Jun 24, 2013

13 Rahasia Kesuksesan Online Media Kampanye Ridwan Kamil

 Kemarin (23/06) adalah momen yang cukup mendebarkan untuk sebagian masyarakat Bandung yang menantikan hasil pemilu walikota dan wakil walikota Bandung yang baru. Hasil data quick count terakhir dari JSI menunjukkan bahwa pasangan Ridwan Kamil dan Oded berhasil melesat di urutan pertama dengan perolehan suara 45,98%. Terkait hasil resminya, kita akan menantikan pengumuman resmi dari KPU.

Namun terlepas dari berapa hasil akurat perolehan suara, ada hal yang ingin saya bahas melalui artikel ini yang menunjukkan kekuatan Online Media di balik kesuksesan kampanye Ridwan Kamil dan Oded (RIDO)

Banyak yang berpendapat bahwa “Indonesia belum saatnya percaya pada Media Online”. Hal ini seringkali menjadi pertimbangan para pebisnis dalam menentukan apakah mereka akan mulai melakukan investasi brand mereka melalui media Online. Dan semoga kita bisa belajar terkait pemanfaatan efektifas media Online dalam case study kampanye RIDO yang berhasil meraih impresi tertinggi di Social Media selama masa kampanye berlangsung.

1. Target Market yang Tepat
Keputusan penggarapan target market yang tepat adalah hal yang krusial di dalam sebuah bisnis, dalam hal ini kampanye RIDO diasumsikan sebuah usaha untuk meningkatkan keberhasilan penjualan produk sosok RIDO itu sendiri.

Walaupun masyarakat Bandung terdiri dari berbagai segmentasi yang beragam, namun Tim Sukses RIDO mampu memetakan segmentasi tersebut dengan tepat dan menciptakan program yang sesuai dengan segmentasi masing-masing. Hal ini penting mengingat tidak semua segmen dapat digarap dengan media yang sama dan dengan message yang sama.


Online Media dipilih sebagai media untuk berkomunikasi secara efektif kepada segmen anak muda yang memiliki peran yang cukup besar untuk menjadi influencers di lingkungan mereka masing-masing, minimal di lingkungan keluarga di rumah.

2. Integrasi Platform
Online Media tidak akan mampu meraih garapan yang maksimal apabila tidak memaksimalkan integrasi platform. Mengingat tidak semua orang berkumpul dalam 1 platform yang sama.

Integrasi platform yang digunakan oleh Tim Sukses RIDO mencakup website, blog, social media (Facebook, Twitter), online news portal dan mobile application. Masing-masing pemanfaatan platform dilakukan secara integrasi untuk memaksimalkan setiap fungsi tersebut.

3. Content is the king
Socia Media adalah media yang mudah untuk digunakan sekaligus di sisi lain memiliki resiko yang besar saat brand/akun Anda tidak mampu menyediakan konten yang menarik. Dalam hal ini tim online RIDO mampu untuk menyajikan berbagai konten Social Media yang menarik, berangkat dari minat dan isu yang hangat di antara target market.

4. Hashtags
Penggunaan hashtag yang konsisten menjadikan kampanye RIDO dari awal hingga akhir lebih efektif karena mampu menyambungkan berbagai konten yang terpisah menjadi suatu pesan besar. Contoh hashtag yang secara konsisten digunakan adalah #RK4Bdg dan #CintaBdg

Dalam hal aktivitas komunikasi bisnis/brand Anda, hashtag menjadi sangat penting untuk menanamkan suatu positioning tertentu pada brand Anda. Salah satu contoh yang saya temukan dari sebuah brand American Pillo di akun Twitter mereka menggunakan hashtag yang konsisten berupa #comfortsleep dengan tujuan untuk mengkomunikasikan campaign mereka.

5. Influencers
Jika Anda memperhatikan, di dalam rangakaian kegiatan komunikasi RIDO melalui Twitter, terdapat sebuah program “Twitalk” yaitu berupa program “talkshow” live melalui Twitter. Walaupun jumlah followers akun kampanye @RKBdg hanya sejumlah 3.000an followers namun mereka dengan sukses menciptakan viral dengan mengundang banyak influencer yang berpengaruh dan populer di Twitter.

