6 Tips Membangun Kepercayaan Konsumen

Mungkin banyak sebagian konsumen dalam menentukan dan memilih produk untuk dibeli dan digunakan bukan hanya melulu soal kualitas yang bagus dan brand yang terkenal, tapi mungkin saja karena penjualnya yang ramah dan menyenangkan.

Hehe. Banyak saya rasakan sendiri hal-hal seperti itu. Sama seperti halnya ketika saya membeli sebuah kepingan DV Film, saya akan lebih suka membeli di Penjual A, walaupun sebenarnya jumlah koleksi filmny nggak terlalu banyak tapi penjualnya sangat ramah dan informative karena dia paham betul perkembangan film-film baru yang ada, daripada saya harus beli ke penjual B, ya walaupun koleksinya lebih lengkap, dia agak jutek dan pelit informasi, apalagi kalo saya tidak membeli dan hanya Tanya-tanya saja.

Membangun kedekatan emosi itu menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam upaya meningkatkan penjualan untuk pengembangan bisnis dan brand. Bagaimana tidak? Dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, secara langsung akan membuat konsumen merasa senang dan tersolusikan sehingga loyalitas akan terbangun sendiri tanpa perlu repot-repot di drive kembali oleh si pembeli melalui . Hanya saja masih banyak beberapa penjual yang belum “ngeh” dengan hal yang ini, apalagi untuk skala bisnis kecil, masih banyak saja yang memiliki kualitas dan mutu pelayanan yang rendah.

Nah kali ini saya akan mencoba saling berbagi mengenai beberapa kiat atau tips trik yang bisa diterapkan untuk membangun kepercayaan konsumen dalam upaya meningkatkan penjualan: 6 kiat yang akan di share diantaranya :

1. Grab The Testimonial

Ini dia salah satu case yang menarik. Sebanyak apapun pengalaman dan expertise nya anda di bidang bisnis yang sedang anda jalankan, untuk awalnya konsumen akan selalu lebih percaya dengan apa yang dikatakan konsumen lain mengenai anda. Maka dari itu testimonial sangat penting dan dibutuhkan sebagai media referral yang bisa anda jual ke konsumen anda. Segera telepon konsumen-konsumen anda dan minta terstimonial mereka, jangan lupa untuk selalu meminta ijin ketika hendak di publish ke muka umum

2. Berikan sesuuatu yang berguna utk konsumen
Definisi berguna untuk konsumen tentu saja merupakan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh konsumen ataupun hal hal yang bersifat bonus untuk konsumen. Untuk beberapa kasus misalnya ketika anda menjual jasa konsultasi, secara Cuma-Cuma anda mengatakan akan memberikan sebuah ebook atau buku gratis mengenai langkah-langkah jitu membangun bisnis klien anda secara FREE, nah disini sisi emosional konsumen disentuk sedemikian rupa sehinggak konsumen akan merasa diutamakan dan diberikan pelayanan yang sangat baik.

3. Story Product is Important!
Daripada anda melulu membicarakan mengenai kelebihan produk anda dibandingakn dengan pesaing lainnya, akan lebih baik ketika anda bercerita kepada konsumen mengenai produk yang anda jual, apakah itu manfaat, fitur dan benefit yang bisa didapatkan oleh konsumen ketika menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.  Gunakan contoh kasus untuk menceritakan apa yang anda lakukan terhadap siapa dan perubahan dalam hidup atau bisnis mereka.

4. Memberikan Jaminan
Jika anda mampu memberikan jaminan lebih tinggi kepada konsumen, akan membuat konsumen menjadi lebih tenang, aman dan nyaman menggunakan produk yang anda jual. Adapun dengan ini jaminan yang diberikan konsumen harus selalu berbanding lurus dengan kemampuan yang anda miliki, tapi jika keyakinan anda sangat tinggi dengan jaminan yang anda berikan, akan lebih bagus outputnya untuk konsumen, sehingga konsumen akan merasa aman dan kembali menggunakan produk atau layanan yang ada berikan.

5. Permudah jalur komunikasi
Jika konsumen anda ingin mengetahui bagaimana caranya mereka untuk selalu berhubungan dengan anda melalui alat komunikasi dan lain sebagainya, jelaskan yang baik kepada konsumen. Karena sebenarnya tingkat kekhawatiran konsumen itu selalu tinggi, oleh karena itu dengan mempermudah jalur komunikasi anda dengan konsumen, konsumen akan merasa diutamakan. Cantumkan nomor telepon, email, website, social media dan jalur komunikasi yang banyak utk diberikan kepada konsumen baik itu di website, kartu nama dll.

6. Keep in touch, always!
Transaksi jual beli antara anda dengan konsumen tidak berhenti pada saat konsumen membayar atas jasa atau produk yang sudah diberikan. Akan tetapi memelihara komunikasi dan hubungan yang baik dengan konsumen merupakan langkah wajib yang harus dilakukan untuk membuat konsumen anda selalu merasa puas dan diperhatikan, tidak menutup kemugkinan pembelian secara sering dan terulang akan terjadi, bahkan mungkin dengan kuota pembelian lebih banyak daripada biasanya karena tingkat kepercayaan konsumen anda sudah sangat tinggi.

Nah itu 6 kiat dalam membangun kepercayaan konsumen, semoga bermanfaat

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant

Comments

Anonymous said…
Sangat bermanfaat tips2nya. Siap dicatat dan diterapkan

Thank you

Shinta Margaret
ranirano said…
iya setuju banget! bahkan ada slogan yang bilang kalau "pembeli menyukai penjual", ini akan jadi sebuah nilai yang akan terus men-engage pembeli dengan penjualnya. Sudah saya aplikasikan, dan it works!!
baju gamis said…
Mbak bkin artikel ttg copywriting donk :), saya suka gaya nulisnya...

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online