemasannya tertera hashtag #ShareACoke.

Udah nggak aneh, ini pasti salah satu strategi yang diterapkan oleh Cocal Cola agar mendorong konsumennya untuk membagikan pengalamannya bersama dengan produknya di media social online. Untuk yang namanya belum tertera di botol, konsumen dapat membuat kaleng virtual dengan nama mereka sendiri dengan mengunjungi situs Share A Coke.

Coba kita bahas ringan beberapa point dari campaign terbaru Coka Cola ini yuk.

1. Brand Engagement

Ini nih dia !!! jeniusnya Coca Cola, hehehe. Dengan melakukan kampanye ini secara langsung akan memberikan keterikatan secara emosional antara konsumen dan Coca Cola itu sendiri. Bagaimana tidak, apa yang akan anda rasakan jika anda membeli produk minuman favourite anda dengan tulisan nama yang sudah anda request sebelumnya tertera di kemasan minuman tersebut. Otomatis rasa bangga dan kepuasan akan muncul. Ini yang akan meningkatkan tingkat keterikatan konsumen dengan brand .

2. WOM
Sudah pasti ini akan memunculkan aktifitas WOM (word of mouth) yang besar, dengan strategi komunikasi promosi Coca Cola yang mencantumkan hashtag #ShareACoke di dalam kemasan minuman, akan sangat impuls sekali untuk konsumen nge-share mengenai aktifitas yang sedang dia lakukan bersama brand Coca Cola. Selain aktifitas awarenessnya semakin tersebar lebih cepat, media online juga secara tidak langsung akan membantu mem-push selling Coca Cola dari kampanye yang dilakukan ini

3. Experience
Kalo saya jadi konsumen dan nama saya ada di kemasan botol Cocal Cola, mungkin walaupun minumannya sudah habis berhari-hari yang lalu, botolnya masih akan tetap saya simpan di kamar deh, hahaha. Bagaimana enggak, rasa bangga, dan merasa di perhatikan oleh brand yang kita favoritkan akan menumbuhkan keinginan untuk merekomendasikan ini kepada orang lain (teman-teman saya) (Creative Sales #Buy Recommendation).

Rencananya kampanye besar-besaran akan dilakukan Coca Cola di sejumlah media di Inggris, pada tanggal bulan Mei 2013, dibantu dengan mengintregasikan program kampanye ini melalui iklan-iklan di media televisi setempat. Wah kayaknya kalo kampanye ini sudah mulai masuk ke Indonesia, penjualan Coca Cola akan makin bertambah dengan kampanye unik in, apalagi kan orang-orang kita pada narsis! Ups hehehe , pasti langsung di twit pic. Well guys, just wait to enjoy your coke with your name on it.

Comments

Anonymous said…
WOW!! Kapan ya campaign nya mampir di Indonesia? Can't wait ni!
Memang sekarang era nya mass customization, dan Coca Cola adl salah satu brand dunia yang tanggap sama era ini, jadi dia keluarkan lah campaign ini
ranirano said…
Widih, setuju banget ama poin nomor 1. Memang nih ya, jaman sekarang harus berpikir lebih inovatif lagi biar bisa engage customer kita. Nah, hal ini bisa kita aplikasiin di bisnis kita. mau coba ah
Pujiananurul said…
Konsumen itu paling seneng dijadiin raja ya. Mereka seneng banget kalo dimanjain. Kalo ada produk yang bisa mengkustom sehingga sesuai dengan selera ataupun kustom dengan identitas mereka, konsumen pasti akan senang sekali. Kalo mereka merasa puas, pemilik brand sih tinggal nunggu dampak positifnya aja bahwa para pelanggan bakal nyebarin virus tentang inovasi produknya.
wah coca cola emang ga ada matinya..meskipun bukan penggemar minuman bersoda tapi kalo coca cola bikin campaign ini di Indonesia saya pasti mau deh :)secara gitu ya botolnya bisa dibikin custom dengan identitas pribadi pasti bakal seneng tuh yg beli..berasa coca cola bikin botol itu khusus buat kita.
Angga Nugraha said…
wah keren nih coke! kalo gue punya 1 aja yang beginian, bakalan gue simpen dah

siapa sih yang ga seneng, disini Coca Cola, mencoba utk memberikan service sebaik2nya kepada konsumen dengan memberikan terobosan baru, dan menjual "experience" yg bisa dirasakan oleh konsumen dibandingkan dengan produk lainnya
Tiara Ramadhani said…
Info dong , aku mau buat nama sendiri gitu , buatnya dimana ya ?? Ada yang tau?

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…