Skip to main content

7 Leads Generator, Sales Finance Wajib Baca Nih !!

Di beberapa training khususnya di perusahaan finance saya sering sekali ditanya bagaimana bisa menghasilkan Leads yang berkualitas untuk kebutuhan setiap sales melakukan prospek calon klien secara online. Yah kalo sekedar mendapatkan database sih sebetulnya ga susah-susah amat, apalagi jika didapatkan tanpa izin yang punya data, sebagai contoh klo tanpa izin sih masuk ajah ke dalam sebuah komunitas milis, kemudian copy deh semua email di milis tersebut atau buat akun facebook fake, gunakan photo yang menarik, add sebanyak mungkin teman kemudian ambil datanya dan banyak lagi cara yang bisa dilakukan tanpa "izin" untuk mendapatkan data base online user.

Tapi, sejatinya bukan seperti itu cara marketing yang bijak dan benar, masih banyak cara yang "legal" di mana orang mau memberikan datanya dengan sukarela kepada Anda dan bisa Anda follow up tanpa mereka merasa terganggung kerena pada awalnya mereka dengan sadar memberikan data tersebut kepada Anda.

Ok kali ini mungkin kita akan membahas bagaimana taktik menghasilkan "leads" yang berkualiatas bagi kebutuhan sales di bidang finance, yah saya buat lebih spesifik karena walaupun pada dasarnya taktiknya bisa diterapkan di berbagai jenis bisnis, namun agar contohnya mudah dimengerti saya fokuskan contohnya pada sales khususnya di bidang saham atau berjangka.

Sebelum kita masuk ke How to nya, ada beberapa hal yang penting bagi setiap sales finance untuk dipahami ketika ingin menghasilkan "leads" yang berkualitas dan bisa mereka konversi menjadi klien mereka, apa saja itu?

1. Website/ Blog
Bagi sales perusahaan finance melakukan konversi leads bukanlah perkara mudah, setiap sales harus membangun terlebih dahulu reputasi personal untuk bisa meyakinkan leadsnya melakukan investasi melalui mereka. Apa jadinya jika sales tersebut tidak mempunya blog atau website? yah tentu akan berat untuk melakukan konversi karena akan sulit membangun trust kepada leads. Anda bisa liha ke sini http://www.aidilakbar.com/ atau http://endyjkurniawan.com/

Website ini juga akan sangat kuat relasinya dengan bagaimana cara menghasilkan leads yang akan kita bahas berikutnya sehingga sebagai sales finance pastikan Anda membuat blog/ website yang bisa merepresentasikan diri Anda dengan baik dan berkualitas.

2. Personal Positioining

Membangun personal positioning sangat penting jika Anda ingin mendapatkan leads yang berkualitas, tidak sering orang mau memberikan datanya kepada orang yang tidak mereka kenal walaupun diiming-imingin dengan sesuatu yang cukup valueable seperti ebook. Jadi jika misalnya Anda ingin membangun personal positioning di bidang saham coba tetapkan dulu image seperti apa yang ingin Anda bangun seperti http://www.ellen-may.com/v2/ yg menyebuat dirinya sebagai "pakar saham" sehingga terbangunlah kreadibilitas personal Anda.

3. Social Media
Masih sejalan dengan ke dua hal di atas, Anda juga harus membangun channel personal di social media seperti linkedin, facebook dan twitter. Channel ini juga akan berhubungan erat dalam menghasilkan leads yang berkualitas yang Anda perlukan untuk mendapatkan klien. Contoh coba pelajari https://twitter.com/aidilakbar https://twitter.com/pakarsaham

4. Budget
Membangun leads yang berkualitas tentu memerlukan biaya, yah wajarlah Anda ingin jualan tapi gratis? bisa ajah tapi butuh waktu lebih lama, namun dengan mengalokasikan budget untuk ini akan memperikan Anda percepatakan dalam membangun dan mendapatkan leads yang berkualitas tentunya.

Ok itu 4 hal yang perlu Anda pahami dan siapkan untuk bisa menghasilkan leads berkualitas secara online, nah kemudian tentu ini yang Anda tunggu bukan, bagaimana caranya menghasilkan leads tersebut? Aja program yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan leads berkualitas tersebut?

Ok ga usah panjang lebar kita lihat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun leads yang "legal" dan berkualitas, yah saya katakan berkualitas yah artinya leads ini punya peluang untuk di konversi lebih besar, bukan sekedar leads2 an yang nilai konversi menjadi kliennya kecil.

1. Ebook
Anda bisa menghasilkan database dengan membagikan ebook secara gratis baik yang Anda letakkan di banner penawaran ebooknya ataupun disebarkan melalui social media seperti twitter. Melalui twitter misalnya, Anda buat ebook "10 Rahasia Profit Melalui Trading Saham Blue Chips" nah kemudian misalnya Anda bayar situs info seperti @infobdg untuk men tweet ebook Anda tersebut beberapa kali, nah kemungkinan besar Anda bisa menghasilkan database yang berkualitas dari sini.

Saya sarankan untuk menghasilkan database yang berkualitas melalui ebook ini pastikan ebook yang Anda buat memiliki konten yang lebih spesifik dan DIBUTUHKAN oleh pemula yang ingin berinvestasi di saham, ataupun jika tujuan Anda menggaet orang yang sudah bermain saham makan buatlah konten yang menarik perhatian mereka.

