Dec 9, 2008

ngubek.com
PILIHAN UTAMA
DIRECTORY BANDUNG?


Eh lo tau ga hotel apa nih yang bagus buat tim marketing liburan di Bandung, eh ato mending vila kali yah daripada hotel ato mending penginapan seperti losmen-losmen gitu biar kerasa gitu suasanya? Trus-trus ntar kalo makan di mana nih yang kira-kira khas dan yang bandung banget deh makanannya? Eh sekalian deh kalo belanja ntar bagusnya kemana yah? Trus mending naik apa men ke sananya, kita ada 15 orang nih?. Tidak lama, dua hari kemudian giliran dari tim promosi bertanya persis sama dengan apa yang ditanyakan oleh tim marketing.

Buset dah dikira gua direktori bandung apa, kenapa juga tidak bertanya dengan om google ajah, toh pasti ketemu, tinggal ketik “hotel, bandung”, ato “cafe, bandung” ato what everlah yang ada bandungnya nanti juga muncul dan tinggal dilihat sendiri. Yah sebetulnya sih bukan tidak ingin memberitahukan, tentu saja sebagai warga Bandung gua mengerti sekali tempat-tempat seperti itu, namun kadang-kadang memang kalo memberitahu itu ada ga enaknya karena jadi semacam responsible dan tekanan moral bila nanti ternyata tidak puas dengan rekomendasi yang kita berikan kepada teman-teman kita he.......he. kira-kira gini nih kata-katanya yang sudah pernah terjadi “yah elo, kok tempatnya ga enak yah, makanan juga biasa” nah buset khan, kenapa jadi gua yang salah, nurut gua sih makanannya enak dan tempatnya nyaman.

Di kereta perjalan dari Jakarta menuju bandung pertanyaan-pertanyaan teman-teman saya tersebut masih terus mengganggu pikiran saya, kok anehyah pertanyaan mereka itu, sepertinya susah sekali mencari informasi tentang bandung, apa tidak ada website atau direktori yang memuat segala hal tentang Bandung? Nah pertanyaan ini juga kemudian mengganggu perjalan tenang saya sambil ditemani secangkir teh hangat yang disuguhkan pramugari kereta, “hhmm bener juga yah, apa website, situs atau blog tentang bandung? Kok gua ajah sampe ga tau, padahal sudah bertahun-tehun tinggal di bandung, sumpah deh ga ada satupun yang melekat di kepala gua mengenai situs, website, blog, milis atau apapun yang berkenaan dengan bandung”.

Waktu berlalu, pada akhirnya usul gua dipake juga oleh tim promosi untuk menginap di vila istana bunga, yah selain atmosper Bandung masih sangat berasa di sana, dari sisi biayapun jauh lebih murah. Untuk sekitar 20 orang lebih, kita mendapatkan vila 4 tingkat dengan 5 kamar pada harga 4 juta 3 hari 2 malam, coba ajah bandingkan dengan hotel kalo ga percaya he.......he. Lagi pula menurut gua kalo mau cari udara Bandung yah pergi di sinilah atau Dago atas, kalo di kota sih suasananya sama ajah (nurut gua loh).

Waktu kemudian berlalu lagi, iseng dengan teman-teman kantor bandung mengunjungi salah satu tempat favorit baca buku impor dan ngobrol yaitu di jalan siliwangi bandung, sedikit cerita nih tempat keren abis deh, lo bisa masuk dan baca buku impor sepuasnya tanpa dikenakan biaya, ato kalo haus dan lapar bisa pesan makanan yang lezar dengan harga yang murah lagi, belom lagi bisa wife dan kerennya lagi semua buku boleh dibeli dengan harga yang tertera di belakangnya. Sangking murahnya (nurut gua nih) sampe-sampe gua sama temen-temen beli 3 buku padahal jujur ajah baru pertama kali itu berkunjung ke tempat tersebut. Nah setelah 5 paragrah baru deh benang merah semua cerita diatas tersambung, ditempat inilah kemudian gua mengambil sebuah flyer a5 dengan judul NGUBEK.COM.

