Skip to main content

10 Tips Cetar Membahana



Sebagai pebisnis dan juga penulis, membuat content yang viral sudah menjadi pemikiran yang tidak pernah ada habisnya sejak dulu, yah wajarlah karena sebagai writer tentu kita berharap tulisan kita selalu menarik minta orang lain untuk membacanya dan dengan sukarela membagikan kepada pembaca lain entah itu dengan melakukan RT, Re post, mendiskusikan ataupun memforward tulisan kita ke relasinya.

Kadang sebagai seorang writer saya juga sangat penasaran mengapa kadang 1 tulisan dengan tulisan lain kadang punya respon yang sangat berbeda dari sisi pembaca dan efek viralnya, dari mana saya tahu ini yah simple sih pasang google analytic atau lihat saja di statistik kunjungan blog kita, or kita kita menyebarkan bisa di record di bit.ly link yang disebar or lihat di report tools twitter berapa banyak yang RT apa yang kita post.

Yah ini tidak ada bedahnya dengan "jualan barang", cuma yang dibeli orang adalah tulisan kita dengan cara membaca dan kemudian membagikannya. Dari semua tulisan yang saya pernah tulis dan pernah baca izinkan saya ingin share beberapa tips membuat tulisan "khususnya di blog" bisa menjadi Content Viral sehingga banyak yang membaca apa yang kita tulis tentunya.

Coba yuk kita lihat beberapa tips, semoga bisa mebermanfaat ketika kita membuat sebuah tulisan atau berita nantinya.

1. Tulis sesuatu yang sedang HOT di Bahas
Pengalaman saya dalam membuat tulisan, semakin Hot topik yang dibahas akan semakin banyak yang akan membacanya. Ketika sedang heboh-hebohnya klinik tong fang, saya coba membuat tulisan "Terimakasih Klinik Tong Fang" dalam waktu singkat pembacanya sesuai dengan harapan saya dan juga banyak yang melakukan RT karena memang sedang Hot di bahas. Atau pas lagi hot-hot nya kasus Eyang Subur, saya buru-buru nulis tentang Eyang Subur dan seperti yang sudah diduga juga, efek viralnya dan pembacanya sesuai dengan harapan.

Sesuatu yang baru/ update/ trend biasanya menimbulkan minat orang untuk membaca dan kemudian membagikan apa yang sudah dibacanya, "biar keliatan update" mungkin atau juga memang ingin menginformasikan hal tersebut kepada rekan. relasi atau followernya. Sehingga tips pertama yang sangat penting untuk membuat Tulisan yang Viral adalah, tulislah sesuatu yang HOT, yah tentu sesuaikan dengan bidang tulisan Anda.

2. Headline yang Cetar Membahana

COba lihat beberapa Judul ini : BB Messenger, Kamikaze atau Brilian? atau Arya Wiguna “Demi Tuhan” Remix atau  Ceker Setan, 5 Buying Factors tertarik kah untuk coba membaca artikelnya? Yah pasti tertariklah "PD abis" hehe, yah buktinya memang popular post dan banyak yang baca secara statistik di blog saya.

Pernah dengar "80 persen orang melanjutkan baca karena Judul yang menarik?" Dalam dunia tulis-menulis memang kadang judul adalah segalanya, karena itu coba liat di beberapa situs berita online, kadang-kadang pemilihan judulnya bikin kita geleng-geleng kepala, kenapa? Yah simple biar orang baca apa yang mereka tulis, kadang judul bisa buat kira salah persepsi kalo ga baca beritanya.

Jadi tips kedua agar apa yang kita tulis dibaca dan kemudian di share oleh banyak orang adalah Judul yang cetar membahana.

3. Share di berbagai social media
Social media saat ini memang sangat membantu penulis untuk membuat tulisannya menjadi viral dan dibaca banyak orang, sederhananya kalo Anda punya akun twitter dengan 500 follower saja, anda tweet artikel Anda dengan judul yang menarik, kemungkinan terjadi RT akan sangat besar, itu baru dari akun pribadi.

Belom lagi banyak muncul akun-akun share artikel seperti @warung_Blogger dan @Updateblog yang dengan sukarela membagikan link tulisan kita ke follower mereka sehingga akan banyak yang juga membaca dan melakukan RT tulisannya yang kita buat, yah tentu bolak balik tergantung konten dan judul yang kita buat juga.

4. Colek-Colek
Banyak temen di twitter itu penting, dengan banyak temen berarti peluang untuk apa yang kita tulis di RT akan sangat besar. Sederhanya ketika sudah selesai menulis sesuatu yang menarik, mention sahabat-sahabat Anda untuk membaca dan juga melakukan RT terhadap apa yang Anda tulis, dengan begitu apa yang kita tulis akan menyebar dan dibaca banyak orang.

tapi ingat, hal seperti ini adalah simbiosis mutualisme, jika sahabat Anda melakukan sebaliknya juga lakukanlah juga RT dengan sedikit komen positif terhadap artikel mereka jangan egois maunya di RT tapi ketika di mention tidak digubris atau di cuekin walaupun tetap juga harus fair, yah kita RT jika memang konten yang ditulis layak di sebarkan dan punya manfaat.