Contoh beberapa yang menjadi narasumber Twitalk adalah @Subiakto dengan 47.000an followers, @enda dengan 115.000an followers dan @deelestari dengan lebih dari 700.000an followers. Hal ini memperlihatkan walaupun jumlah followers @RKBdg tidak banyak, namun saat Twitalk diselenggarakan, akan terjadi persebaran konten yang jauh lebih banyak dibandingkan jumlah followers mereka sendiri, karena terbantu dengan viralitas yang dilakukan oleh para influencer tersebut.

Dalam hal pengembangan aktivitas Social Media dalam bisnis/brand, influencer menjadi kunci penting untuk membawa brand Anda populer, terutama pada target market yang tepat.

6. Visual
Semakin lama Social Media semakin lengkap terkait fitur yang dapat digunakan. Contohnya saja dulu dalam hal posting gambar, Twitter masih menggunakan jasa pihak ketiga, namun sekarang dengan mudah kita bisa posting gambar dan bahkan mengedit warna dan ukuran dari gambar yang ingin kita share.

Belum lagi di Facebook begitu banyak fitur visual yang mendukung dalam hal persebaran konten. Yang menarik dari kampanye RIDO di Social Media adalah penggunaan visual yang beragam dan mendorong orang-orang untuk share. Konten berupa gambar terbukti memiliki daya tarik dan engagement yang lebih besar dibandingkan konten berupa tulisan.

7. Interaksi
Keunggulan dari Social Media adalah memungkinkan adanya interaksi. Dan konten yang diproduksi oleh tim Social Media RIDO sukses menciptakan berbagai trigger interaksi, sehingga para followers dan fans yang terkumpul tidak hanya sebagai “pembaca” tapi juga terbentuk menjadi the real community.

Social Media brand/bisnis Anda baru bisa dikatakan sebagai sebuah Online Community saat didalamnya tercipta sebuah interaksi. Interaksi tentu tidak bisa muncul begitu saja, namun peran brand sangat besar dalam menciptakan lingkungan interaktif melalui Social Media mereka.

Interaksi yang ditawarkan juga terlihat pada konsep mobile application yang dikembangkan RIDO. Yaitu bagi mereka yang mendownload mobile application tersebut, dapat melaporkan berbagai kondisi jalanan jelek, macet, fasilitas umum rusak, dll yang terdapat di kota Bandung. Pengembangan konsep mobile application ini tetap mengedepankan interaksi sebagai hasil akhir pengukurannya. Semakin orang berinteraksi, sudah pasti positioning ataupun informasi yang ia terima akan semakin dalam dan pada akhirnya engagement akan semakin kuat.

8. Gifts and Prizes
Jangan tabu terhadap hadiah! Sejauh ini hadiah terbukti masih ampuh dalam menciptakan sebuah interaksi. Saya memang pernah dengar tentang kampanye yang menyelenggarakan kompetisi sepak bola atau olah raga lainnya yang juga disertai hadiah. Namun yang dilakukan oleh RIDO menurut saya cukup unik, yaitu sebuah kompetisi foto yang juga disertai dengan berbagai hadiah yang menarik.

Tentu banyak yang mengikuti kompetisi untuk hadiahnya, tapi yang diinginkan adalah banyaknya partisipan. Walaupun di awal mereka memiliki niatan murni untuk memenangkan hadiah, namun benefit yang didapatkan dari seseorang mengikuti kompetisi tersebut sangat banyak. Diantaranya minimal mereka memikirkan apa yang harus mereka lakukan terhadap konsep foto mereka supaya mereka bisa menang (perlu diketahui bahwa konsep fotonya harus mengandung atribut RIDO, seperti nomor 4, hati, warna merah, dll); dan lagi dengan mereka ikut upload foto mereka melalui social media, teman-teman mereka pun bisa mendapatkan informasi tersebut (reach yang luas dengan biaya yang rendah).

9. Videos
Salah satu nilai lebih kampanye RIDO melalui media Online yang dinilai unggul dibandingkan berbagai kampanye yang pernah dilakukan di Indonesia adalah perihal konten video.

Konten video yang diproduksi tidak hanya menyampaikan sebuah informasi, namun juga mengemasnya dalam sebuah kreativitas yang pada akhirnya akan membentuk citra dari figur RK yang sedang dibangun. Dan ingat.. konten video saat ini tidak hanya bisa diakses melalui YouTube, namun berbagai intergrasi Social Media memungkinkan persebaran konten video yang sangat luas.