ngubek.com, Bandung city Guide, ternyata ada juga sebuah website yang yang memuat directory listing tempat-tempat belanja, nongkrong, makan, hotel, tranportasi dan masih banyak lagi di bandung ato memang gua yang kurang gaul jadi ga tau yah. But my point is dari semua pertanyaan yang muncul dari teman-teman jakarta ada sebuah data menarik, mosok satu kantor dengan jumlah ratusan orang jakarta yang sering juga bolak balik bandung tidak ada satupun brand website, milis, atau apapun itu yang berhubungan dengan dengan dunia maya tentang bandung yang melekat dibenak mereka? Yah gua sedang tidak membahas versi papernya karena media ini punya punya banyak keterbatasan karena berbentuk fisik, seperti tertinggal, merepotkan untuk dibawa, tidak lengkap secara visual dan sebagainya.

Seingat gua sih pernah ada Cuma gua juga lupa ha.....ha makanya ujung-ujungnya om google lagi yang diandalkan untuk melakukan pencarian tersebut. Nah dengan bertemunya gua dan ngubek.com mungkin mulai saat ini inilah website yang akan paling gua andalkan untuk direkomendasikan kepada siapapun yang bertanya tentang bandung he.....he. Yah kalo ada yang bertanya apa hubungan dengan gua, 100% ga ada, Cuma ikut menyebar luaskan informasi Bandung ajah, yah itung-itung bentuk kecintaan gua pada daerah ini.

Ok back to business, sebelum tulisan ini diBUAT tentu sajah gua tidak sembarang melakukan rekomendasi dan menuliskannya untuk menjadi konsumsi publik, ada beberapa kriteria yang gua perhatikan untuk kemudian memutuskan mengangkat ngubek.com sebagai bahan tulisan ini. Kriteria ini berhubungan dengan bagaimana sebuah website bisa mengundang banyak pengunjung dan menjadi preferensi bagi siapapun yang membutuhkan informasi yang diberikan oleh website tersebut serta pada akhirnya mampu membentuk sebuah komunitas yang mau berdiskusi, memberikan masukan, komplain dan sebagainya di web tersebut. Ok coba kita kaji satu per satu yuk.

Pertama, Mengertilah Siapa Konsumen Ente
Hal ini adalah persyaratan mutlak untuk mampu sukses di jagat internet. Mengerti siapa konsumen dan market yang dituju. Ketika meluncurkan sebuah website katakalan directory mengenai bandung, pemilik website harus-betul-betul bisa mendalami dan memetahkan siapa saja yang akan menjadi target market dari website tersebut, dengan mengerti target market yang dituju pemilik web bisa mempelajari prilaku penggunaan internet seperti situs apa sajah yang dikunjungi, milis apa sajah yang sesuai, website apa saja dimana komunitas tergabung dan aktif dan sebagainya.

Dengan melakukan pemetaan terhadap target market yang dituju pemilik web dapat memfokuskan banyak hal sesuai dengan informasi tersebut, katakanya dalam hal promosi misalnya, jika kita mendapatkan informasi bahwa sebagai besar “pelancong” ke bandung adalah keluarga yang cukup mapan, dimana kepala keluarganya berkerja sebagai pekerja kantoran atau pengusaha dan biasanya mereka sering membuka kompas.com atau detik.com, maka tentu akan sangat efektif bila salah satu media dimana kita akan mempromosikan produk tersebut adalah kedua media diatas. Atau dari informasi sebagia besar target market bergabung di dalam milis marketing, business atau sejenisnnya misalnya, nah tentu effort dan aktivitas promosi harus diarahkan ke milis tersebut dan sebagainya.

Nah walaupun baru diluncurkan dan promosinya mungkin masih belum terdengar, melihat bagaimana mereka meletakan brosurnya, gua pikir mereka sudah melakukannya dengan tepat sehingga orang yang tepat menerima dan membaca brosur tersebut dan bolapun terus bergulir, iya nggak he......he.

