Skip to main content

Crizal itu Brand Apa Coba?


Terkadang kita belum tahu bahwa kita membutuhkan sebuah produk, sampai kita mengerti apa sebenarnya manfaat sebuah produk, mengenalnya dan menemukan relevansinya terhadap kebutuhan kita.

Hal ini mungkin yang mendasari aktifitas2 yang sedang dilakukan oleh Crizal, sebuah produsen lensa asal Canada yang saat ini sedang menggelar mobil periksa mata gratis di Indonesia, mobil tersebut melakukan “roadshow” di Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Yang lebih hebohnya lagi, bukan hanya periksa gratis,tapi roadshow kali ini juga menggelar beberapa permainan seru dan juga edukasi secara lebih nyata dengan memberikan perbadingan 5 keunggulan lensa yang dimilliki oleh Crizal.

Sebenarnya apa yang dilakukan Crizal dalam jangka pendek mungkin tidak akan menciptakan penjualan yang cukup massive, namun mungkin rangkaian yang dilakukan oleh Crizal lebih memiliki akan membangun awareness dan kedekatan dengan target market nya. Jika boleh membandingkan, saya teringat dengan kasus serupa yang dulu pernah dilakkukan oleh Intel, dimana saat itu belum ada konsumen nya yang aware terhadap prosesor, karena biasanya pada saat kita membeli sebuah komputer, prosesor tersebut sudah tercakup di dalam nya. Jadi saat itu pendekatan yang dilakukan oleh Intel adalah dengan mullai membangun brand equitynya di mata konsumen akhir nya, agar pada saat melakukan pembelian komputer target market mempertimbangakan brand prosesor apa yang digunakan.


Hal ini juga yang saya lihat juga dilakukan oleh Crizal, pada saat konsumen ingin membeli kacamata, sebagian besar tidak mengetahui brand dari lensa tersebut, mayoritas hanya mengenal brand dari frame kaca matanya saja, sehingga akan sangat penting bagi Crizal untuk membangun komunikasi brandnnya. Coba yuk kita bahas singkat brand activation yang dilakukan oleh Crizal ini minggu lalu, yah tentu menurut pandangan saya pribadi.

1. Buy Awareness
Salah satu cara untuk create awareness adalah dengan menambahkan “WOW” element, salah satu WOW element yang dilakukan oleh Crizal adalah dengan memberikan periksa mata gratis, bukan hanya periksa mata gratis biasa, tapi periksa  mata gratis di dalam sebuah mobil besar yang memang dipersiapkan untuk roadshow dari kota ke kota.

WOW elemen lainnya adalah Bus Crizal yang diletakan di tengah-tengah Mall tersebut, hal ini tentu menarik perhatian siapapun yang melintas di tengah mall tersebut untuk setidaknya mencari tahu sedang ada apa di mall tersebut, dari sini crowd traffic bisa ditarik secara otomatis ke are activation.

2. Experience
Ada pepatah yang mengatakan jika ingin mengingat sesuatu dalam waktu lama, maka yang dibutuhkan adalah pengalaman, bukan hanya sekedar membaca atau mendengar cerita. Crizal memberikan beberapa sentuhan emosional kepada target market nya, bukan hanya dengan memberikan layanan periksa mata gratis, tapi juga dengan memberikan beberapa “peragaan” berupa perbadingan langsung 5 keunggulan nya dengan lensa biasa dengan ukuran sangat besar.

So, bukan hanya menarik perhatian, tapi konsumen juga bisa dengan gamblang membandingkan langsung, bahkan bisa melakukan aktifitas berfoto bersama lensa besar yang unik tersebut

3. Send some souvenir
Tinggalkan jejak sebanyak-banyak nya pada saat anda bertemu dengan konsumen anda. Setelah memanjakan konsumen degan aktiftas periksa mata gratis, games dan “peragaan” perbadingan lensa Crizal dan lensa biasa, Crizal juga memberikan souvenir berbetuk kacamata yang bisa digunakan dan dibawa pulang oleh konsumen2nya. Lucu dan menarik untuk digunakan untuk sekedar berfoto bersama.

Creative Sales Credo #1

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

Nah edisi kali ini lebih pengen sharing soal tips-tips Creative Sales langsung yang bisa dipratekan, ga perlu teori, ga repot dan berbiaya “kecil” kali hehe. Kuncinya ketika mengeksekusi program-program di bawah harus ingat 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe/ Resto kita haha.

Semua ide saya rangkung dari semua tempat yang kebetulan pernah terlihat, terdengar, terbaca ataupun murni memang terinspirasi.  Sebetulnya ada sekitar 200 ide, Cuma 30 puluh dulu deh yang di posting, nanti dibuatkan ebook nya untuk di download. Selamat menikmati.

1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet disko…

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Di usaha kuliner yang saya jalankan, ada periode tertentu yang boleh dibilang “masa panen” bisnis makanan. Ya, Lebaran Idul Fitri, itulah momen emas untuk pemilik bisnis kuliner.  Saat itu, omzet penjualan bisa meningkat 4 kali lipat dan itu merata di semua warung atau rumah makan di daerah saya. Bisa dibilang, tidak ada rumah makan yang sepi ketika itu.

Tapi, “masa panen” tidak berlangsung lama, hanya bertahan sekitar 2 pekan saja. Setelah melewati waktunya, kehidupan bisnis pun kembali berjalan normal. Pemilik usaha lagi-lagi harus memutar otak bagaimana mempertahankan laju bisnis mereka. Dan fenomena ini juga berlaku di bisnis selain kuliner, khususnya bisnis yang bergerak di bidang eceran (retail), seperti toko fashion dan sejenisnya. Atau Anda juga merasakan hal yang sama berlaku di bisnis yang Anda jalankan?

Untuk meningkatkan penjualan di waktu “sepi”, pemilik bisnis harus berpikir secara cermat. Cara yang biasa, seperti diskon misalnya, kadang bukan pilihan terbaik di saat bisn…

Push & Pull Marketing Via Online

Banyak sekali aktifitas-aktifitas marketing yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan Online, mulai dari aktivasi branding dengan promosi, reseller/ agen, kerjasama pihak ketiga dan lain-lain. Aktifitas penjualan online yang menjamur di Indonesia saat ini menjadikan atmosfer persaingan dan kompetisi yang ada dan berkembang di pasar menjadi sangat kompetitif, dan sering “sikut-sikutan”. Hal ini otomatis memaksa para pemilik brand untuk putar otak, untuk bagaimana caranya brand dan product yang diusungnya sebagai public trusted brand/ product yang secara langsung akan mempengaruhi penjualan

Strategi!! Ya, ini yang harus dilakukan, tapi jangan lupa action yang paling penting. Berbagai strategi bisa dilakukan dalam upaya menggaet pasar dan membangun brand awareness, ini menjadi hal yang sangat wajib bagi pemilik brand. Push & Pull Marketing Activities, ini dia yang akan coba saya bahas dalam artikel saya sekarang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam pada metode pus…