Jun 19, 2013

Jasa Antar Pizza Via DomiCopter “Helicopter”

Apa sih musuh terbesar dari sebuah jasa antar? Pasti macet. Jasa antar memang mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di jalanan seperti ban bocor, cuaca buruk atau kecelakaan di jalanan. Namun pastinya jika hal tersebut terjadi, maka anggota lain yang ada di tim tersebut bisa mengganti peran pengantar sebelumnya. Lain halnya jika menghadapi kemacetan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh seorang pengantar jasa antar adalah menghadapi kemacetan tersebut dan menerjangnya. Namun bagaimana jika sebuah bisnis bisa memberikan pelayanan jasa antar kepada konsumennya dengan menggunakan helicopter yang bebas hambatan dari kemacetan? Wih. Seru, ya!

Kalau softrinknya ada Coca Cola yang selalu memberikan inovasi terbaru, untuk pizza ada Domino’s. Kali ini Domino’s membuat sebuah konsep yang sangat kreatif. Seperti memecahkan sebuah masalah terbesar yang dihadapi oleh pelayan jasa antar: kemacetan, kini Domino’s membuka pelayanan jasa antar melalui DomiCopter. Melalui konsep pelayanan jasa antar terbaru yang dikembangkan oleh Domino’s, mereka menjanjikan kecepatan pelayanan antar nomor satu dibandingkan dengan jasa antar lainnya.


Dengan nama program yang baru saja diluncurkan ini yang diberi nama “DomiCopter – taking delivers to new heights”, Domino’s merekam bagaimana pengantaran pizza mereka dikirim via DemiCopter melalui sebuah video di Youtube dengan nama DemiCopter Test Delivery.



Tujuan dari konsep jasa pengantaran ini dikembangkan berujung kembali kepada peningkatan sales. Dengan langkah awal untuk menangkap awareness calon konsumen dan atau me-maintain loyalitas dari konsumen yang ada, hal tersebut pastilah balik lagi ke arah meningkatkan penjualan mereka. Tapi eitss ini baru Mockup sepertinya di UK untuk kepentingan promosi, namun ok lah kita tetap bisa ambil beberapa point jika kelak nantinya memang bisa diimplementasikan di banyak tempat.

1. Problem Solving
Sama halnya pada saat kita memutuskan untuk membangun sebuah bisnis. Ide pertama yang muncul mengapa kita memilih sebuah jenis bisnis pasti karena kita menemukan sebuah masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat yang menjadi target market kita dan kemudian produk yang diproduksi diharapkan akan menjadi solusi bagi mereka yang menghadapi masalah tersebut. Akankah bisnis itu berjalan dengan sukses? Jika produk yang diproduksi menjawab kesulitan atau masalah yang dihadapi oleh target market kita, minimal disitu kita sudah memiliki peluang besar untuk bisa bertahan. Hanya ke depannya, kita tinggal menyiapkan strategi untuk bisa mengembangkan bisnis tersebut.

Begitupun yang dilakukan oleh Domino’s dengan peluncuran pelayanan jasa antar via helicopter ini. Sampai saat ini, kemacetan memang menjadi musuh nomor satu dan yang paling utama dalam pengantaran produknya untuk sampai ke tangan konsumen. Sejak jaman dahulu, Domino’s memang brand yang bukan cuma meningkatkan kualitas produk tetapi juga pelayanannya.

Konsisten dengan jasa antarnya, Domino’s selalu mengembangkan strategi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan jasa antarnya. Dengan me-launching konsep pelayanan jasa antar melalui helicopter ini, Domino’s memberikan sebuah solusi terhadap masalah yang sampai saat ini masih berkutat mengenai kemacetan. Apakah konsep ini benar akan meningkatkan penjualan? Kalau saya memposisikan diri sebagai konsumen dan saya menginginkan pizza, saya pasti akan lebih memilih Domino’s dengan kelebihan pada pelayanan jasa antar.

2. Costumers’ Satisfaction Focused
Beberapa pepatah mengenai bisnis mengatakan bahwa bisnis itu bukan soal kesukaan pemiliknya, tetapi soal kepuasan pelanggannya. Berbisnis itu harus memperhatikan unsur “what’s for them”. Apa yang akan konsumen kita dapatkan dari produk yang kita tawarkan. Jelas saja, karena sumber pendapatan kita adalah dari konsumen. Jika bisnis kita terlalu fokus terhadap kita sendiri sebagai pemiliknya, maka kepuasan yang muncul hanyalah kepuasan sendiri. Sedangkan dalam berbisnis, kepuasan konsumen adalah yang nomor satu. Sehingga jika konsumen merasa puas, maka kita pun sebagai pemilik bisnis akan merasa puas.

Hal ini diaplikasikan baik oleh Domino’s. Brand ini memang sangat mengutamakan kualitas pelayanannya. Bukan hanya pelayanan jasa antarnya, namun pelayanan di tempat pun mereka kelola dengan sangat baik. Di Indonesia sendiri, outlet Domino’s sudah menampilkan layar dimana konsumen bisa mengetahui berapa lama mereka perlu menunggu pesanan mereka siap dihidangkan. Lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Dalam hal ini terbukti bahwa Domino’s sangat peduli terhadap kepuasan para pelanggannya. Me-mantain loyalitas konsumen bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selalu mengarah kepada kepuasan pelanggan adalah satu-satunya tujuan untuk bisa meningkatkan sales. Ingat. Pelanggan adalah sumber pendapatan kita, maka puaskanlah mereka.

3. Inovation for business sustainability
Pada saat  menonton videomengenai rekaman bagaimana Domino’s mengantarkan produk, ada banyak sekali komentar yang tertulis dari para viewers berkaitan dengan program pengantaran melalui helicopter ini. Bagaimana cara membayar pizzanya, bagaimana jika pizzanya terjatuh di tengah perjalanan, bagaimana jika alat pengantar DomiCopter tersebut dirusak oleh pembeli, dan bagaimana cara agar DomiCopter tidak diganggu atau mengganggu burung yang sedang terbang adalah beberapa komentar yang perlu dipertimbangkan oleh Domino’s.

Terlepas dari Domino’s akan merealisasikan masukan bermanfaat dari viewers yang ada di Youtube mereka atau tidak, dalam hal ini Domino’s menunjukkan sebuah keseriusan dalam me-mantain dan mengembangkan bisnis mereka. Dengan cara inilah Domino’s mempertahankan kelangsungan bisnis mereka. Inovasi yang mereka kembangkan inilah yang menjadi satu gambaran bahwa Domino’s ingin selalu tetap unggul di mata konsumennya. Tidak akan tidak meningkat sisi penjualan sebuah bisnis jika pelanggannya merasa puas. Betul, rekan-rekan?

1 comment:

Anonymous said...

Keren!!!
Baru tau saya ada jasa antar seperti ini.
Terima ksh Creasionbrand yang selalu update sama hal2 marketing

Shinta Margaret