Kedua, Konten, Konten dan Konten
Apa sih yang paling penting selain konten bagi sebuah website? Mungkin inilah hal terpenting bagi sebuah website untuk dikunjungi, tampilan sebagus apapun, promosi segila apapun tanpa konten yang sesuai dengan need, want dan expectation dari target marketnya akan sia-sia semua hal tersebut. Kadang-kadang saya malah berpikir inilah kunci kesuksesan seluruh website yang ada di dunia ini ha.....ha berlebihan yah atau memang iya?. Coba kita lihat top ten website dengan sumber Alexa: Yahoo, Google, You Tube, Windows Life, Facebook, MSN, Myspace, Wikipedia, Blogger dan Yahoo Jepang, faktor apa yang paling menentukan kesuksesan mereka semua? Konten di dalamnya titik. Yah tentu kita tidak mengesampikan faktor-faktor lainnya yang membuat situs tersebut terkenal.

Nah bagaimana dengan ngubek.com, apakah dari sisi konten mampu memberikan apa yang menjadi keinginan, kebutuhan dan harapan dari para pelancong internet yang membutuhkan informasi tentang Bandung? Dari hasil surver saya rasa ngubek.com ini memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai tempat makan di bandung walaupun ada beberapa tempat dari hasil search tidak ada di website tersebut, tapi untuk ukuran situs yang baru dilaunching pada tanggal 26 november 2008 informasi yang diberikan sudah sangat lengkap. Mungkin jika ada yang perlu ditambahkan adalah images-images yang bisa dilihat langsung di website atau link ke website tempat yang dicari.

Tapi sekali lagi untuk new commer website ini sudah mampu memberikan konten yang sangat informatif bagi yang membutuhkan informasi tentang bandung, di sini anda bisa mendapatkan tempat-tempat kulinair, informasi hotel, tempat hiburan, tranportasi, seni, olahraga dan sebagainya dengan cukup lengkap bahkan Anda bisa membaca testimonial beberapa tempat tersebut, yah sekedar untuk membanding-bandingkan he....he.

Ketiga, Upgrade.
Kalo Anda pernah menonton matrix 2, ada kalimat yang sangat saya sukai yang diucapkan oleh Neo ketika lawannya bertanya mengapa kemampuan menjadi sangat hebat, Neo menjawab “Upgrade”, yah begitulah jika Anda ingin bertahan dan terus berada di daerah pertempuran untuk kemudian berharap menang, anda harus upgrade. Websitepun demikian, selalu tampilkan hal-hal baru baik itu berita, fasilitas atau apapun yang membuat konsumen Anda untuk selalu setia. He...he coba kita bayangkan detik.com beritanya itu-itu ajah, wah wah dijamin ga ada lagi yang mengunjunginya, dengan selalu mengupgrade dengan berita-berita terbaru, kesetiaan saya untuk terus berkunjung selalu terjaga.

Nah semoga saja ngubek.com ini bisa selalu upgrade baik itu dari informasi maupun fasilitas yang memang sesuai kebutuhan dari dari pengunjung situsnya. Belom bisa komen juga sih he....he soalnya baru tau dari brosur.

Keempat, Perhatikan Donk Brand Brandnya.
Nah ini dia nih mungkin yang paling kacau, kok sampe-sampe ga ada brand yang melekap dikepala gua dan teman-teman kantor mengenai website apa yang bisa dikunjungi kalo mau tau bandung khususnya dalam bidang hiburan, reksreasi, kulinair dan sebagainya. Yah seperti yang pernah gua bilang, rasanya sih pernah ada yang seperti ini cuma sudah lupa tuh.