Nah ketika orang melakukan download, Anda sudah pasti mendapatkan data yang valid dan berkualitas setidaknya dalam bentuk Email yang nantinya bisa Anda follow up untuk di prospek menjadi klien Anda. Contoh http://ebook.creasionbrand.co.id/

2. Update News
Database/ leads yang berkualitas juga bisa Anda hasilkan dari menawarkan berlangganan news/ magazine secara online contoh http://www.monexnews.com/futures-monthly.htm mengapa data seperti ini kemungkinan besar berkualitas? karena didasarkan pada interest sehingga rasanya tidak ada non target yang "iseng" mau download karena tidak punya interest terhadap hal tersebut.

Seperti halnya ebook, Anda bisa letakan update news/ magazine ini sebagai banner di website/ blog Anda atau juga bisa disebarkan linknya ke berbagai forum, milis, twitter, facebook dan berbagai media online lainnya.

3. Activation
Nah Anda juga bisa membuat sejenis kegiatan yang ujungnya menjaring leads dari online citizen, contoh misalnya Anda buat kuizz Tebak Harga Saham, siapkan landing pages khusus di mana yang menjawab bisa submit jawabannya kemudian submit data dirinya dan jika beruntung memenangkan sejumlah hadiah baik itu barang ataupun uang tunai.

Kegiatan seperti ini biasanya menghasilkan database yang cukup banyak dan 90 persen lebih bisa dikatakan valid sampai nomor teleponnya namun secara kualitas data masih cukup banyak data yang kurang berkualitas karena siapa saja di online bisa ikut dan biasanya kalo ada hadiahnya yang ikut bisa siapa saja. Triknya, bisa Anda batasi umur yang boleh mengikuti activasi yang Anda buat dan juga buat activasi yang cukup spesifik yang hanya dimengerti oleh target market Anda.

4. Konsultasi
Konsultasi gratis juga biasanya bisa mendatangkan leads yang berkualitas, misal setiap siang Anda buka konsultasi dan prediksi harga saham untuk esok hari, nah Anda umumkan di semua social media channel Anda bahwa ada waktu untuk konsultasi gratis dengan men add no pin bb atau whatsapp Anda sehingga jika ada yang melakukan add jelas itu merupakan potensi leads yang berkualitas.

5. Beriklan
Ini tentu cara yang paling muda untuk menghasilkan leads, misalnya Anda bisa memasang iklan di media twitter, di facebook ads ataupun di google display dan adwords, pastikan saja konten yang anda buat relevan dengan target market yang Anda tuju sehingga data yang dihasilkan menjadi berkualitas.

Contoh misalnya Anda beriklan di Adwords, (iklan di google search) nah ketika orang mengetikan "Perusahaan Saham" Anda bisa membuat iklan Anda keluar (tentu disertakan link blog dan Profile Pakar saham Anda), Nah dari sini ada kemungkinan orang akan klik di iklan Anda dan masuk ke halaman blog/ website Anda? sampai sini blom dapat leads kecuali awareness ajah, jadi tips nya ketika pertama kali leads masuk ke web/ blog cepat-cepat tawarkan ebook edukasi/ konsultasi gratis/ seminar yang meminta leads tersebut mengisi databasenya.

6. Free Edukasi
Selain konsultasi, Adan juga bisa mendapatkan data yang berkualitas dengan mengadakan gathering offline dengan mengundang melalui online seperti contoh https://twitter.com/pakarsaham (lihat timeline ada tawaran untuk training) atau evn.to/116WMJ1 Nah menariknya jika personal brand Anda cukup terkenal bahkan kegiatan seperti ini bisa dibuat berbayar bukan gratis yang artinya orang yang mengikuti kegiatan ini adalah leads yang berkualitas.

7. Free Demo
Nah ini juga bisa dilakukan oleh finance sales dengan memfasilitasi target leadsnya dengan sebuah tools, misalnya tools melakukan demo account saham atau tools kalkulator finance yang harus didownload di mana target leads harus memasukan databasenya (khususnya email) untuk bisa menggunakan tools tersebut. kalo di perusahaan forex ini merupakan strategi penting yang biasanya sangat menentukan valid atau tidaknya database contoh http://mifx.com/open-demo-account.php

Nah semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk temen-temen yang khususnya bergerak dibidang penjualan product finance, tentu tips2 di atas bisa diaplikasikan juga ke berbagai industri dengan modifikasi tentunya yg disesuaikan dengan industri yang dimaksud.

Creasionbrand I Creative Sales & Brand Partner

Rekomendasi Buat di Baca

Jangkrik Rambo
8 Tips Melakukan Konversi (Jualan) di Website
5 Tips Copywriting yang Pasti di Baca
Calon Gubernur Gaul
Buy-ology, Eyang Subur dan Ritual Marketing

Comments

Ricky Setiawan said…
Nice idea KoRex. Soal personal positioning menarik bgt buat saya nih, mungkin kalau boleh request nanti bisa dibahas terpisah ko :D
Anonymous said…
Siap Ko Rick, thanks sudah berkunjung hehe.

REx

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…