Balada Bakso Geger dan Fashion Show


“Balada Bakso dan Fashionshow” . nah loh pasti bingung kan kalo baca ini. Memangnya bakso dan fashion show nyambungnya di sebelah mana? Hha. Mungkin sebagian orang sudah terbayang seperti apa kalo bakso dan fashion show digabungkan. Segerombolan wanita-wanita cantik yang yang berlenggak lenggok diantara kerumunan orang sambil memegang mangkuk bakso dan melahapnya pelan-pelan, gitu bukan ya? . Mmmhh,, kasih tau nggak yaa ??? #eaaaaaa ..

kalo terpikir seperti itu, yaps! Bener banget. Ini dia yang kreatif, di Semarang ada sebuah acara pembukaan cabang warung bakso dengan yang diisi dengan kegiatan catwalk para model cantik. Model-model yang cantik dan ramah melayani sebagian konsumen yang hendak mencicipi Bakso yang terkenal kelezatannya sejak tahun 1990 disana, Bakso Pak Geger namanya. Gimana nggak geger, yang melayaninya aja model-model cantik, kalo saya sih pasti  bolak balik kalo tiap hari. Ternyata asal usul dilakukannya promosi kreatif ini dikarenakan si pemilik cabang waung bakso pak geger ini adalah seorang model juga, cerdik banget ngajakin temen2 di agency-nya buat di kerjain..

Nah, yang jadi value pembahasan di artikel ini bukan cewek-ceweknya, inget bukan cewek-ceweknya!! walopun sebenernya nyita perhatian banget sih, hehehe. Tapi yang bakalan coba diangkat itu, dampak strategi komunikasi promosi yang kreatif sehingga mampu membuat orang interest dan do something, apakah itu dengan membeli langsung ataupun sekedar tertarik pada content yang akhirnya merujuk pada word of mouth-nya, kayak yang saya lakukan sekarang ini.

1. Word Of Mouth

Udah nggak jadi rahasia umum lagi, kalo kita orang itu kebanyakan yang latah. Hehehe. Ada yang aneh, berkicau di twitter. Ada yang menyebalkan, mengeluh di facebook. Ada yang nyenengin & nyusahin cerita sama orang lain :D.

Pernah denger promosi gila-gilaannya The Cost kan?? ”Diskon sesuai umur” atau Promosinya Pecel Lela, “Yang ultah, GRATIS!!”, “Yang namanya Lela, makan Gratis”. Ini sebenernya yang bisa jadi keuntungan para owner business, saat mampu mengalihkan perhatian masyarakat dengan hal2 yang menarik dan kreatof sehingga memancing masyarakat untuk memperbincangkan ini dan akhirnya menjadi buah bibir. Full of benefit, ya sudah jelas. Promosi gratisan selama apa yang berkembang dimasyarakat itu bisa dipastikan hal-hal yang baik saja mengenai brand kita

2. Push to Action
Nah ini yang penting juga, promosi yang bagus tapi kalo nggak bikin orang push to action (either langsung beli atau cari tau dulu) bakalan jadi nggak efektif nantinya. Kayak contoh diatas kan, kalo saya lagi lewat depan warung bakso pak geger, yang tadinya nggak lapar atau nggak suka baksopun, bakalan berhenti untuk sekedar mampir dan akhirnya jajan juga disitu. Itu stop point-nya.Hehehe. intinya membuat strategi komunikasi promosi yang membuat orang do something juga itu perlu dipikirkan. Ingat, komunikasi promosi itu penting juga loh.

3. Top Of Mind
Masih inget nggak sama iklan tong fang yang beberapa waktu yang lalu menjadi buah bibir di masyarakat, bahkan pelesetan-pelesetannya tidak hanya marak menjadi perbincangan kita, sampai-sampai menjadi trending topic di social media twitter saat itu karena message-nya yang unik dan menggelitik, “Saya dulu punya penyakit sesak nafas. Tetapi, setelah berobat ke klinik tong fang, alhamdulillah nafasnya hilang, tinggal sesaknya. Terima kasih tong fang :)”. Nah seperti itulah pelesetan-pelesetan yang muncul yang cukup membuat orang terpingkal-pingkal saat melihat banyak sekali pelesetan yang bermunculan.

Strategi komunikasi promosi yang kreatif seperti ini mampu membangun dan menyita perhatian masyarakat, sehingga ketika brand tong fang menjadi word of mouth pada saat itu, secara tidak langsung membekas di benak masyarakat yang akhirnya menjadi top of mind untuk beberapa waktu.

Creative Sales

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online