Jul 20, 2013

5 Kiat Sukses Usaha Kecil

Bermimpi buat jadi pengusaha? Siapa sih yang nggak mau. Setiap orang yang bukan pengusahapun setidaknya pernah berpikir untuk jadi pengusaha. Lihat saja dalam kurun 3 tahun terakhir ini, di Bandung saja setidaknya sudah mulai menjamur pengusaha-pengusaha baru baik dari bisnis kecil, menengah dan besar.

Perkembangan bisnis dan teknologi saat ini memang secara tidak langsung mengubah paradigm cara berpikir manusia mengenai pola pemakaian dan pemanfaatan teknologo yang digunaka, sehingga salah satunya muncullah bisnis online yang bertebaran di facebook dan media internet lainnya.

Dengan didukungnya semakin bertambah banyaknya orang yang mulai membangun usaha, mulai banyak juga bertebaran aktifitas training dan seminar yang mengangkat dan mengusung tema sukses jadi pengusaha, entrepreneurship dan lain lain.

Tidak main-main harganya bisa dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Tapi sebenarnya apa sih yang perlu diperhatikan secara mendalam ketika kita ingiin ikut terjun menjadi pengusaha dengan memulai bisnis kecil-kecilan? Karena menjamur dan bertambahnya pebisnis-pebisnis baru diiringin juga dengan bertambah banyaknya pengusaha-pengusaha yang gagal dalam membangun bisnis. Namanya bisnis untung rugi itu biasa #katanya.

Nah berikut ini saya mau bagi-bagi tips lancer dan sukses dalam membangun usaha kecil-kecilan.

1. Mulai dari kesenang pribadi

Semakin orang senang dengan aktifitas yang dilakukan, semakin akan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Contohnya , ketika anda mengabiskan uang ratusan ribu bahkan mungkin jutaan rupiah untuk mengkonsumsi game selama satu bulan , kenapa tidak anda coba akomodir itu dengan memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dengan membuka took peralatan game seperti playstation misalnya.

2. Pahami bidang usaha
Tentu saja menyenangi bidang usaha yang sedang kita jalani itu tidak cukup untuk membuat bisnis berjalan tahan lama. Dengan mempelajari bidang usaha yang anda jalani dapat membantu dan memudahkan anda dalam menjalankan bisnis yang anda jalani, apalagi jika ditambah dengan pemahaman program – program promosi dan penjualan yang bisa di optimalkan untuk bidang bisnis anda. Beberapa elemen yang perlu dipahami adalaha
1) Product
2) Konsumen (Need, want, expectations)
3) TWOS (Thread, Weakness, Opportunity & Strength)

3. Planning
Semua juga butuh rencana. Sama halnya dengan bisnis. Hidup tanpa perencanaan akan dibuntuti dengan penyesalan. Bisnis tanpa perencanaan akan dibuntuti dengan kebangkrutan hehe. Susun rencana kerja bisnis anda. Mulai dengan memetakan
1) Product (kelebihan, kekurangan dan diferensiasi produk dibandingkan dengan pesaing)
2) Place (Pemilihan lokasi yang strategis)
3) Price (Pricing strategy)
4) Promotion (program promosi yang akan dlakukan)
Alangkah lebih baik jika perencanaan kerja untuk bisnis anda disertai dengan GOAL SET dan KPI  (Key Performance Indocator) untuk membuat anda senantiasa konsisten untuk mencapai GOAL.

4. Your Customer is Your Consultant
Pembeli adalah Raja. Bener banget itu. Dengan memahami konsep ini lebih dalam, jadikan konsumen anda sebagai konsultan terbaik anda. Dengan mendengarkan apresiasi dari suara mereka, akan senantiasa membantu kita untuk mengakomodir apa keinginan konsumen dengan memahami need, want dan expectations konsumen mengenai brand anda.’

5. Internet Marketing
Wah jaman sekarang katanya kalo nggak online nggak oke  .. ya bisa dibilang gitu sih. Kalo para pesaing kita aja maen di online, kita kok nggak? Yaah. Disalip terus dong. Nah ini yang perlu diperhatikan oleh setiap pebisnis, perkembangan trend perlu senantiasa di perhatikan untuk menunjang aktifitas branding perusahaan. Contoh, pengguna facebook yang sudah sampai lebih dari 60 juta pengguna di Indonesia, kalo nggak kita yang ikut trend jualan di facebook, maka pesaing anda yang akan salip anda duluan

Nah berikut diatas beberapa tips untuk bisnis kecil-kecilan. Semoga bermanfaat ya.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Consultant 

Sumber gambar:
forbes

4 comments:

Rizkymamat said...

Dari artikel di atas terlihat beberapa unsur seperti Company dan Customer yang memang saling berkaitan. Dan mengetahui TOWS (Thread, Opportunity, Weakness, Strength) baik dari diri sendiri mau pun dari konsumen yang sedang difokuskan. Terima kasih Inspiratif!

Anonymous said...

"Wah jaman sekarang katanya kalo nggak online nggak oke" wah.... hebat banget nih kalimat. Saya sangat setuju dengan pernyataan ini, ga oke nya mungkin bisa diterjemahkan menjadi: klo ga on line mungkin kita akan kehilangan banyak opportunity :)

Shinta Margaret

peri said...

Jangan lupa buat forecasthing dan yang penting konsisten ngejalanin bisnisnya :)

Nano said...

Sip..jadi semangat lagi bwt jualan..makasi tips2nya mas