Membangun brand, meletakkannya dibenak konsumen dan terus konsisten menjaga awarenessnya jelas bukan pekara mudah, apalagi untuk brand-brand yang dibangun atas dasar idealiasme dan tidak pure komersial. Anda bisa saja menjadi terkenal dalam satu bulan dengan iklan yang gila-gilaan tapi 2, 3 atau 5 tahun ke depan ketiga dana sudah seret, penjualan kurang baik, apa jadinya brand Anda saat itu? karena itulah setiap perusahaan atau produk perlu menyusun branding strategynya dengan tepat dan konsisten, yah konsisten di sini bukan hanya masalah promosi tentunya namun juga menyangkut konsistensi internal baik itu dana, sikap, prilaku dan budaya yang menopang brand tersebut.

Nah kembali ke ngubek.com, konsistensi untuk terus membangun dan menjaga brand ini harus menjadi salah satu prioritas utama timnya, visi dan misi harus dibangun dan secara konsisten terus menerus di evaluasi, dan setiap strategi harus disusun secara detail serta konsisten dalam pelaksanaannya.

Tentu saja ngubek.com berharap kelak jika mau cari info tentang bandung semua orang baik di jakarta maupun bandung langsung serentak menyebut “liat ngubek.com ajah”, “kemane ajeh lo kagak tau ngubek.com” he......he, yah semogalah, kita lihat saja perjalan mereka untuk menjadi pilihan utama directory bandung.

7 comments:

Miss Complain said...

menanggapi masalah brand di atas. bagaimana menurut Anda cara termudah dan termurah agar brand kita bisa di kenal di benak konsumen, ya karena jelas kan di Bandung ini gudangnya semua hal, jadi terlalu banyak yang indah, so terlalu sulit buat kita pemilik brand masuk di benak mereka.

thnx

Anonymous said...

secara sederhana menurut gua yah setiap brand harus konsisten melakukan komunikasi ke target marketnya. Pilih terlebih dahulu posistioning yang tepat untuk kasus ngubek.com ini kemudian secara konsisten bangun komunikasinya.

Nah media komunikasinya tentu bisa dipilih sesuai dengan target marketnya dan se kreatif mungkin, jangan menjadikan dana sebagai kendala tentunya apalagi ini khan berhubungan dengan dunia maya, banyak boo cara yang gratis tapi efektif, misalnya masuk ke milis-milis, barter media dengan situs lain, ciptakan story dan kemudian postingkan, facebook, firenster, google dan bunyaaaaaaakkkkk lagi deh.

Anonymous said...

hmmm ngubek.com???baru denger nih hehehe..biasanya langsung ke oom google tuh.
Dapet info juga nih kalau mau ngubek-ngubek kota Bandung, biar bisa saya rekomendasikan ke teman-teman saya.
Thx.

Anonymous said...

Waaahh...berarti saya termasuk orang yg harus diteriakin "Kmane aje lo kagak tau ngubek.com???!"
Soale gw emang beneran ga tau tuh! Denger aja kagak pernah! Waaahh..berarti masih kurang tuh soundingnya di ngubek.com

Reza said...

halo, kami dari redaksi ngubek.com

makasih banget buat saran / kritik dan penelaahaannya, detail banget.

kami bakal ngejalanin saran2nya, dan doakan, karna memang ngubek.com masih baru banget, dan banyaaaak sekali strategi marketing / dev / promo lain yang belum dilaksanakan.

jadi merchant yang ada sekarang masih yang free account, kalo nanti udah mulai ada yang business account, makin lengkap lagi info yang akan diberikan seperti galeri foto, price list, menu, event calendar, dll. still lots more to come.

join jadi member ya, biar bisa ngubek2 di ngubek.com

thanks alot!

Anonymous said...

wah ada dari ngubeknya nih, yo semangat, artikel ini dibuat sepertinya memang lebih banyak memberikan dukungan untuk ngubek, orang bandung kali yah penulisnya. Sudah diposting ke milis juga, yah semoga semakin terkenal dan informasi tentang bandung semakin mudah didapat.

Anonymous said...

setelah saya lihat ngubek.com, mungkin anda bisa menjadi salah satu link teman ngubek.com di http://www.ngubek.com/about/teman/link

lumayan buat link back ke blog ini juga..