Jun 6, 2013

Sukses Gara-Gara Twitter

Wah udah nggak jelas aja nih judul artikelnya, hehhe. Apa sih yang jadi gara-gara dari Twitter? banyak banget!! Sampe banyak orang yang dibuat susah gara-gara twitter, senang gara-gara twitter, nggak aneh temen saya juga jadian sekaligus putus gara-gara twitter. ckck. Perkembangan Social Media memang makin bertumbuh setiap harinya, khususnya di Indonesia.

Beberapa hari yang lalu waktu baca salah satu artikel di internet tentang pertumbuhan Social Media di Indonesia, nggak heran banget kalo orang-orang di Indonesia jadi orang yang paling doyan nge-tweet no. 1 di Dunia! Nggak kebayang aja yah, ngocehnya tiap hari kayak gimana hehehe. Kota yang paling besar ocehannya itu di Jakarta, bahkan menurut informasi yang di dapet dari temen, popularitas televise udah kalah sama twitter di Jakarta. Ya wajar sih, gimana nggak tiap hari nongkrong di timeline banyak update berita lebih cepet.

Nah balik lagi ke gara-gara twitter, kemaren saya liat ada tukang becak di daerah rancaekek tiba-tiba jadi juragan keripik, yang awal mulanya jualan gorengan jadi juragan ayam goreng. Nahloh! Gara-gara twitter. yang udah keluar modal banyak buat dagang, jadi rugi terus-terusan juga gara-gara twitter :p. gimana enggak twitter buat dagang sama curhat disamain hehehe.

Anyway, kalo udah ngomongin twitter nggak bakalan ada habisnya. Sama kayak ngoceh, kalo udah hobi susah berhenti. Social media (khususnya twitter) yang berkembang di Indonesia ini bukan hanya sekedar platform social interaksi semata, selain itu fungsi dan peran dari twitter bisa di aplikasikan sebagai mesin pencari uang otomotis buat kantong Anda! *keren banget kayak MLM hehehe. Nah berikut ini saya mau share 2 kisah sukses pebisnis via twitter dengan strategi-strategi bisnis yang mereka lakukan, siapa tau ada yang bisa inspire Anda untuk melakukan yang lebih atau menciptakan ide ide baru.

1. Maicih – Reza Nurhilman (AXL)

Weis, siapa yang gak tau sama merk keripik ini. Keripik yang tiba-tiba booming di Bandung (pada saat itu) karena beberapa varian level kepedasan yang ditawarkan. Hebatnya nih keripik nggak punya toko, tapi si pemilik brand maicih ini pinter banget memanfaat kan platform social media sebagai channel bisnis yang bisa digunakan sebagai media komunikasi antara brand dengan konsumennya.

Dengan membangun komunitas di online, penyebaran yang sangat cepat disebabkan oleh aktifitas word of mouth yang dibangun oleh setiap personil di komunitasnya. Nah ini dia beberapa tips:

  1. Build Community (Bangun Komunitas)
  2. Gain Trust (bangun kepercayaan komunitas terhadap brand)
  3. Gain Loyalty (gimana nggak bakal loyal sih kalo orang udah percaya!)
  4. Word of mouth (buat orang mau membicarakan atau merekomendasikan brand Anda)
  5. Sustainability Activation (buat aktivasi-aktivasi yang berkelanjutan, baca: kalo promosi jangan nanggung, apalagi putus-putus ditengah jalan)
  6. Benefit for Community (tentu ini sangat penting untuk win-win solution dalam menghasilkan keuntungan di dalam bisnis)

2. Denny Santoso
Wah buat Anda yang suka bentuk badan dan concern sama kesehatan pasti kenal sama beliau. Selain aktif berkirpah di dunia online sebagai praktisi kesehatan, Denny Santoso juga berpartisipasi buat ngedukung orang-orang yang sehat dan mau kurus #ehh kayak saya, melalui beberapa produk yang ditawarkan.

Nah disini kehebatan beliau dalam meramu #creativesales alias strategi penjualan yang kreatif, aktifitasnya dalam pemasaran yang dilakukan di setiap tweet-nya tidak difokuskan pada “how to sell the product” tapi yang dilakukan beliau adalah “How to educate people to realize that health is important” sehingga orang secara alam bawah sadar akan merasa tersolusikan dan akhirnya trust dengan produk yang ditawarkan.

Beberapa insight yg bisa didapatkan:

  1. Educate your customer (berikan edukasi dan manfaat yang bisa didaptkan oleh konsumen
  2. The more you give, the more you get (ini dia, banyak ngasih manfaat sama konsumen, bakalan dapat banyak feed back positif dari konsumen) kalo liat di youtube, banyak banget video tutorial yang Denny Santoso berikan cuma-cuma.

Nah itu 2 contoh kisah sukses pebisnis Indonesia di twitter, mudah-mudahan bisa jadi penyamangat dan inspirasi Anda semua. Buat Anda yang baru mau mulai bisnis di online apalagi di twitter, jadi beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  1. Acquisition (perbanyak teman, follower dll)
  2. Engagement (Bangun kepercayaan, loyalitas dan kedekatan dengan konsumen)
  3. Berikan “nilai” kepada calon konsumen Anda
  4. Doa (banyak doa sama Tuhan, biar keinginannya kesampean) hehe

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner

1 comment:

Anonymous said...

Dua jempol untuk mas Axel dan mas Denny Santoso... kerennya mereka kepikir ya bikin bisnis dari social media. Padahal secara platform Twitter itu kan bukan untuk jualan... hebat!!

Shinta Margaret