Bandung Taxi Bike. Ojek Gaul dan Bergengsi


“Gila.. gak terima gue. Udah nabung 2 tahun buat beli vespa piagio, eh.. sekarang disamain sama ojek. Parah temen lu tuh, Yu ! Hahhaa” ujar seorang sahabat saya yang ngomel-ngomel ketika saya ceritakan mengenai “Bandung Taxi Bike”. Becanda sih, tapi kayaknya itu sebagian suara hati dari anak-anak pecinta vespa. Hahaha.

Zaman sekarang bukan hanya angkutan umum dan taksi yang bisa kita gunakan sebagai alternative transportasi umum di Kota Bandung. Karena sekarang telah hadir Bandung Taxi Bike. Semacam ojek tapi lebih terorganisir, dengan tarif argo yang murah,  serta layanan jasa yang cepat dan terpercaya. Semua pegawainya menggunakan seragam dan Taxi Bike ini dapat dipesan melalui SMS bahkan BBM.

Selain menyediakan jasa antar-jemput, Taxi Bike juga menyediakan jasa untuk pengiriman barang, membeli tiket bioskop hingga perpanjang STNK. Bahkan mereka punya teaser mereka yang cuku unik “Takut pacar dijemput orang lain? Takut selingkuh ? Minta anter sama Bandung Taxi Bike aja”. Hohoho. Kalau minta anter jodoh, boleh ? #eeeaaa

Sebuah modal transportasi ala taksi yang menggunakan sepeda motor yang lahir kembali setelah sempat “tidur” satu tahun, tentunya mempunyai konsep yang baru. Beberapa service dan keunggulan yang mereka hadirkan sekarang membuat saya mengambil kesimpulan atas strateginya. Diantaranya adalah;

Low Cost High Impact

Unik memang mengangkat sebuah bisnis ojeg menjadi terkonsep seperti ini. Hal inilah yang menjadikan BTB berkembang dan mejadi bahan perbincangan di jagad maya. Mereka pun memanfaatkan ini untuk bekerjasama dengan media buzzer sehingga pesan dan promosi yang ingin mereka sampaikan dapat tertuju dengan baik. Media pun ikut tertarik dengan menjadikan topic ini sebagai bahan pemberitaan mereka di media elektronik dan online. Promosi tanpa biaya yang menghasilkan benefit yang luar biasa besarnya. Sehingga konsep social media sebagai media yang low cost high impact sangat terasa disini.

Lahir dengan yang Baru
Masalah yang timbul karena intern dalam Bandung Taxi Bike membuat mereka memilih untuk Rehat sejenak. Ini mereka gunakan untuk berpikir bagaimana untuk melakukan sebuah inovasi untuk membuatnya lebih menarik. Sampai akhirnya, mereka siap dengan ide segar yang ada. Diadakanlah sebuah soft launching untuk memperkenalkan BTB “Baru” dengan konsep yang ada sekarang. Perbedaan yang mencolok adalah pemakaian transportasi baru yaitu memakai Vespa Piaggio. Hal ini ditujukan karena mereka membuat segmentasi baru dalam bisnis mereka dengan kelompok yang lebih condong ke menengah atas namun tetap pada prinsip low cost.

Selain itu, dengan tarif yang murah dan pelayanan yang memuaskan, BTB juga menyediakan fasilitas yang baik untuk keamanan dan kenyamanan para pelanggannya seperti helm, shower cab, jaket dan jas hujan. BTB juga dilengkapi dengan GPS sebagai penunjuk arah sehingga cepat sampai tujuan.

Kreativitas menunjang Rezeki
Mengenai competitor dengan jenis usaha yang sama, Doddy pada awalnya tidak tahu bahwa ada 'pemain lain'. Tapi, setelah tahu pun tidak masalah. Setiap usaha punya keunggulannya masing-masing. Menurutnya, BTB juga unggul di beberapa hal. Pertama, pesan melalui Blackberry Messenger. BBM adalah system komunikasi yang populer. Kecenderungannya, orang akan mudah mengontak. Kedua, BTB melayani apa pun. Ya antar orang, ya antar barang, pesan makan, apa pun.

Ada beberapa hal yang ingin mereka mewujudkan dalam waktu dekat ini. Hal tersebut tentunya ditujukan untuk menambah kemudahan dan kenyaman konsumen saat akan menggunakan service dari BTB. Kedepannya mereka ingin mengembangkan platform aplikasi yang berbasisi OS dan Android sehingga memudahkan konsumen untuk melalukan reservasi untuk penjemputan mereka.

Dari aplikasi ini, database konsumen BTB pun dapat dikumpulkan sehingga memudahkan pendataan dan berguna juga untuk menjaga customer relationship. Ini dimaksudkan agar kedepannya, dapat terjadi integrasi system sehingga lebih efektif dan efisien.

Nah, itu tadi beberapa hal yang mungkin bisa kita terapkan dalam memulai bisnis kita. Jadi milih mana ? Naik angkot atau naik Bandung Taxi Bike. Hihi.. Eh, diingat yaa.. JIka niat dan usaha sudah ada, kuatkan mental. Berpikir positif agar bisnis yang akan kita jalani juga bisa menghasilkan yang baik.

Creative Sales

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online