May 6, 2013

Share a Coke, Nama lo di Botol Coke !!!


Yaps! Keren gak tuh kalo nama kalian bisa ada di botol minuman coke favorit kalian. Ini yang dilakukan oleh Coca Cola yang terus berinovasi dan memberikan hal-hal yang baru dan menarik kepada konsumen untuk agar senantiasa bisa selalu dekat dengan konsumen-konsumennya. Setelah sebelumnya di beberapa Negara, Coca Cola sudah sukses dengan “Big Giant Coke is a Big Idea-nya”, kali ini di musim panas di Inggris, Coca Cola meluncurkan kampanyer terbarunya yaitu, mencetak nama-nama orang yang popular di Inggris.

Nama-nama popular yang dicantumkan di botol-botolnya, diawali dengan sebesar 100 juta botol untuk didistribusikan. Nama-nama konsumen yang terpampang di botol coke-nya menggantikan tulisan ikonik Cocal Cola pada botol Cocal Cola Diet Coke dan Coke Zero. Dengan dukungan beberapa media distribusi di Inggris, 100 juta botol coke dibagikan, dan di dalam kemasannya tertera hashtag #ShareACoke.

Udah nggak aneh, ini pasti salah satu strategi yang diterapkan oleh Cocal Cola agar mendorong konsumennya untuk membagikan pengalamannya bersama dengan produknya di media social online. Untuk yang namanya belum tertera di botol, konsumen dapat membuat kaleng virtual dengan nama mereka sendiri dengan mengunjungi situs Share A Coke.

Coba kita bahas ringan beberapa point dari campaign terbaru Coka Cola ini yuk.

1. Brand Engagement

Ini nih dia !!! jeniusnya Coca Cola, hehehe. Dengan melakukan kampanye ini secara langsung akan memberikan keterikatan secara emosional antara konsumen dan Coca Cola itu sendiri. Bagaimana tidak, apa yang akan anda rasakan jika anda membeli produk minuman favourite anda dengan tulisan nama yang sudah anda request sebelumnya tertera di kemasan minuman tersebut. Otomatis rasa bangga dan kepuasan akan muncul. Ini yang akan meningkatkan tingkat keterikatan konsumen dengan brand .

2. WOM
Sudah pasti ini akan memunculkan aktifitas WOM (word of mouth) yang besar, dengan strategi komunikasi promosi Coca Cola yang mencantumkan hashtag #ShareACoke di dalam kemasan minuman, akan sangat impuls sekali untuk konsumen nge-share mengenai aktifitas yang sedang dia lakukan bersama brand Coca Cola. Selain aktifitas awarenessnya semakin tersebar lebih cepat, media online juga secara tidak langsung akan membantu mem-push selling Coca Cola dari kampanye yang dilakukan ini

3. Experience
Kalo saya jadi konsumen dan nama saya ada di kemasan botol Cocal Cola, mungkin walaupun minumannya sudah habis berhari-hari yang lalu, botolnya masih akan tetap saya simpan di kamar deh, hahaha. Bagaimana enggak, rasa bangga, dan merasa di perhatikan oleh brand yang kita favoritkan akan menumbuhkan keinginan untuk merekomendasikan ini kepada orang lain (teman-teman saya) (Creative Sales #Buy Recommendation).

Rencananya kampanye besar-besaran akan dilakukan Coca Cola di sejumlah media di Inggris, pada tanggal bulan Mei 2013, dibantu dengan mengintregasikan program kampanye ini melalui iklan-iklan di media televisi setempat. Wah kayaknya kalo kampanye ini sudah mulai masuk ke Indonesia, penjualan Coca Cola akan makin bertambah dengan kampanye unik in, apalagi kan orang-orang kita pada narsis! Ups hehehe , pasti langsung di twit pic. Well guys, just wait to enjoy your coke with your name on it.

6 comments:

Anonymous said...

WOW!! Kapan ya campaign nya mampir di Indonesia? Can't wait ni!
Memang sekarang era nya mass customization, dan Coca Cola adl salah satu brand dunia yang tanggap sama era ini, jadi dia keluarkan lah campaign ini

ranirano said...

Widih, setuju banget ama poin nomor 1. Memang nih ya, jaman sekarang harus berpikir lebih inovatif lagi biar bisa engage customer kita. Nah, hal ini bisa kita aplikasiin di bisnis kita. mau coba ah

Pujiananurul said...

Konsumen itu paling seneng dijadiin raja ya. Mereka seneng banget kalo dimanjain. Kalo ada produk yang bisa mengkustom sehingga sesuai dengan selera ataupun kustom dengan identitas mereka, konsumen pasti akan senang sekali. Kalo mereka merasa puas, pemilik brand sih tinggal nunggu dampak positifnya aja bahwa para pelanggan bakal nyebarin virus tentang inovasi produknya.

Tri Asih Puspitaningtyas said...

wah coca cola emang ga ada matinya..meskipun bukan penggemar minuman bersoda tapi kalo coca cola bikin campaign ini di Indonesia saya pasti mau deh :)secara gitu ya botolnya bisa dibikin custom dengan identitas pribadi pasti bakal seneng tuh yg beli..berasa coca cola bikin botol itu khusus buat kita.

Angga Nugraha said...

wah keren nih coke! kalo gue punya 1 aja yang beginian, bakalan gue simpen dah

siapa sih yang ga seneng, disini Coca Cola, mencoba utk memberikan service sebaik2nya kepada konsumen dengan memberikan terobosan baru, dan menjual "experience" yg bisa dirasakan oleh konsumen dibandingkan dengan produk lainnya

Tiara Ramadhani said...

Info dong , aku mau buat nama sendiri gitu , buatnya dimana ya ?? Ada yang tau?