5. Bahasan Umum tapi Penting
Coba baca ini: 15 tips meningkatkan profit atau 30 Tips membangun Komunitas Brand. Judul dan bahasan seperti dua artikel di atas mungkin terlihat sangat umum, namun punya daya share yang cukup besar dan di baca juga oleh banyak orang, kok bisa? Sederhananya karena ini konten yang PENTING dan selalu dibutuhkan banyak orang. Ini sebuah konten yang tidak akan mati di makan jaman karena contennya akan selalu dibutuhkan dan penting bagi setiap pebisnis.

6. Share di Milis
Milis, walaupun sudah tidak terlalu heboh seperti dahulu tetap merupakan media penting yang membuat tulisan kita bisa banyak dibaca dan juga peluang untuk menjadi bahan diskusi (viral) sangat besar. Cuma ingat 1 hal ketika melakukan post di milis, apa yang di post harus sesuai dengan "value" dari milis tersebut jangan milisnya soal Musik eh tulisan yang di share soal Sex, lah ga nyambung nanti malah jadinya viral negatif, orang dimilis sebel karena Out of topic.

7. Bayar Buzzer buat pusblish
Nah ini cara uedann ngebuat tulisan kita tersebar dengan efek besar, khususnya kalo punya tujuan jualan atau personal branding, bolehlah ini digunakan hehe. Contoh ini buat tulisan menari, judul yang cetar membahana kemudian anda bayar @infobdg 2-4 kali untuk melakukan tweet artikel Anda, dijamin trafficnya tinggi, viral efeknya dapet dan mungkin tujuan komersil adan bisa tercapai, asal bolak balik contentnya tepat dan menarik.

8. Social Media is a Must
Social media seperti twitter saat ini sudah menjadi senjata ampuh untuk membuat content yang kita tulis viral, coba Anda bayangkan kalo punya akun 15 ribu follower di twitter, dengan content dan judul yang menarik berapa banyak yang akan membaca artikel Anda? Atau anda membuat group dengan 10 orang di mana masing-masing punya setidaknya 500-1000 follower, dan ketika post artikel serentak 10 orang tersebut melakukan RT atau post dengan menggunakan fasilitas IFFFT, tentu efek viralnya akan besar bagi tulisan Anda.

Social media lain seperti Group Chat di Whatsapp, BB ataupun LIne juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan viral content tulisan kita, tentu media yang satu ini harus lebih selektif dan tidak bisa dilakukan secara terus menurus karena fungsinya adalah chat, strateginya angkat topik diskusi sesuai dengan konten yang lagi anda tulis nah kemudian anda bisa post karena bahasannya lagi sama.

9. Langganan
Ini sangat penting, pelanggan adalah pembaca setiap Anda dan juga dari mereka ini biasanya datang rekomendasi baik dalam bentuk RT, forward ataupun merekomendasi blog Anda ke orang lain melalui obrollan sehingga sangat penting untuk kita membuat banyak orang untuk berlanggan blog kita.

10. Activation
Sesekali buatlah activasi yang berkaitan dengan tulisan Anda, misal buat activasi, siapa yang melakukan RT pada akhir minggu akan diundi dan mendapatkan sebuah kaos cantik persembahan Anda, nah kalo perlu pas RT perlu ditambahkan komen #KerenTulisannya ----> @Anda ((Judul artikel), link (artikel).

Entah kenapa orang kita suka sekali dengan hadiah, karena itulah kuiz-kuiz berhadiah biaya sering laris manis dan diikuti oleh banyak sekali netizen, mulai dari hadiah yang kecil-kecil seperti gift atau voucher sampe yang kasih gadjet level atas.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner 

Sumber gambar:
www.keepcalm-o-matic.co.uk

Comments

Anonymous said…
Jos Gandos!!
Cetar Membahana melintasi Khatulistiwa
Alhamdullilah ya.. sesuatu
Demi Tuhan

Beberapa frasa itu benar2 trend banget dipakai di dalam percakapan sehari2

Melihat beberapa dekade ke belakang, adajuga istilah2 seperti:

Inga-Inga... Ting
Kasiaaaannn deh lu
EGP: Emang Gue Pikirin

Kesamaan dari semua kata2 itu: simple, mudah diingat dan unik, di bahasan artikel ini saya lebih tercerahkan, karena yang dibahas bukan cuma melulu trend nya, tapi juga sampai ke analisa dalam, dari apa saja faktor yang membuat sebuah content bisa begitu menaruik dan menciptakan efek viral

Semoga yang di share disini bisa jadi inspirasi

Shinta Margaret
Angga Nugraha said…
memang jaman sekarang itu , untuk menaikan penjualan bukan hanya melalui strategi strategi baku yang biasa dijalankan.

namun memanfaatkan momen pada saat sesuatu hal yang heboh sedang terjadi menjadi salah satu kreatifitas tersendiri, seperti contohnya memanfaatkan momen perseteruan arya wiguna dengan eyang subur, yang akhirnya banyak bermunculan jargon2 baru seperti "demi tuhan" dan sumpah pocong.

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…