Skip to main content

Iklan di Welcome Screen Facebook, Tertarik?


A: “Facebook Ads gue sekarang harga per kliknya murah bener lho!”
B: “Pasang dimana?”
A: “Biasa. Untuk penambahan likes sama klik ke website”
B: “Udah coba pasang di Welcome Screennya?”
A: “Oh, emang ada ya?”

Yep! Beberapa pekan lalu, Facebook membuka channel iklan baru untuk para advertisers. Bukan tanpa tujuan, Facebook melakukan hal ini. “Ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan Facebook agar tetap bisa dinikmati secara gratis”, begitu yang tertera pada keterangan di salah satu menu Adverts Manager Facebook. Semakin banyak channel yang dibuat oleh Facebook, semakin besar kesempatan Facebook untuk meraup uang banyak sehingga mereka tidak perlu “kalo perlu selamanya” untuk membebankan biaya kepada usernya.


Pada saat Anda log out dari akun Facebook Anda, Anda akan di-direct kembali ke welcome page Facebook. Di satu kesempatan, Anda akan menemukan semacam tampilan fanpage pada welcome page tersebut. Inilah Facebook untuk tetap menerima penghasilan. Bukan hanya menguntungkan bagi Facebook, hal ini pun memberikan beberapa keuntungan bagi para pemasang iklan.

Dengan memperluas channel iklan, para advertiser ini memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah:

1. Banyaknya Pilihan Fitur untuk Pemasangan Iklan Facebook
Sebelum diluncurkannya channel pemasangan iklan di welcome screen, pilihan placement ads di Facebook hanya ada dua; sponsored stories, dan adverts. Kedua fitur placement ads ini sangat efektif untuk strategi community building atau traffic website.  Pada fitur Sponsored Stories, tidak ada teks yang muncul kecuali stories dari seseorang bahwa salah satu teman di facebooknya sudah me-like salah satu fanpage. Sedangkan pada Adverts, para advertiser bisa mengkustomisasi teks yang tampil dan juga display picture yang ditampilkan.

Namun dalam hal ini, gambar yang ditampilkan adalah gambar dengan ukuran standar. Jika gambar tersebut memiliki detil, detil tersebut tidak akan terlalu nampak. Oleh karena itu jika ingin menampilkan gambar untuk facebook ads fitur Adverts ini disarankan bukan gambar-gambar yang memiliki detil yang banyak. Namun dengan adanya fitur baru dari Facebook Ads yakni pemasangan iklan di welcome screen ini, para advertiser bisa menampilkan gambar yang lebih besar.

2. Biaya Pay per Click (PPC) untuk Standard Ads Semakin Murah
Para advertiser berlomba-lomba untuk memasang iklan di welcome screen Facebook Ads yang mampu menampilkan banyak gambar disana. Berkaitan dengan hal ini, channel facebook ads yang lain terabaikan. Para advertiser mengantri untuk melakukan placements ads pada fitur baru Facebook. Oleh karena itu, untuk tetap menghidupkan channel ads yang lama,

Facebook menurunkan harganya beberapa rupiah. Biaya PPC yang tadinya bidding price Rp. 600 akan mendapatkan PPC sekitar Rp. 553, kali ini dengan bidding price Rp. 1,000, Facebook Ads memberikan PPC sekitar Rp. 345-an saja. Hal ini akan sangat menguntungkan jika target yang dicapai adalah penambahan jumlah fans atau visit ke website.

3. Mendapatkan Brand Awareness yang Tinggi dari Welcome Screen Facebook Ads
Tidak perlu lagi meminimalisasi display picture pada advert, karena para advertiser bisa mendapatkan lahan iklan yang sangat besar pada welcome screen Facebook. Disini bukan hanya advert ataupun specific post yang ditampilkan, tetapi fanpage para advertiser pun akan dipampang dengan ukuran tidak jauh seperti aslinya.

Untuk mendapatkan nilai dari brand awareness, pemasangan iklan di welcome screen Facebook ini adalah salah satu strategi yang bisa diandalkan. Orang lain bukan hanya akan melihat ads kita. Mereka bahkan seperti sudah diberi teaser dari sebagian tampilan fanpage kita. Tidak melupakan fitur-fitur sebelumnya, di welcome screen ini pun para targe iklan bisa langsung like pada postingan tertentu yang ditampilkan advertiser.

Bagaimana? Anda berniat mencoba iklan di welcome screen Facebook ini untuk brand Anda?

creasionbrand

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…