Smart Tactic, Manfaatin Raksasa Buat Branding

Ada banyak cara untuk megembangkan bisnis kita menjadi lebih unggul dan kompetitif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan unsur-unsur yang berkaitan dengan perusahaan (C= Company) kita. Di samping itu, ada tiga cara untuk mengembangkan kompotensi perusahaan kita: mengoptimalkan kompetensi internal, membeli kompetensi baru yakni merger atau akusisi, dan membentuk aliansi strategis untuk mendapatkan banyak keuntungan bisnis. Dari tiga hal tersebut, apakah kita bisa menggunakan semuanya? Bisa saja. Balik lagi ke internal perusahaan itu sendiri. Apakah cukup kompeten untuk memaksimalkan strategi di internal dan juga eksternal.

Yang akan saya bahas di sini adalah mengenai cara Foodpanda mengembangkan bisnisnya. Baru-baru ini, Foodpanda mengumumkan bahwa dia resmi bekerjasama dengan Pizza Hut Delivery. Foodpanda merupakan sebuah portal online yang menawarkan delivery service makanan dengan melakukan pengorderan makanan via online. Foodpanda di Indonesia sudah bekerjasama dengan sekitar 500 resto di Indonesia. Dengan tujuan mempermudah konsumen resto untuk mengorder makanan, Foodpanda ini mulai 'menyalakan' delivery service melalui online.


Jika kita perhatikan, justru Pizza Hut Delivery ini sudah fokus ke pelayanan delivery. Tidak menutup kemungkinan bagi PHD pun untuk membuka layanan via online seperti yang dilakukan oleh Foodpanda. Namun inilah cara yang ditempuh oleh Foodpanda untuk mengembangkan bisnisnya. Apa hal yang sekiranya diuntungkan oleh Foodpanda dengan cara bekerjasama dengan Pizza Hut Delivery yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi perusahaannya? Yuk, simak.

1. Kompetensi Internal yang Memadai
Sebelum kita memiliki tujuan untuk memperluas target market, kita juga harus memperhatikan seberapa banyak jumlah produk yang bisa didistribusikan untuk bisa menjangkau luasnya market. Jauh dari pada itu, terlebih dahulu kita harus memperhatikan kemampuan perusahaan kita sendiri untuk bisa memproduksi apa yang kita jual. Oleh karena itu, sebelum memperhatikan strategi eksternal, kita harus memastikan bahwa kondisi internal perusahaan kita cukup memadai untuk mencapai target di eksternal.

Foodpanda fokus terhadap pelayanan delivery via online. Karena konsep bisnisnya yang fokus ke satu arahan, meskipun setiap restoran memiliki pelayanan delivery dan merambah ke bagian online, pasti tidak akan bisa sefokus yang dilakukan oleh Foodpanda yang notabene memang hanya menggeluti pelayanan delivery online. Semua unsur yang ada di perusahaan Foodpanda ini disetting untuk menyediakan pelayanan delivery online terbaik untuk konsumen makanan.

Dalam hal ini kita bisa menilai bahwa untuk urusan delivery online, Foodpanda ini bisa diandalkan. Dengan dia mengembangkan strategi bisnis dengan bekerjasama dengan Pizza Hut Delivery yang juga mengutamakan pelayanan delivery, itu artinya tim Foodpanda sudah cukup kompeten untuk bisa menggarap market online dari konsumen Pizza Hut Delivery.

2. Mengoptimalkan Awareness dari Brand Besar
Dengan bekerjasama dengan Pizza Hut Delivery, hal ini Foodpanda pun diuntungkan dari segi market share. Secara Pizza Hut Delivery sudah memiliki marketnya sendiri. Foodpanda hanya tinggal menggarap market yang sudah ada. Dalam hal ini, brand Pizza Hut Delivery pun bisa berfungsi sebagai ‘gula’ untuk menarik traffic ke portal online delivery service milik Foodpanda.

Pizza Hut Delivery yang nama brand nya sudah well-established di industri restoran bisa memberikan traffik tambahan yang menjanjikan kepada portal Foodpanda. Dari hal ini, Foodpanda membuat strategi dengan mengoptimalkan awareness yang dihasilkan dari brand besar seperti Pizza Hut Delivery untuk menarik traffic ke portal mereka.

3. Membentuk One Stop Food Delivery Services sebagai Aliansi Strategis 
Objektif yang disetting oleh perusahaan Foodpanda ini adalah ingin menjadikan Foodpanda sebagai portal website untuk delivery service online makanan terbesar dan terlengkap di negara dimana mereka mengembangkan bisnisnya.

Meskipun mereka hanya menyediakan jasa delivery bahkan bisa dibilang bahwa mereka ini menjual media di online, tetapi impression atau awareness yang mereka dapat akan sangat besar untuk menarik traffic dan memperluas jaringan audience mengingat banyaknya restoran yang mereka ajak kerjasama.

Dalam hal ini, mereka membentuk satu strategi dan kesepakatan dengan para restoran yang ada di Indonesia untuk menyerahkan urusan jasa delivery para restoran tersebut yang dilakukan secara online kepada Foodpanda. Dari hal inilah Foodpanda meraih keuntungan dari brand-brand yang mereka himpun dalam bisnis mereka.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Consultant

Comments

ranirano said…
Well, foodpanda emang cerdas banget dalam mengetahui kompetensi internalnya sendiri. membentuk aliansi strategis dari sebuah brand ternama seperti Pizza Hut dapat memunculkan sentimen positif dari pasar. At least, Foodpanda sudah sigap menghadapi perubahan di era sekarang ini, yaaa sudah banyak orang yg ingin serba diantar maksudnya, hehehe..
Anonymous said…
wah saya pecinta kuliner.. baru tau ada ini.. bermanfaat sekali :)
Anonymous said…
Wah.... update baru lagi untuk solusi kuliner :)

Shinta Margaret

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online