Skip to main content

Sonny Angel, Bugil Tapi Gemesin

Beberapa minggu yang lalu teman saya sedang suka-suka nya mengupload foto sebuah boneka lucu yang dikondisikan sedang melakukan aktifitas di akun instagram nya. Keasyikan teman saya ini ternyata bukan hanya karena dia memang suka dengan boneka lucu ini, tapi ternyata karena ada kompetisi foto dengan boneka ini yang digelar oleh official akun nya di Instagram. Karena penasaran, maka saya pun langsung ke TeKaPe untuk sekedar kepo, pengen tau apa sih yang bisa membuat teman saya ini tergila-gila dengan si boneka satu ini, padahal nama boneka ini juga biasa saja (Sonny Angel), tidak terlalu lucu juga sih.

Sonny Angel ini berbentuk minifigure seorang anak laki-laki seperti bayi yang menggunakan topi dengan tema macam2, ada binatang, tumbuh2an, buah2an, dll. Hebatnya lagi di Indonesia Sonny Angel belum mempunyai toko resmi, sehingga boneka ini bisa dibeli lewat internet ataupun konsep store, itupun dengan varian yang terbatas, tidak terlalu banyak. Jadi untuk pecinta boneka ini jika ingin membeli boneka ini cukup sulit, dengan memesan ke OL Store yg official maupun yang tidak official, ataupun jika memang beruntung di beberapa konsep store bisa dijumpai si boneka Sonny Angel ini.

Hebatnya, si komunitas ini seperti nya cukup loyal, terbukti dengan harga mini figure senillai 70 ribu rupiah (menurut saya agak mahal sih), para kolektor ini memiliki lebih dari satu minifigure. Atau jika kita lihat ke OL Store official nya, harga nya bisa mencapai 472 yen (senilai 55 ribu rupiah) untuk koleksi yang umum, dan 525 yen (senilai 61 ribu rupiah) untuk special edition collection (misal seperti Christmas Collection & Chocolate Edition), masih belum ditambah ongkir (ongkos kirim).

Walaupun di negara asalnya (Jepang) boneka ini sudah berumur 10 tahun sejak tanggal diluncurkannya, tapi seperti nya di Indonesia boneka ini sudah cukup digemari, hanya saja mungkin karena distribusi nya yang masih jarang, maka minifigure ini hanya beredar di komunitas tertentu saja. Saya melihat ada beberapa hal unik yang bisa kita pelajari dari si Sonny Angel ini:

1. Series & collection

Saya jadi ingat cerita dari dosen saya sewaktu kuliah: “Kalo kita kolektor sebuah benda, maka pasti kita “mirip seperti orang gila” Kenapa? Kita rela beli benda yang fungsi nya biasa saja hanya gara2 warna atau model beda dikit, dan cuma buat dipajang, dengan harga yang ga masuk akal. Dan hebatnya, cuma dengan memandangi atau usap-usap benda itu, kita bisa happpyyyy banget. Hahahaha.... setelah direnungkan, ada benarnya, kalau kita sudah menyukai dan mengkoleksi benda tertentu maka kita rela ngeluarin banyak uang demi beli series nya.
Langkah ini mungkin yang mendasari penggagas minifigure ini, padahal si Sonny Angel nya selalu hadir dengan pose dan ukuran yang sama percis, yang berbeda hanya topi yang digunakan. Hanya untuk special edition si boneka ini ada yang menggunakan baju.

Sebenarnya langkah ini sudah seringkali dilakukan oleh produk2 koleksi maupun produk retail sekalipun. Dalam Creative Sales Method kami menyebut nya Product Tactic dengan menciptakan banyak variant, sehingga menciptakan kebutuhan bagi kolektor untuk membeli lebih banyak, coba bayangkan jika si minifigure ini dibuat dengan 1 model yang persis sama, maka strategi yang dilakukan harus menciptakan kebutuhan se banyak2 nya, dan rasanya seorang kolektor biasanya tidak membeli sebuah produk dua kali dengan model yang sama persis.

