Jul 1, 2016

4 Media Iklan yg Power Full Untuk Brand

"kang kok bisa iklan akang muncul di Intagram yah? Dan udah beberapa kali saya liat dalam minggu ini munculnya, Saya juga mau dong kang muncul iklan seperti itu, sepertinya keren kalo Brand saya bisa muncul seperti itu di IG"

Lah ini saya kadang-kadang bingung dengan banyak pemilik brand, sampai segitu ga taunya soalnya iklan online apa yah hehe #BecandaAh. Bukan karena saya update juga dengan berbagai media online ads yang ada tapi selain dulunya pernah punya #AhensiDigital yang malang melintang ngurusin klien di Indonesia (sekarang dah pensiun), saat ini juga ada tim yang selalu kasih update soal media online di kantor.

Tapi ga ada salahnya deh kali ini saya berbagai 4 media iklan yang bisa digunakan untuk membangun brand dan bahkan meningkatkan penjualan brand kita, sebelumnya mohon maaf buat para senior digital yah, ga usah dibaca artikel ini, bahasannya #Cetek banget dan ga level tentunya buat level pakar-pakar digital hehe, cuma saya berharap mungkin ada beberapa pembaca yang mendapatkan manfaat dari sharing artikel ini.

Ok Let's go



1. Intagram Ads
Loh bisa yah pasang iklan langsung ke Instagramnya, yah biso nduk, udah jaman kucing terbang bisanya hehe. Nah enaknya pasang iklan yg resmi seperti ini kita bisa melakukan segmentasi market mana yang ingin kita tuju, daerah mana, umurnya berapa dan segmentasi lainnya yang bisa kita lihat di dasboard IG nya.

Pusing? kalo saya disuruh pasang sendiri sih yah pusing hehe, sebaiknya gunakan saja Agency yang udah biasa pasang sehingga ga pusing, tinggal tetapkan ajah budet yang ingin kita pasang berapa and done (Plus fee dan tax tentunya hehe)

INGAT
jangan asal pasang yah, baca dulu ini USP http://creasionbrand.blogspot.co.id/2012/11/the-new-usp.html sehingga uang ga habis sia-sian nantinya dengan pasang iklan IG

Kartel Media. 0856 2098 784
http://www.kartelmediaplacement.com/

2. IG Buzzer
banyak ini mah yang sering melakukan, prosesnya simple ajah, misalnya kita lihat Artis or IG A yang followernya buanyakk banget, nah kita kontak ajah melalui IG or emailnya biasanya yang mereka sediakan, tanyakan tarif BUZZERnya (Inget jangan lupa nego-nego dikitlah, misal tanya kalo mau pasang 1x berapa? Nah kalo 5x bisa kurang ga? jangan langsung bilang mau pasang 5x hehe), habis itu deal-dealan bayar, kirim materi Done.

Ingat lagi USP sebagai guideline dalam membuat content, cuma saya kasih catatan di sini, kadang-kadang ga semua Buzzer bisa langsung dihubungi, nah kalo mau gampang gunakan lagi jasa Agency biar gampang.

Kartel Media. 0856 2098 784
http://www.kartelmediaplacement.com/

3. Facebook Ads
Loh bisa juga pasang iklan di Facebook? ini sih lebih nenek moyang lagi dari iklan Instagram yang juga punyanya facebook, variasinya cukup banyak salah satunya di samping ini.

Kalo punya produk makanan seperti rendang kemasan, cireng atao makanan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh atau dibeli online facebook ads ini sangat efektif loh berdasarkan pengalaman saya, jangkauannya cukup luas dan yang terpenting itu tadi misalnya target market kita Emak-Emak, nah kita bisa melakukan segmentasi iklan yang ditujukan khusus Emak-Emak, dewa banget khan.

Facebook seperti halnya Instagram juga bisa melakukan segmentasi iklan dengan cukup detail, misalnya saya mau iklan saya muncul di Manado ajah, nah bisa tuh lewat facebook dan jagan salah pengguna facebook saat ini masih sangat banyak dan aktif, emang sih banyak berita ga penting yang sering di share #Curhat wkwk.

Kembali lagi saya ingatkan untuk pelajari USP dengan baik dan kalo pusing bisa kontak nomor diatas, tinggal bayar dan pasang (-:

4. Google Ads
Nah contoh di samping adalah iklan google adword, di mana ketika saya mencari kata WISATA LOMBOK maka dengan serta-merta muncul beberapa iklan dari hasil kata kunci tersebut.

Implemtasinya gimana? Misal Kompetitor kita merek sepatu A, nah setelah kita cek di google trend misalnya ternyata banyak dicari oleh orang kata-katanya (bingung gimana google trend? yang di search dan baca or minta ajah agencynya analisain), nah karena banyak dicari jadi kita putuskan setiap orang yang ketik kata kunci SEPATU A maka muncul SEPATU X yang punya kita, langsung impact head to head, dan ingat harus kuat USP sehingga orang mau men klik dan masuk ke dalam link iklan kita.

Nah temen-temen sadar tidak, dari tadi saya sudah menjadi BUZZER tapi melalui media BLOG (Tulisan) dengan terus menerus mempromosikan http://www.kartelmediaplacement.com/ sebagai Agency yang mempermudah saya melakukan pemasangan iklan di online, karena saya promosikan maka imbal baliknya saya dapat SPOT iklan gratis dari mereka, Win Win Solution, artinya tidak selalu berurusan dengan buzzer harus menggunakan uang, tapi bisa juga dengan melakukan barter dan kerjasama dalam bentuk lainnya.

Misalnya, klo bisnis kita Sepatu or Kaos, coba undang buzzernya dan kasih Gift Kaos dan Sepatu biar mereka gunakan dan photo sehingga bisa ditampilkan di IG mereka, kalo misalnya punya produk makanan, coba di undang untuk icip-icip gratis.

Ah semoga tulisan ringan ini bisa sedikit memberi inspirasi dan menjadi ibadah ilmu, mohon doanya agar bisa terus berbagi secara rutin. Insya Allah.

1 comment:

tomyamkelapa bandung said...

Mantap suhu ilmunya ! Emang ahli masalah digital marketing nih bang rex ��

Btw, klo lagi laper bisa bang mampir ke Tomyam Kelapa di jl. Lombok no 47
" thailand food with local taste " see ya ������