The Secret Ingredient is... Nothing!


Mr. Ping: The secret ingredient is... nothing! 
Po: Huh? 
Mr. Ping: You heard me. Nothing! There is no secret ingredient. 
Po: Wait, wait... it's just plain old noodle soup? You don't add some kind of special sauce or something? 
Mr. Ping: Don't have to. To make something special you just have to believe it's special. 
Po: There is no secret ingredient... 

Nah ingat percakapan di atas? Yah percakapan Po (Kungfu Panda) dengan ayahnya ketika Po bertanya apa resep rahasia dari Noodle Soup yang dibuat oleh ayahnya. "There is no secret ingredient", untuk membuat sesuatu yang sukses kita hanya perlu percaya bahwa hal tersebut akan menjadi sukses, mengapa percaya itu penting? Karena dari rasa "percaya" inilah kita bisa mendrive tenaga, pikiran, uang dan komitmen untuk mencapainya.

Kebetulan saya mengelolah satu akun bisnis di twitter di mana pertanyaan tentang rahasia untuk bisa menjadi pengusaha sukses selalu menjadi top question seolah-olah ada sebuah rahasia bagaimana "sukses" itu bisa dicapai. Anda akan kecewa dengan jawabannya karena akan berkisar pada Niat, Belajar, Komitmen, kerja keras dan Doa. Intinya sama seperti yang dikatakan ayah Po, tidak ada secret ingredient, kita hanya perlu percaya apa yang kelak kita akan jalani akan sukses.

Oke dalam konteks lain, mengapa sih kita beribadah? Sholat 5 waktu, ke gereja di hari minggu atau berdiam diri di Hari Nyepi, mengapa? Yak karena kita "percaya" itulah yang menjadi kewajiban kita kepada yg di Atas dan atau semua yang kita lakukan tersebut kita "percaya" bahwa kelak ada ganjaran yang setimpal yang diberikan yg Di Atas untuk kita.

Nah jalan menjadi pengusaha adalah masalah "percaya", yah percaya kelak kita akan sukses, bisa memberi nilai tambah kepada masyarakat, bisa pensiun dini dan bisa bersantai di hari tua tanpa tergantung dengan uang pensiun (apapun yang kita percaya you name it). ITU dulu yang dibangun ketika ingin menjadi pengusaha sukses "percaya bawah kita akan sukses". Jadi bangunlah dulu "percaya" ketika memutuskan untuk mencoba menjadi pengusaha, jangan ada sedikitpun keraguan karena jalan ini lebih banyak terjalnya, lebih banyak dukanya dan lebih banyak rintangannya untuk kelak bisa sukses.

Nah percaya ini modal utama, modal selanjutnya apa? Yah seperti yang sudah saya katakan, tidak ada resep rahasia, modal selanjutnya Anda semua pasti sudah tahu bagaimana untuk bisa menjadi pengusaha sukses mulai dari Ilmu, relasi, inovasi, doa, sedekah dan berbagai hal lainnya yang penting untuk kesuksesan bisnis kita, tergantung pada definisi "sukses" bagi kita pribadi. 

So tidak ada rahasia untuk menjadi pengusaha sukses, you just have to believe it than just do it.


Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online