"Scandal" di Raja Karcis


“Indonesia Gigs 2013: Mcs, blur+TeganNsarah,demilavota,carly rae jepsen, sigur ros, stone roses, craig david (javajazz),arkarna, atomic fest. Tiket beli di gue ya nanti!” ujar teman yang suka dibilang “calo” tiket itu. Hohoho. Di timeline itu kerjaannya jualan tiket mulu, tapiiii.. laku berat ! :D

Sebagai pecinta konser, saya paling males kalau harus beli tiket konser yang ngantrinya bermeter-meter dan berhari-hari. Apalagi kalau promoter mereka menjalankan aturan “maksimal 5 tiket”. Dih! susahnya buat nitip sama teman juga. Tapi, sejak 2009 kemarin kendala para pecinta konser ini diobati oleh adanya RajaKarcis.

Kebetulan sebulan yang lalu saya interview dengan Bagus, founder RajaKarcis. Sharing dan bercerita banyak mengenai RajaKarcis membuat saya ingin membagi kisah ini sama yang lain. RajaKarcis menjelma menjadi portal penjualan tiket online yang namanya tak lagi asing di telinga para netizen saat mereka hendak melihat atau pun membeli tiket pertujukan atau konser yang mereka inginkan. Ide membuat online ticket box ini berasal dari pengalaman pribadi Bagus dan analisa opportunity sebuah bisnis yang belum pernah ada di Indonesia. Hal tersebut menjadi kesempatan yang akhirnya ia gunakan untuk mendirikan RajaKarcis.com.

Ada beberapa point yang saya ingin angkat dari hasil interview saya dengan Beliau. Kesimpulan dari keberhasilan Raja Karcis. Berikut ini adalah pointya;

1. Motivasi Untuk Membangun Bisnis

Suatu bisnis tidak akan berjalan lancer dan berkembang apabila tidak ada semangat dan prisip yang dipegang teguh oleh pendirinya. Motivasi Bagus dalam membangun bisnis ini adalah untuk menjadi sebuah website pertama yang memang fokus pada ticketing, tidak terbentur apakah itu sesuatu hal yang kecil atau pun besar. Dari awal dibangun dan didirikannya bisnis ini, internet telah digunakan sebagai media promosi dan penjualan karena pada hal inilah RajaKarcis.com menjadi pelopor dalan ticketing box yang berbasis online.

Mengapa online ? Karena berbisnis online adalah cara termudah dan termurah untuk dapat dijalankan bila dibandingkan dengan bisnis lain yang tentunya dibutuhkan investasi disana sini. Bisnis online bisa membuat sukses pun nyatanya memang benar adanya dan berjalan sesuai keinginan setiap pemiliknya jika memang konsistensi dan mempunyai motivasi yang jelas dalam setiap bisnis yang akan dijalani.

Media yang digunakan pun tidak hanya bergantung pada website saja. Sebut saja beberapa social media seperti Twitter pun menjadi salah satu strategi yang ditempuh agar tercipta komunikasi yang diharapkan dari para konsumen.

2. Memfokuskan Bisnis Sesuai Perilaku Pasar
Strategi rajakarcis.com yang terkait dengan market and product development strategis adalah dengan menerapkan e-business untuk meraih segmen pasar yang baru dengan menggunakan online services. Kemudahan ini didukung pula oleh ketersediaan jenis ticket yang beragam dari segala event. Seperti yang diketahui bahwa masyarakat urban di perkotaan semakin sibuk dan semakin terikat dengan online system sehingga memerlukan pelayanan melalui online pula, dan karena masih sedikitnya pemain online services maka segmen pasar yang baru ini dapat lebih dioptimalkan.

Rajakarcis.com menawarkan Real Time Reservation dengan beberapa cara yaitu, direct phone, direct selling, online order by email dan wap hp. Pemesanan yang paling efektif dilakukan melalui telepon, hal ini disebabkan karena informasi yang didapatkan melalui telepon lebih akurat. Suatu kemudahan yang bisa dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

3. Memanfaatkan Momentum
Pengembangan bisnis ini pun terus dilakukan dengan menjalin kerjasama dan jaringan dengan pihak-pihak lain yang kiranya dapat menambah pasar yang mereka miliki seperti outlet dan merchant yang mereka anggap sesuai. RajaKarcis.com terus dipicu perkembangannya karena merupakan sebuah bisnis pionir pada bidangnya sehingga ketika terjadi perubahan pada industri ini, mereka lah yang paling siap menghadapi dang memanfaatkan momentum tersebut.

Nah, sudah siapkah Anda untuk memulai bisnis melalui online ? Pertimbangkan dahulu bisnis utamanya. Karena online itu adalah sebagai media, tools dan pemicu atau steroid yang membantu kita untuk berpromosi, berinteraksi, memudahkan pemesanan pelanggan tetapi semuanya akan kembali pada produk/usaha yang kita tawarkan. Selamat berbisnis ^^

Creative Sales

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online