6 Tips Instagram for Business

Kalo biasa ngomongin tips gimana memulai bisnis lewat Social Media Facebook dan Twitter, mungkin kali ini saya hanya ingoin sharring sedikit mengenai tips membangun bisnis lewat Social Media Instagram, karena dalam perkembangannya media ini juga salah satu media yang cukup favorit digunakan untuk bisnis selain Facebook dan Twitter, bahkan nggak jarang pelaku bisnis online mengkolaborasi tiga media tersebut sekaligus.

Nah kalo ngomongin Social Media for business, mau itu Facebook, Twitter, dan Instagram tentunya masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan membutuhkan sistem yang juga berbeda baik dalam eksekusi dan aplikasinya, walaupun memang untuk beberapa hal memiliki karakteristik yang sama hanya saja butuh sedikit penyesuaian.

Tulisan ini didasari dari sedikit pengamatan saya saja, mungkin masih banyak tips yang bisa dibahas namun semoga 6 tips ini bisa memberikan insight dan pencerahan untuk para digitalpreneur, Amin. So monggo dibaca saja.

1. Visual Is King
Some people say that “content is king”, well tentunya dong karena kalo kontennya nggak menarik jangankan orang mau klik mau baca aja udah males karena nggak menarik alhasil konten yang kita buat cuma numpang lewat di timeline. Nah karena kita sekarang ngomongin Instagram, content is king juga berlaku disini cuma memang konten yang dibuat lebih ditonjolkan pada aspek visual (gambar), mengenai kontek tekstual tentunya juga dibutuhkan namun biasanya informasi yang di share “straight to the point”, sebagai contoh kalo jualan baju langsung cantumin ukuran dan harga.

2. Hujan # (Hastag)

Nah kalo baca konten tekstual di Instagram, selain straight to the point juga biasanya juga “dihujani” banyak # (hastag). Misalkan salah satu brand produk busana muslim (hijab) menggunakan hastag #newarrival, #boutique, #event, #hijabhigh, #Hijab_trends, #hijabfashion, #voguehijabs, #islamicfashionistas, #style, etc. Nah intinya sih bukan berarti sembarang hastag kita masukin, akan tetapi hastag-hastag yang berhubungan dekat dengan bisnis kita, sebagai contoh bisnis hijab bisa mencantumkan hastag yang berhubungan dengan fashion, trend, dan komunitas, asal yang penting jangan lupa cantumin juga hastag brand kita.

3. Endors Artis For Boost
Tips yang bisa dipake untuk meningkatkan awarness (promo) yang massive dan juga memiliki impact dalam penambahan jumlah follower. Bagaimana caranya? pertama kita cari sosok influencer atau brand endorsers yang bisa kita endors, dan tentunya harus memenuhi syarat jumlah follower yang banyak dan sosok (profile) mereka sesuai dengan produk atau brand kita.

Kita kontek mereka untuk bersedia di endors oleh produk kita, nah feedbacknya biasanya yang di endors akan mengirimkan foto berikut testimoni berbau promo he4 dengan mention brand kita, sehingga makin banyak orang aware akan brand kita tentunya, cara sederhana dan murah namun impactnya besar.

4. User Generated Content
Nah penting juga bikin aktivasi kecil-kecilan yang tentunya melibatkan langsung para followers (konsumen) kita, istilahnya kurang lebih dinamakan user generated konten yang intinya mengajak followers terlibat aktif. Misalkan sebuah brand tas mengadakan aktifasi “show us your precious bag” dimana followers diminta menunjukan foto tas kesayangannya disertai alasan kenapa mereka menyayangi tasnya tersebut lewat Instagram, jangan lupa juga mereka diharuskan mencantumkan berbagai hastag, supaya orang lain juga bisa kasih komentar. Most unique statement & favorite pic misalkan akan diberikan hadiah tas dari brand kita sebagai hadiah.

5. Unique Weekly / Monthly Themes
Biasakan juga kita bikin tema-tema yang menarik setiap minggu atau setiap bulannya, nah ini sangat penting khususnya untuk bisnis berbau fashion nih, cuma nggak menutup kemungkinan juga untuk bisnis lainnya juga menerapkan tema unik yang bervariasi sehingga followers nggak akan bosen, dan tema-tema ini bisa dikolaborasi dengan berbagai aktivasi yang diselenggarakan. Supaya lebih mengenai ke konsumen, kita juga harus riset kecil-kecilan trend atau interest yang lagi in di konsumen kita, misalkan lagi trend fashion dengan motif bunga-bunga yang bikin tema, aktivasi, dan hastag bertemakan bunga.

6. Consistency Is A Key
Kalo point yang ini sih kayaknya sudah hal yang lumrah wajib dilakukan siapapun yang bisnis online nggak cuma lewat Instagram aja. Intinya kuncinya adalah konsistensi karena dalam online nggak ada yang instant semuanya membutuhkan proses panjang dan kesabaran.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner

sumber gambar:
shoutoutstudio.com

Comments

Anonymous said…
Isi instagram memang gambar semua, jadi setuju banget dengan prinsip nomor 1: Visual is KING.

Padahal kalo melihat fungsi asalnya instagram diciptakan untuk jualan, tapi dasar otak bisnis apapun bisa dipake jadi jualan.

Shinta Margaret

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online