Skip to main content

5 Taktik Melesatkan Penjualan ala Angry Bird


Siapa sih yang nggak kenal dengan game Angry Bird? game yang menceritakan upaya sekumpulan burung yang menyerang sekumpulan babi diawali dikarenakan mencuri telur sang burung-burung tersebut. Siapa sangka Angry Bird di awal kemunculannya berhasil menarik perhatian semua orang tidak hanya kalangan anak muda saja namun juga para orang tua dibuat tertawa pada saat menikmati “kenikmatan” pada saat meluncurkan sang burung pada sekumpulan babi dalam upaya balas dendam karena telur yang dicuri.

Nah sebagai salah satu fans game Angry Birds yang saat ini sedang menunggu releasenya versi terbaru Angry Bird Star Wars #AngryBirdStarWars, melalui tulisan ini saya ingin berbagi sedikit pandangan mengenai upaya Rovio yang kini semakin melesat melalui game Angry Bird yang dikembangkan, nah kira-kira apa saja upaya yang sudah mereka lakukan selama ini hingga bisa melesat cepat seperti burung-burung yang mereka ciptakan?


1. New Version Release

Muncul pertama kali pada tahun 2009 game Angry Bird yang langsung mendapatkan hati di kalangan gamers tidak membuat Rovio terus berpuas diri, inovasi dan inovasi terus dilakukan dalam upaya memberikan sensasi experience yang lebih dahsyat kepada para fans Angry Bird diseluruh dunia.

Inovasi salah satunya dilakukan dengan mengeluarkan berbagai versi Angry Bird yang juga berhasil mengikuti sukses peluncuran Agry Bird. Versi Angry Bird Rio, Angry Bird Season, Angry Bird Space, dan Angry Bird Star Wars yang rencananya akan di publish 8 november 2012, menariknya selain itu juga Rovio mengembangkan sebuah game yang lebih memberikan experience dari sisi sang babi “bad piggiest” yang selama ini senantiasa menjadi bulan-bulanan kepuasan kita saat memainkan game Angry Bird.

2. Multi Platform
Rovio yang meluncurkan game Angry Bird dalam bentuk multi platform dengan demikian game Angry Bird ini bisa dinikmati oleh para fans mereka melalui perangkat PC (Windows Os), iPhone, iPad, Mac Osx, Nokia Device, dan Android, dengan demikian hal ini bisa menjadi solusi bagi para fans yang hanya memiliki platform tertentu.

3. Social Media Engagement
Social Media tidak hanya dijadikan media promosi saja oleh Rovio namun juga dijadikan sebagai media enggagement dengan para fans mereka. Melalui facebook dengan 21 Juta fans, Twitter dengan 500 ribu followers, dan official youtube rovio yang video-videonya di lihat oleh jutaan fans di seluruh belahan dunia dijadikan sebagai lahan berinteraksi dengan para fans.

Disini mereka melibatkan fans untuk berpartisipasi dalam memberikan ide dan masukan untuk pengembangan Agry Bird sendiri, salah satunya banyak bermunculan komentar dari para fans yang menginginkan Agry Bird dengan versi tertentu, dengan demikian inovasi yang dikeluarkan oleh Rovio sudah pasti mengena dengan emosional para fansnya.

4. Teaser
Suksesi Rovio dalam membangun merk Angry Bird saya nilai terlepas dari Inovasi dan kekuatan community enggagement via social media, juga dikarenakan strategi teaser yang digunakan. Salah satunya dengan Angry Birds Starwars yang akan release 8 november 2012, rovio rajin mengeluarkan teaser untuk dijadikan lahan word of mouth.

Melalui  angrybirds.thublr.com rovio mengajak para fans untuk melakukan vote memilih sisi Rebellion atau Empires yang selanjutnya terhubung dengan social media, melalui twitter rovio rajin melakukan teaser melibatkan para followerrnya dengan #AngryBirdStarWars, melalui youtube video trailer Angry Bird Star Wars ini dilihat sekitar 3 juta viewer, selain itu jga rovio melakukan sebuah gebrakan ambience media Angry Bird Star Wars teaser di kawasan In Time Square – New York United States.

5. Character Lisense
Sukses menuai pujian dan meraih hati para fans, Angry Bird yang namanya semakin mendunia ini sudah pasti menjadi incaran para brand-brand besar untuk menggunakan lisensi trademark Angry Bird untuk digunakan dalam produk-produk mereka. Sederhana saja dengan popularitas Angry Bird yang semakin memuncak membuat para pemilik brand berlomba-lomba ingin mendapatkan lisensi penggunaan trademark Angry Bird yang dinilai bisa mengangkat popularitas dari brand mereka sendiri.

Hal ini selain menguntungkan dari sisi biaya lisensenya untuk Angry Bird juga tentunya semakin membuat brand ini terkenal di berbagai belahan dunia karena aktivitas yang dilakukan oleh brand yang memegang lisensinya tersebut.

Creative Sales Credo #3

sumber gambar:
zero-lives.blogspot.com
blogs.independent.co.uk

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…