6 taktik promosi untuk perempuan

Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman perempuan. Kalau diperhatikan dandanannya sudah jauh berbeda dibandingkan jaman waktu kuliah dulu, lebih fashionable dan nampak memakai atribut yang bermerk. Lalu tanpa diminta pun sambil ngobrol sesekali dia mengatakan merk-merk atribut yang dia pakai sekarang, mulai dari syal, jam tangan, sepatu sampai tas jinjingnya. Selain itu dia juga menyebutkan mana yang asli dan mana yang KW.

Saya hanya tersenyum saja menanggapi ceritanya, dalam hati saya berkata “sepertinya yang namanya perempuan memang ditakdirkan untuk punya naluri hobi belanja”. Karakter perempuan yang cenderung lebih emosional ga cuma dalam kehidupan sehari-hari tapi juga sangat terasa ketika berbelanja, coba deh diingat-ingat kita berbelanja lebih sering karena memang butuh atau cenderung lebih karena mendadak pengen aja? Kayaknya sh lebih sering mendadak beli karena ada promo yang menarik yah hehe.

Nah selain itu perempuan juga cenderung cerewet dan kalo sudah berkumpul dengan teman-temannya nalurinya adalah ngerumpi. Yup ngerumpi tentang apapun, mulai dari keseharian sampai urusan belanja-belanja ini.

Nah pada kesempatan kali ini, saya mau share nih 7 taktik promosi yang bisa kita manfaatkan untuk menggarap segmen perempuan.

1. Promo gratis

Siapa sih yang ngga suka kalau dikasih gratisan? Taktik promo yang satu ini biasanya menarik banyak orang untuk beli, apalagi perempuan. Yup kita bisa menggunakan taktik promo ini untuk meningkatkan penjualan. Misalnya nih produk kita jualan kerudung nah misalnya setiap pembelian kerudung item tertentu kita kasih gratis sebuah bros cantik.

2. Promo diskon
Taktik promo diskon ini bisa kita terapkan di momen-momen tertentu. Misalnya nih momen menjelang puasa dan lebaran dimana biasanya tingkat pembelian konsumen meningkat. Kita kasih diskon all item 50% atau bisa juga dengan penawaran membeli item tertentu dengan jumlah minimal yang sudah kita tentukan akan mendapatkan diskon. Dengan taktik promo diskon ini kita bisa mengharapkan konsumen untuk melakukan #buy more.

3. Promo voucher
Selain diskon hal yang menarik bagi perempuan adalah voucher. Yup misalnya nih setelah konsumen membeli 2 item senilai Rp 100.000 maka dia akan mendapatkan voucher senilai Rp 25.000. voucher ini dapat ditukarkan langsung sebagai diskon pembelian barang yang dibeli pada saat itu maupun ditukarkan dengan barang yang lain seharga voucher tersebut. Biasanya nih perempuan tuh suka penasaran deh kalo dapet voucher dan ngga ditukarkan.

4. Promo trial
Taktik promo trial ini akan membuat adanya customer experience. Misalnya kita punya bisnis spa, di hari tertentu kita membuka free trial untuk item tertentu. Free trial ini misalnya hanya untuk mahasiswa atau misalnya untuk karyawati. Tergantung dari segmen perempuan mana yang menjadi target pasar kita. Ketika mereka sudah merasakan ecxperience-nya mereka akan tergerak untuk ngerumpi ke teman-temannya dan akhirnya mencoba lagi bersama temannya untuk datang lagi ke tempat itu.#buy recommendation

5. Promo limited offer
Biasanya perempuan yang hobi belanja suka kalap kalau lihat barang bagus dan dia suka pasti dia langsung beli, padahal belum tentu itu masuk dalam list belanjanya. Nah apalagi nih ya kalau barangnya itu udah didiskon, dan dikasih batas waktu, kemungkinan besar dia tidak akan berlama-lama berpikir untuk mendapatkan barang yang dia inginkan.
#buy now

6. Promo package
Ngga semua perempuan emosional dalam berbelanja, banyak juga perempuan yang berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu, biasanya ibu rumah tangga penuh itung-itungan nih kalo belanja. Nah kita bisa terapkan taktik promo package. Misalnya nih kalau dia membeli satu toples kue seharga Rp 30.000 , tapi kalau dia membeli sepaket kue dengan isi 2 toples harganya jadi Rp 50.000. Dengan begitu dia bisa mendapat keduanya dengan harga yang lebih murah. Jadi kita tinggal membuat paket penawaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika mereka membeli satuan.

Creasionbrand I Creative Sales & Marketing Consultant

So, taktik promosi yang mana nih yang akan anda terapkan?

Comments

Anonymous said…
Perempuan memang sarang nya duwit... hahahaha.... maksudnya nya memang sering jadi sasaran target para penjual produk. Mau dari kebutuhan rumah tangga seperti mesin cuci ataupun produk yang emosional seperti perhiasan atau tas.

Shinta Margaret
Anonymous said…
keren mas memang menarik artikelnya
Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online