2. Limited edition
“I’m not common, I’m limited edition” sepenggal kalimat Joke ini jika direnungkan ada benarnya, hahahaha.... tapi saya sedang tidak ingin membahas tentang meme yang sekarang sedang marak di dunia on line. Lebih ke pesan nya, kalau kita punya kesempatan memiliki benda yang limited edition, maka seperti nya kita punya kebanggaan sendiri. Coba kita bayangkan kalau suatu saat kita bisa memiliki benda yang hanya ada 1 atau hanya ada 10 buah di dunia ini, sound so cool..

Strategi Promotion Tactic - Serial ini memang sangat cocok untuk diterapkan pada produk2 yang memiliki karakter collectible product, Sonny Angel telah beberapa kali mengeluarkan Special Collection Edition: Valentine/Chocolate Edition, Christmas Collection dan Easter Collection. Sedangkan untuk collection yang lain tetap bisa dibeli kapanpun (tidak terbatas).

3. Blind Box & Buy More 

Saya pernah mendengar istilah “penasaran=pemasaran” dari salah seorang pakar SEO, beliau mengatakan bahwa terkadang aspek penasaran bisa dijadikan faktor penentu pemasaran, misal ketika “heboh” demam tongsis, karena penasaran dengan apa itu tongsis, maka teman2 saya banyak yang mencari tongsis dan membeli nya karena penasaran.

Strategi Sonny Angel ini bisa dibilang unik, karena jika kita membeli minifigure ini, kita tidak bisa memilih dengan pasti item yang kita beli yang mana, karena setiap minifigure memang dibungkus dengan kotak yang tertutup, yang disebut “Blind Box” (jadi kita tidak bisa melihat isi dalam nya), yang bisa kita pilih hanyalah kelompok series atau collection nya, sampai saat ini ada 7 series umum: Animal Series Ver. 1, 2, 3, 4, Fruit Series, Vegetable Series & Marine Series, dan Christmas Series 2013, dan terdapat beberapa seri collection special edition (seperti: Christmas Edition & Valentine/white chocolate edition). Tapi jika kita membeli langsung 1 collection series (misal: Vegetable Series), yang terdiri dari 12 buah minifigure, maka kita PASTI mendapatkan 12 minifigure yang berbeda.

Strategi ini memunculkan kecenderungan untuk Buy More, karena jika memang ingin pasti memiliki mini figure yang berbeda di satu series, maka akan lebih “aman” membeli sekaligus 12 buah, karena jika membeli langsung 12 buah maka minifigure yang diperoleh akan berbeda, sedangkan jika kita membeli satuan, sangat mungkin sekali kita memiliki 2 buah minifigure yang sama jika kita membeli di series yang sama.

4. Viral Activation

Distribusi yang belum luas bisa jadi merupakan pilihan bagi Sonny Angel Indonesia untuk memasarkan produk nya hanya melalui media-media on line, bahkan hanya melalui On Line Store. Jika kita mengintip sedikit ke channel social media yang dimiliki Sonny Angel Indonesia, mungkin aktifitas yang paling aktif dilakukan hanya melalui akun instagram dan facebook nya, sedangkan akun twitter nya hanyalah posting otomatis dari instagram.

Pada akun instagram nya, Sonny Angel mengadakan kompetisi posting foto dengan hastag #SonnyAngelIndonesia & #SonnyAngel5get1, dimana setiap hari nya akan dipilih pemenang 1 hari 1 pemenang, setiap pemenang dalam 1 hari mendapatkan 1 point, jika ada yang berhasil mengumpulkan 5 point, maka boleh ditukarkan dengan hadiah 1 buah gratis mini figure. Kompetisi ini mau tidak mau membuat para kolektor yang memang sudah terkumpul di Instagram belomba-lomba untuk berkreasi dan memposting minifigure tersebut dengan berbagai pose dan konsep. Dan hal ini turut menciptakan viral di instagram.

Sumber Gambar:
http://www.sonnyangel-store.com/e/guide/about_sonnyangel.html
http://instagram.com/sonnyangelindonesia
http://msliaoctaviani.blogspot.com/2013/04/sonny-angel-kewpie.html

Comments

Anonymous said…
Ternyata kalo punya barang koleksi berseri adalah sebuah trik ya untuk membuat kita beli lebih banyak.
Iya juga sih kalau lihat produk2 retail aja, klo ada special edition biasanya diserbu sama penggemarnya

Shinta Margaret

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…