4 Tips Mengerti Konsumen


Semua pemasar suka ngeluh barang yang dipasarin gak disukai sama calon pembeli, atau udah sekali jual gak ada pembeli yang balik lagi.  Yang namanya memulai masuk market, gak mungkin kita menghindari dari yang disebut orang sebagai trial and error. Kalo gak mau errornya kebanyakan, trialnya harus bener-bener disiapin mateng-mateng. Jangan sekali jebret terus ilang aja.

Kadang yang paling susah buat pemasar baru itu adalah cara buat ngerti. Iya, cara buat ngerti pasar yang mau dia masukin. Ibaratnya, lo musti kenal dulu sama orang-orang dan sifatnya. The way to start at the end, kenapa bisa gitu?

Artinya, semua yang kita pikirin awalnya harus mikirin konsumen. Jadi, lebih ngerti mereka emang paling bisa jadi jalan mulus buat kita ngelakuin trial, sekali pun maintaining. Intinya, trial yang mau dilakuin mengikuti jalan yang bener. Beberapa di antaranya:
 

1. Consumer Base Research
Karena semua yang bakal kita mulai bakal berakhir di konsumen, jadi hal yang paling perlu buat dijalanin adalah riset terhadap konsumen itu sendiri. Apa yang perlu diriset?
- Prilaku konsumen, apalagi yang nanggapin produk sejenis dengan yang kita pasarin
- Cara berkomunikasi konsumen, apakah terget market kita bahasanya dewasa, atau remaja.

2. Talk With Their Language
Udah kita ngerti semua perilaku konsumen, saatnya kita siapin strategi komunikasi ke mereka yang bakalan nerima pesan dari kita. Intinya, pesan yang mau dikasih harus mudah banget dicerna otak mereka dan juga ada di kehidupan sehari-hari mereka.

3. Look How Far They Like Our Products
Riset udah, ngatur cara berkomunikasi dengan konsumen udah. Ya ayo silahkan digeber dengan ngadain testing buat produk. Misalnya sih, buat yang punya hotel. Bisa ajak orang yang hobi travelling ke launch. Terus tanya pendapat mereka. Experts give much more experience!

4. Good Value For Them
Mereka yang kita sebut di sini ya udah tentu konsumen yang bakal nerima produk kita. Pertanyaan paling besar konsumen itu “Apa Gunanya Ini Buat Gue?’ Cara ngejawabnya mudah aja, sambungin sama kegunaan produk yang mau kita pasarin. Kalau target market sesuai, pasti usefullness juga bisa sesuai doooong.

So, jangan mikir mulai dari mana. Tapi mikir akhirnya bakal ke mana kalau kita mau masarin suatu barang atau jasa. Good target will impact good result!

Creasionbrand

Comments

MdarulM said…
Nice Post ...nambah wawasan tentang mengerti konsumen

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online