Salah satu conference Global Enterpreneur beberapa minggu lalu yang saya hadiri menyebutkan bahwa konten video adalah tingkatan konten tertinggi di Online Media dalam hal menyampaikan sebuah gagasan, lebih tinggi dari sebuah text ataupun gambar.

10. Have Fun
Selama saya mengikuti kampanye RIDO, yang saya temui adalah segala sesuatu tentang fun! Tidak ada orang yang tidak suka bersenang-senang, dan hal ini dipahami betul oleh tim sukses RIDO.

Contohnya saja konsep “pelaporan kondisi Bandung” melalui Mobile Application mereka disajikan dalam bentuk kompetisi, sehingga aktivitas untuk melaporkan kondisi Bandung tidak menjadi suatu hal yang membosankan atau membebani tetapi menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.

11. Virality
Berbagai kompetisi yang diselenggarakan tidak dilakukan dengan tujuan hanya supaya banyak peserta. Contohnya pada kompetisi foto melalui facebook yang melibatkan banyak orang di dalam foto tersebut. Konsep ini mengundang banyak sekali potensi viralitas. Semua orang di foto bisa di tag, bisa men-share dan bisa mempublikasikan foto tersebut seluas-luasnya melalui jaringan social media yang mereka miliki.

12. Bahasa Positif
Hal-hal positif akan menarik efek yang juga positif. Yang perlu dipelajari dari kehandalan tim Social Media RIDO mengelola konten mereka adalah dengan konsisten menggunakan bahasa-bahasa yang positif.

Tentu tidak semua konten baik untuk disampaikan. Contohnya saja dalam hal black campaign, namun bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi “aware terhadap black campaign” tersebut tetap disampaikan dengan bahasa yang positif. Hal ini terbukti sukses mendukung konsep pembangunan citra secara keseluruhan.

13. Product has always be the most important
Last but not least. Mau sehebat apapun konsep dan aplikasi strategi komunikasinya, jika sebuah produk tidak memiliki nilai jual maka akan sangat sulit. Melalui aktivitas kampanye RIDO kita bisa mengambil kesimpulan bahwa analisis produk dan keunggulannya penting untuk menjadi landasan.

Dalam hal pengembangan bisnis/brand Anda, Anda bisa menurunkan ide besar campaign dan konten Social Media Anda dari keunggulan /nilai jual produk yang Anda miliki.

Beberapa waktu lalu kita sempat digemparkan dengan kesuksesan JOKOWI AHOK mengambil hati para warga Jakarta. Dan di tahun 2013 ini kegemparan disusul dengan munculnya sosok di luar lingkungan politik yang berhasil memenangkan hati warga Bandung. Kedua kemenangan tersebut tidak lepas dari peran media baru yang semakin luas mendominasi masyarakat Indonesia, yaitu Online Media. So.. masih ragu investasi di media Online?

4 comments:

Anonymous said...

Diakui atau tidak diakui, porsi kekuatan social media dan online lambat laun mulai mendominasi semua aspek kehidupan kita.

Dan hal ini mulai dikendarai oleh para politisi, dimulai dari Obama (Amerika-Presiden), Jokowi (Jakarta- Gubernur)dan Ridwan Kamil (Bandung -Walikota), dengan skala yang ada bisa dilihat keampuhannya.

Jadi apakah Indonesia sudah siap dengan media online sebagai alat politik?

Shinta Margaret

Anonymous said...

Wah keren banget yah.. terintegrasi banget.. perlu dicontoh untuk para politis lain supaya pada saat berkampanye lebih out of the box lagi..

ranirano said...

saya selama 23 tahun hidup di dunia dan tinggal di Bandung, baru saya akui bahwa kampanye walikota yang satu ini emang paling juara. masuk ke setiap segmen, gak mudah dilupain, dan bikin saya sebagai warga Bandung ingin segera menikmati proses Bandung Juara.

Mhd Adi said...

permisi ya gan
okeyprofits
saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
deposit 10 USD untung 1,5% perhari
deposit 100 USD untung 2% perhari
dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
daftar dari url sya
http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
atau hubungi 087892336472 / 082166643133