Feb 25, 2013

Nokia Android


"eh cui, kalo Nokia ngeluarin for Android kira-kira lo bakan pake Nokia ga?", Si Cui "pasti gua pake kayanya sih, emang bakal ngeluarin yah?"

Pertanyaan yang saya lontarkan kepada sahabat saya tersebut sudah sering saya tanyakan kepada beberapa sahabat saya, iseng sih memang karena penasaran ajah tapi yang mengejutkan "jika bisa dikatakan demikian" adalah semua yang pernah saya tanyanya soal Nokia Android semua menjawab akan mempertimbangkan menggunakan Nokia jika memang OS nya menggunakan Andoroid, entah memang beneran pengen ato sekedar basa-basi sih hehe.

Sekilas dulu, Nokia "jaman dulu" memang legend abislah, mungkin kita semua pernah menggunakan brand ini pada jamannya, "ponsel sejuta umat", dengan variant model yang cukup banyak, mulai yang dari kelas bawah sampe kelas "komunikator" hampir setiap orang mungkin kita lihat menggunakan Nokia beberapa tahun yang dulu. Namun beberapa tahun ke belakang, rasanya ponsel ini "tak sehebat dulu" lagi, dimulai dari gempuran BB kemudian Apple dan Android phone jadilah brand ini sudah mulai "tidak tampak" di banyak orang, yah mungkin juga dikalangan perkotaan tempat saya tinggal, ga tau deh kalo di luar itu.

Nah bali lagi, Tapi kalo ditanya ke saya pribadi, 100 persen saya akan gunakan Nokia bila mereka mengadopsi OS Andoroid, mengapa? Nah ini yang ingin sedikit saya kupas dari hasil ngobrol-ngobrol gan penting dengan sahabat saya kemarin? (yah tentu Anda juga punya alasan lain mungkin dari yang saya kemukakan nanti, atau mungkin juga tidak setuju hehe). Coba yuk kita lihat hasil diskusi saya kemarin.

1. Persepsi Kualitas

Kita berdua sepakat, mengapa akan kembali menggunakan Nokia karena yakin kualitas Nokia masih "kita persepsi" handal dan bagus. Dulu, rasanya jarang sekali punya masalah dengan Nokia, batere tahan lama, Nge Hang? "ga ada tuh", tahan banting juga "bandel" dsb. Yah memang sih ga relevan membangingkan beberapa hal seperti batere dengan ponsel jaman sekarang yang hyper penggunaan data nya tapi yah itulah persepsi, ada di benak konsumen.

Saya tidak tahu sih bagaimana kualitas Nokia saat ini, sudah lama tidak pakai soalnya, namun sekali lagi dalam marketing persepsi kadang adalah segalanya, makanya salah satu guru besar marketing Al Ries pernah berkata "perang pemasaran sesungguhnya adalah di benak konsumen". Nokia yah handal.

2. Keren
Siapa sih yang ga merasa keren pake Nokia jaman dulu? Sering liat khan dipinggang banyak orang komunikator di tenteng-tenteng biarpun handphone segede gaban dan sebarat "pisang sesisir" haha becanda. Ato saya ingat dimana gayanya dulu bawah-bawah Nokia 6600 yang super "keren" buat ukuran saya waktu itu. Gimana Nokia sekarang? TETEP keren boo, rasanya mau dibandingkan dengan Apple dan Samsung sekalipun tetep ok kok tenteng-tenteng Nokia, tetep keren, sayang OS nya bukan Andorid, itu ajah kok masalahnya haha.

3. Ikatan Batin
Yah ela, ini bener baru berlebihan dan sedikit alay haha, tapi emang iyaloh itu yang saya rasakan, ada kenangan yang ingin saya ulang rasanya bersama Nokia seperti dulu, hampir ajah beli Lumia tapi bolak-balik akhirnya ga jadi karena semua anak kantor pake "Andorid". Sebetulnya kalo mau dilihat lebih dalam, inilah hebatnya Brand Nokia, brand ini mampun menciptakan inter koneksi yang dalam kepada Usernya sehingga walaupun usernya meninggalkan Brandnya memang dikarenakan alasan yang fundamental, perubahan trend yang tidak bisa "disediakan" oleh Nokia saat ini, yah tentu semoga kelak OS yang digunakan sekarang bisa jadi Trend atau kelak Nokia "dapet hidayah" sehingga menyediakan juga ponsel Android hehe.

Yakin pasti beli? Gua 100%. Kamu? Ah itu sih urusan setiap orang wkwk. Salam.

Creative Sales 

No comments: