Jun 3, 2013

7 Bisnis Sampingan Dashyat Lewat Twitter

Twitter memang memberikan nuansa yang luar biasa saat ini bagi perkembangan online di Indonesia, dengan pertumbuhan yang cukup luar biasa 3 tahun ke belakang sudah cukup banyak fenomena yang muncul melalui twitternya khususnya yang berhubungan dengan bisnis.

Maicih, menjadi demikian fenomenal melalui channel ini mengantarkan pemiliknya menjadi miliarder muda, @infobdg menjelma menjadi mesin uang untuk ownernya dengan menjadi situs info dan iklan seputar bandung, mulai dari toko online, seminar, personal dan bahkan lowongan kerja diiklankan setiap harinya, begitu juga personal-personal yang dulunya sebelum ada twitter mungkin tidak pernah kita dengar atau jarang, tiba-tiba menjadi seleb twitt dan menghasilkan banyak uang dari ketenerannya.

Pertanyaannya Anda mau jadi penonton? Di mana ketika banyak orang menghasilkan uang melalui media twitter ini, kita hanya jadi penonton sambil terngagah-ngagah melihat apa yang dihasilkan oleh orang-orang "pintar" itu? Mungkin Anda balik bertanya, "lah emang elo yang nulis sudah menghasilkan apa?" hehe percayalah 1 tahun kebelakang saya berhenti tergangah-ngagah dan mulai DO Something untuk menghasilkan uang dari twitter dan syukurlah sudah ada hasil, karena itu saya bisa sharing kali ini dengan harapan semoga Anda yang membacanya juga terinspirasi.

Loh kok judulnya "sampingan", lah iya memang bisa dilakukan sampingan kok dan bahkan saya sarankan jadikan sampingan dulu, kalo terlihat mulai ada hasil yah terserah Anda mau diseriusin hehe, saya ga mau salahin ntar Anda seriusin tau-tau gagal padahal udah pake resign dari tempat kerja hehe. Nah yuk coba kita lihat apa ajah yang bisa jadi "bisnis sampingan" melalui twitter?

1. Makelar Info
Kalo anda bingung mau cetak kartu nama kira-kira nanya kemana kalo dibandung? Coba tebak, jika anda bertanya kepada internet user hampir pasti jawabannya adalah "tanya ajah ke @infobdg atau @infobandung, ntar juga ada yang jawab biasanya hehe".

Ini fenomena yang sudah biasa disaat social media berkembang begitu pesat saat ini, sudah tidak butuh lagi buka yellow pages karena tentu kadang anda butuh jawaban saat itu juga, mau cari di mana yellow pages emangnya kalo emang lagi butuh?. "Khan bisa tanya google?" yes emang bisa tapi untuk yang cukup spesific seperti "Dokter Kucing di bandung di mana yah?" kadang tidak ditemukan di google dan twitter info jauh lebih powerfull.


Nah kembali kepeluang Bisnis, melalui twitter anda bisa pantau timeline situs info seperti @infobdg dan cepat ambil peluang jika ada pertanyaan yang berhubungan bisnis yang ingin Anda makelarin. Misal beberapa waktu lalu ada yang tanya "Percetakan yang bagus di bandung di mana yah?" Pertanyaan ini saya forward langsung ke teman saya yang bisnis cetak, kemudian saya bilang sama dia "klo deal 5% persen yah". Nah jadi deh peluang bisnis, jadi makelar cetakan hehe.

Point pentingnya jadi makelar gini simple, PALUGADA ajah, apa lu mau gua ada dah, begitu ada yang nanya cetakan langsung cepet-cepet bilang "gua bisa" sambil buru-buru searching percetakan di daerah tempat tinggal, tanya kalo ngasih referensi orang yang mau cetak dapat berapa persen hehe.

2. Jadi admin brand
Ngangur atau punya banyak waktu main di depan kompeter? Coba Anda kontak brand-brand yang twitternya tidak aktif yang domisilinya deket rumah, biasanya cafe/ resto lumayan punya potensi, kemudian tawarin "Bayar saya 500 ribu per bulan, nanti saya yang updatin twitternya". Nah ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang yang saya kenal, mereka nyambil bisnis jadi "admin".

Yang penting untuk diingat adalah cari brand yang mudah untuk diadminin misalnya brand cafe/ resto janga jadi admin yang produknya ajah susah dimengerti misalnya jadi admin perusahaan Asuransi, wah bisa berabeh boo ngurusin admin finance, butuh effort dan belajar, kalo sudah begitu mending kerja aja sekali di perusahaannya. Maksud saya, kalo admin yang gampang2 khan bisa nyambil 2-3 akun brand hehe.

3. Kuizz Hunter
Nah ini juga peluang bisnis lo, coba ajah kalo tidak percaya lihat betapa banyaknya brand yang buat kuizz/ lombah atau apapun itu namanya dengan hadiah-hadiah yang sangat menarik sampai hadiah-hadiah yang bentuknya hanya voucher, wah caranya? gampang follow kuis hunter atau serach di twitter kata2 "Kuizz, lombah, kompetisi dll", nah begitu ketemu segera ikut? CUKUP? Enggak, Anda harus punya banyak akun untuk ikut biar peluangnya makin besar dan juga coba kerjasama dengan beberapa temen, pinjem akunnya atau minta dia ikut juga dengan perjanjian kalo menang hadiah dibagi hehe, nah bisa jadi duit deh.

4. Konsultasi lewat twitter
Ini bisnis bisa dilakukan kalo punya skill biasanya, tapi juga ga butuh jadi expert, bagaiaman contohnya? Misalnya gini, kamu bangun personal brand kamu di twitter sebagai "Ahli Masalah Cinta" nah kamu join tiap ada ##hastag cinta to search yang lagi ngobrol cinta kemudian join obrolannya, kemudian kalo sudah mulai terkenal bukan service 'Curhat Masalah Cinta Private" lewat chat, 2 jam seharga 100 ribu (pake yahoo ajah) hehe. Berhubung dunia ini sudah sangat aneh, coba ajah biasanya bakal ada2 ajah yang mau, lah wong seminar cari jodoh dan biar penuh kharisma ajah banyak dan banyak yang ikut hahaha.

5. Jualan Kultweet
Lah apa lagi ini, makin aneh ajah yang dibahas wkwk. Anda suka banget nih tema-tema soal sex misalnya, sering banget kultweet soal Sex, nah kenapa ga tawarin misalnya Durex buat Anda menjadi kontributornya dengan memberikan kultweet secara rutin dan tentu dengan harga tertentu setiap kultweetnya.

Intinya ini tinggal sesuaikan dengan apa yang Anda kuasai dan cukup banyak brand yang mau bayar sebetulnya untuk dikirim kultweet setiap minggu misalnya karena bisa jadi brand-brand tersebut belum punya admin yang mumpumi untuk bikin kultweet sejago Anda.

6. Jadi Buzzer twitter
Nah ini bisa Anda lakukan kalo Anda cukup terkenal sih di twitter dan punya follower lumayan banyak dan juga sangat tergantung dengan "positioning" yang Anda bangun selama ini. Kalo mau cepet gampang, buat akun anonim sehingga lebih mudah mendapatkan follower, nah dari situ mulai deh tawarin brand-brand untuk pasang iklan di twitter Anda hehe, kalo ini sih sudah terbukti menghasilkan uang sangat banyak, cuma butuh kreatifitas dan waktu untuk bisa membangun twitternya.

Contoh @infobdg lihat tuh berapa banyak brand dan kegiatan yang di tweet (iklan) setiap harinya, wah kalo sudah gini sih bisa bukan sampingan lagi nantinya buat Anda, bisa jadi Big Business di mana untuk menjalankannya Anda bisa tetap menjadikan ini "sampingan", khan tinggal bayar orang untuk jadi adminnya, muantapp khan.

7. Makelar Akun Twitter
Ok, udah mulai ga masuk akal nih hehe, Anda juga bisa nyambi jualan akun twitter loh, "lah gimana caranya, saya khan ga punya akun twitter yang banyak?" hehe tenang, konsepnya saya kok dengan makelar, caranya Anda tinggal tawar akun twitter yang followernya banyak, tanya "mau dijual ga akunnya?" kalo adminnya mau, tanya detail harganya, lakukan ini ke banyak aku twitter.

Nah Anda sudah dapet banyak khan list akun twitter yang bisa dijual "sama lah kaya jual rumah hehe", kemudian lewat twitter juga tawarin tuh Brand-brand buat beli akun yang sudah Anda list tadi, tentu sebelumnya sudah Anda naikan harganya "terserah Anda naikin harga, ga ada patokannya kok", tinggal tunggu deh respon Brandnya. Bisa gitu? Percaya deh bisa, saya kalo ngomong berarti ada buktinya hehe ga asal ide.

Nah itu 7 bisnis sampingan yang bisa kita lakukan melalui twitter, jadi jangan cuma pake twitter buat galau ga jelas hehe. Semoga Bermanfaat.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Consultant

7 comments:

Anonymous said...

inspiratif banget nih artikel!

dari semua poin-poin yang sudah dijabarkan sama penulisnya, tiba2 muncul aja banyak ide di kepala.

hal2 yang nggak kepikiran bakal dilakukanpun ternyata bisa dilakukan dan menguntungkan.
So, this is a great one. thanks

Anonymous said...

wah... setelah baca tulisan ini saya jadi banyak ide untuk mulai engga jadi penonton.

Akan dicoba, inspiratif!!

Shinta Margaret

Pujiananurul said...

social media itu memang bisa dijadikan ladang rejeki ya. Para pebisnis pasti sudah melihat peluang bisnis dan memanfaatkan ini sejak lama. Dimana ada crowd, disitulah pasti ada peluang untuk berbisnis. Apapun itu. Bahkan hanya dengan menjual atau memberikan informasi sekalipun.

jasa penerjemah said...

mantab juga niih idenya

Pusat Jual Beli Termurah said...

makin hebat aja peluang usaha, asal kita kreatif yaa

Jasa Catering Pernikahan Jakarta said...

Sosial Media memang powerfull banget, utk branding oke tuuh

VieraZ olshop said...

Kereeenn