Skip to main content

Mau Hadiah Emas Monas?


Dalam perjalanan ke Jakarta beberapa waktu lalu ada salah satu iklan Billboard yang cukup menarik dan kemudian menjadi perpincangan tim kita sepanjang jalan, kira-kira bunyi iklannya seperti ini “Menangkan uang tunai seberat emas monas”. Dari mulai ada yang menebak nebak, ‘Emang Emas monas beratnya berapa ya? Itu hadiahnya pasti recehan yang banyak bisa seberat Emas Monas...”

Mungkin dari kami semua tidak dengan serta merta melakukan tindakan pembelian terhadap produk yang ada di Billboard tersebut, tetapi setidaknya messeges dari Billboard tersebut cukup memiliki kekuatan untuk memberikan Push to Action buat orang yang membacanya, dari mulai membicarakan, menulis artikel seperti yang saat ini saya lakukan, menceritakan kepada teman-teman dan keluarga sampai mungkin saja memotivasi audience untuk melakukan tindakan pembelian.

Dalam konsep creative sales sebuah komunikasi harus memenuhi USP (Unique Messages, Strong Visual, dan Push to Action), sebuah komunikasi sebagus apapun eksekusinya dianggap gagal jika tidak membuat audience kemudian melakukan Push to Action, dan Action ini tentunya dipengaruhi oleh dimensi pertama dan kedua dalam USP.

Kembali ke pembahasan message yang ada di Billboard tadi, sebenarnya hal apa sih yang harus diperhatikan dalam sebuah komunikasi sehingga bisa menciptakan sebuah Unique Messages yang kemudian menciptakan Push to Action bagi audiencenya.


Pertama . Gunakan Bahasa yang Disukai Audience
Sudah bukan rahasia umum, kalau setiap orang dimanapun suka dengan bahasa diskon, hadiah dan semua hal yang ada di kamu yang namanya kamus Gue Untung, Dalam beberapa observasi di beberapa sampling yang pernah kita lakukan, kekuatan dari “diskon 80% hanya sampai Besok” itu bisa membuat seorang Ibu-ibu menjadi memiliki alokasi budget untuk belanja yang tentunya tidak muncul di perencanaan belanja bulanan. Tentunya masih banyak bahasa-bahasa yang disukai audience seperti “dapatkan hadiah mobil xenia hanya dengan membeli permen 500 rupiah” dan lain-lain. Silahkan bereksplorasi.

Kedua. Gunakan bahasa Hiperbolik tapi Jujur
Kalimat “Menangkan uang tunai seberat emas monas”. Itu hiperbolik, audience langsung berfikir wow uang seberat emas monas. Pasti banyak dan berat !! kaya gimana ya hadiahnya?? Dan jujur, bagaimanapun eksekusinya, apakah isinya recehan semua atau uang kertas seberat emas monas. Atau ternyata emas monas beratnya Cuma 2 Kg, kadang konsumen tidak ngeh. Tapi pemberian bahasa seberat emas monas cukup memiliki kekuatan untuk membuat target audience mau mencaritahu lebih jauh

Ketiga. Tidak Bertele-tele tapi menghibur
Audience sudah sangat jenuh dengan berbagai iklan yang saat ini memmbanjiri bahkan menghantui kehidupan mereka, sehingga ketertarikan terhadap iklan relatif berkurang. Menjawab realitas ini sebuah messages komunikasi harus dikemas dalam kemasan bahasa yang tidak bertele-tele dan lugas sehingga dapat dengan cepat dibaca dan diahami oleh audience dan menghibur sehingga membuat target audience dengan sukarela akan terus membaca dan mengikuti skenario komunikasi sampai akhir.

Tiga poin di atas yang menurut saya bisa menciptakan sebuah perbedaan yang besar pada sebuah messages komunikasi, semoga bisa dijadikan acuan dalam menciptakan bahasa komunikasi produk Anda untuk membuat konsumen menjadi Push to Action

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…