Nov 2, 2012

Crizal itu Brand Apa Coba?


Terkadang kita belum tahu bahwa kita membutuhkan sebuah produk, sampai kita mengerti apa sebenarnya manfaat sebuah produk, mengenalnya dan menemukan relevansinya terhadap kebutuhan kita.

Hal ini mungkin yang mendasari aktifitas2 yang sedang dilakukan oleh Crizal, sebuah produsen lensa asal Canada yang saat ini sedang menggelar mobil periksa mata gratis di Indonesia, mobil tersebut melakukan “roadshow” di Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Yang lebih hebohnya lagi, bukan hanya periksa gratis,tapi roadshow kali ini juga menggelar beberapa permainan seru dan juga edukasi secara lebih nyata dengan memberikan perbadingan 5 keunggulan lensa yang dimilliki oleh Crizal.

Sebenarnya apa yang dilakukan Crizal dalam jangka pendek mungkin tidak akan menciptakan penjualan yang cukup massive, namun mungkin rangkaian yang dilakukan oleh Crizal lebih memiliki akan membangun awareness dan kedekatan dengan target market nya. Jika boleh membandingkan, saya teringat dengan kasus serupa yang dulu pernah dilakkukan oleh Intel, dimana saat itu belum ada konsumen nya yang aware terhadap prosesor, karena biasanya pada saat kita membeli sebuah komputer, prosesor tersebut sudah tercakup di dalam nya. Jadi saat itu pendekatan yang dilakukan oleh Intel adalah dengan mullai membangun brand equitynya di mata konsumen akhir nya, agar pada saat melakukan pembelian komputer target market mempertimbangakan brand prosesor apa yang digunakan.


Hal ini juga yang saya lihat juga dilakukan oleh Crizal, pada saat konsumen ingin membeli kacamata, sebagian besar tidak mengetahui brand dari lensa tersebut, mayoritas hanya mengenal brand dari frame kaca matanya saja, sehingga akan sangat penting bagi Crizal untuk membangun komunikasi brandnnya. Coba yuk kita bahas singkat brand activation yang dilakukan oleh Crizal ini minggu lalu, yah tentu menurut pandangan saya pribadi.

1. Buy Awareness
Salah satu cara untuk create awareness adalah dengan menambahkan “WOW” element, salah satu WOW element yang dilakukan oleh Crizal adalah dengan memberikan periksa mata gratis, bukan hanya periksa mata gratis biasa, tapi periksa  mata gratis di dalam sebuah mobil besar yang memang dipersiapkan untuk roadshow dari kota ke kota.

WOW elemen lainnya adalah Bus Crizal yang diletakan di tengah-tengah Mall tersebut, hal ini tentu menarik perhatian siapapun yang melintas di tengah mall tersebut untuk setidaknya mencari tahu sedang ada apa di mall tersebut, dari sini crowd traffic bisa ditarik secara otomatis ke are activation.

2. Experience
Ada pepatah yang mengatakan jika ingin mengingat sesuatu dalam waktu lama, maka yang dibutuhkan adalah pengalaman, bukan hanya sekedar membaca atau mendengar cerita. Crizal memberikan beberapa sentuhan emosional kepada target market nya, bukan hanya dengan memberikan layanan periksa mata gratis, tapi juga dengan memberikan beberapa “peragaan” berupa perbadingan langsung 5 keunggulan nya dengan lensa biasa dengan ukuran sangat besar.

So, bukan hanya menarik perhatian, tapi konsumen juga bisa dengan gamblang membandingkan langsung, bahkan bisa melakukan aktifitas berfoto bersama lensa besar yang unik tersebut

3. Send some souvenir
Tinggalkan jejak sebanyak-banyak nya pada saat anda bertemu dengan konsumen anda. Setelah memanjakan konsumen degan aktiftas periksa mata gratis, games dan “peragaan” perbadingan lensa Crizal dan lensa biasa, Crizal juga memberikan souvenir berbetuk kacamata yang bisa digunakan dan dibawa pulang oleh konsumen2nya. Lucu dan menarik untuk digunakan untuk sekedar berfoto bersama.

Creative Sales Credo #1

No comments: