Social Media, Peluang atau Ancaman?

Ngobrolin lagi social media pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit mengenai trend social media khususnya dalam konteks user (konsumen) dan fungsi dalam bisnis, kenapa? karena dalam kenyataannya kemunculan social media ini menjadi dua sisi mata uang dalam bisnis.

Pertama bagi para pelaku bisnis konvensional kemunculan social media ini tentunya menjadi ancaman bermunculannya pesaing baru, kedua bagi sebagaian orang dan pelaku bisnis konvensional kemunculan social media menjadi peluang yang sangat menarik dan menjanjikan.

Dalam konteks analisa 4C khususnya aspek costumer trend merupakan salah satu aspek yang turut berpengaruh pada pola perilaku konsumen (costumer behaviour) yang secara tidak langsung juga akan berdampak kepada para pelaku bisnis yang memanng menjadi bagian penting dari konsumen itu sendiri.

Nah langsung saja kita bahas kedua point tersebut, mengenai bagaimana melihat trend social media dalam bisnis dalam hal ini sebagaian pelaku bisnis melihatnya sebagai peluang namun disatu sisi bagi pelaku bisnis lainnya melihatnya sebagai sebuah ancaman. Monggo, dibaca saja.

1. Trend social media sebagai peluang

Ada dua hal penting yang akan dibahas dalam konteks melihat trend social media sebagai peluang, pertama adalah dari segi konsumen yang mengalami pergeseran perilaku konsumsi diantaranya adalah berbelaja secara online (membeli sesuatu melalui social media), kedua adalah mereka senang sekali untuk share (berbagi) mengenai sesuatu hal yang sangat mereka sukai kepada temannya, salah satu contoh ketika seorang wanita melihat sebuah produk tas yang lucu kecenderungan paling besar mereka akan share konten tersebut kepada temannya, dengan demikian efek promosi viral akan semakin besar dan meluas terlebih jika disertai testimonial positif dari konsumen yang sudah membeli akan menjadi sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis.

Konteks kedua adalah dari segi pelaku bisnis, dimana dalam hal ini adalah banyak bermunculannya pelaku bisnis baru #startup yang memanfaatkan fungsi social media yang pada awal kemunculannya sebagai jaringan pertemanan kini menjadi jaringan bisnis.

Memang tidak heran kenapa social media dipilih oleh banyak orang sebagai channel penjualan, pertama karena social media menawarkan cost yang sangat murah bahkan cenderung gratis, namun dibalik sebua itu menawarkan impact yang sangat besar bagi penjualan karena salah satunya adalah market share yang luas. Sehingga social media merupakan momentum besar bagi para digitalpreneur untuk muncul bahkan mengembangkan bisnisnya lebih besar dari sebelumnya.

Nah dari kedua hal tersebut, kita bisa menyimpulkan bersama mengenai trend social media sebagai peluang disini adalah ketika seseorang berhasil menjadikan social media sebagai peluang bisnis, dengan berkaca pada kondisi trend social media di kalangan konsumen dan perubahan pola konsumsi masyarakat dikarenakan impact social media ini, kedua peluang social media sebagai channel pemasaran yang murah khususnya bagi para startup business yang terkendala dengan masalah modal.

2. Trend sebagai ancaman
Bagaimana dengan trend social media sebagai ancaman? Bagaimanakah ancaman yang dimaksudkan? adalah trend munculnya pesaing bisnis baru khususnya para startup business yang menggunakan social media sebagai channel pemasaran, karena seperti diketahui dan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa social media merupakan media penjualan yang sangat low cost namun high impact.

Nah dengan kondisi tersebut, kemunculan para pesaing baru ini tentunya menjadi semakin serius ketika memiliki advantage dari segi cost dan varian produk yang biasanya lebih murah dan lebih banyak dibandingkan pelaku bisnis konvesional (non social media), dan tentunya ini menjadi ancaman bagi pelaku bisnis konvensional.

Dengan demikian salah satu upaya dalam mengatasi ancaman ini tentunya adalah dengan melakukan penyesuaian  bisnis konvensional yang sudah dijalankan menjadi goes online salah satunya melalui pengembangan dan pemanfaatan social media sebagai chanel pemasaran, karena jika tidak melakukan hal tersebut hanya akan ada dua hal, pertama bisnisnya tergerus oleh para startup business yang bermunculan, kedua kalah langkah karena pesaing mulai bergerak ke online untuk menyesuaikan dengan consumer behaviour netizen saat ini.

Ancaman atau peluang? Bagaimana Brand bisa memanfaatkan dan beradaftasi dengan media ini tentunya.

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant 

Comments

sibogalakon said…
sepakat, tentunya segala hal pada dasarnya selalu bagaikan dua sisi mata uang, dan masing-masing memiliki resiko dan result tersendiri, tinggal selanjutnya langkah mana yang dipilih.

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online