Email Marketing Chapter I

Beberapa minggu ke depan, saya akan coba menyajikan tulisan mengenai apa itu email marketing, mengapa sangat penting dan bagaimana melaksanakan email marketing yang tepat dan efektif. Jujur saja saya cukup tergelitik untuk sharing masalah ini karena bagi saya, setelah mencari buku-buku referensi, tulisan-tulisan ringan, makalah, blog dan sumber lainnya saya tidak menemukan panduan yang betul-betul sederhana bagi orang awam untuk dapat melakukan strategi email marketing dengan tepat dan efektif khususnya dalam bahasa indonesia. Tentu saja ada beberapa yang sangat lengkap namun kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan satu lagi dalam bahasa Inggris (is that a big problem?) hehe, mungkin saja bagi banyak orang.

Tentu buat yang sudah expert di bidang online strategy yang saya sajikan bisa jadi sudah “basi”, namun biarlah, toh saya buat tuilsan ini untuk awam dan ingin belajar salah satu komponen yang paling penting dalam online strategy atau binis online yaitu email marketing. Dengan mengikuti setiap minggunya di blog ini saya akan coba kupas satu persatu mulai dari mengapa, bagaimana strategynya, apa saja email marketing itu, bagaimana mengukurnya dan tentu dengan contoh-contoh yang bisa memberikan gambaran yang lebih jelas. Ok bagaimana kalo kita mulai temen2.

Apa sih email marketing itu? Email Marketing adalah “sebuah bentuk direct marketing dengan menggunakan email yang ditujukan untuk memberikan informasi dan penawaran (komersial, social, news, CRM) kepada target audience.” Email marketing adalah “salah satu tools paling lama dan powerfull dalam online strategy sampai saat ini”, kira-kira begitulah pendapat beberapa pakar online. Tujuan akhirnya? Sederhana saja penjualan dan brand equity.

Beberapa fakta mengenai email marketing yang saya rangkum dari belantara online yang mungkin bisa dijadikan acuan.











•    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Direct Marketing Association, email marketing menghasilkan ROI sebesar $ 43,62 untuk setiap dolar yang dihabiskan di atasnya pada tahun 2009. Di prediksi tahun 2010 akan menjadi sebesar $ 42,08. Hal ini memlebih efektivitas pemasaran brosur secara offline dengan biaya yang jauh lebih murah.

•    Sejumlah penelitian yang berasal dari Forrester Research, Gartner, eMarketer, dan Direct Marketing Association secara konsisten menunjukkan email tetap menjadi salah satu saluran yang paling efektif dalam pemasaran pemasaran dan ROI.

•    Menurut survey Datran pada tahun 2010, 39,4% dari para eksekutif industri mengatakan email marketing merupakan tools pemasaran yang sangat efektif dan menjadi pilihan para eksekutif tersebut.

•    Survei Forbes Media di Februari / Maret 2009 mengungkapkan bahwa email marketing dan e-newsletter dianggap sebagai tools online nomor dua yang paling efektif dalam menciptakan conversion setelah SEO.

•    Survey di Irish pada tahun 2009 memperlihatkan bahwa  marketers menilai 79% email marketing merupakan tools yang penting dan sangat penting bagi strategi pemasaran mereka.

•    Shop.org's State of Retailing Online 2009 survey menemukan bahwa "E-mail adalah tactic pemasaran yang paling sukses sejauh ini.

•    Desember 2008 survei yang melibatkan ratusan pemasar oleh Marketing Sherpa menemukan bahwa per-klik iklan pencarian memiliki ROI tertinggi, diikuti dengan email marketing pada tempat kedua.

Kita lanjutkan next week yah, monggo jika ada pertanyaan atau comen, sisipkan saja di kolom komen dibawah. Tentu jika ada yang mau menambahkan data-data diatas akan lebih baik lagi untuk pembelajaran kita bersama.
(Sumber gambar: www.flamemultimedia.com)

Comments

salam kenal ......
makasih artikel nya
sangat menarik
Halo, salam kenal juga

Terimakasih Endah, ditunggu komen-komennya.

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online