Nov 28, 2012

Kuis dan Engagement


Pernah gak ngeliat atau denger orang yang ngucapin kata-kata barusan? Pasti ada aja yang alasan follow akun twitter atau like di fanpage. Cuma atas dasar “mau ikut kuis”.  Makanya ga aneh ratusan kuis atau program berhadia bertebaran di social media mulai dari yang hadiahnya “kere” sampe yang “wah” seperti gadget dengan harga yang lumayan edan seperti Ipad, Samsung SIII dan sebagainya.

Dan anehnya, sepertinya banyak juga social media strategist atau pengolah sosmed bagi sebuah brand yang berpikir bahwa ini adalah faktor engage yang paling penting bagi sebuah brand “kita mesti buat kuiz berhadiah nih biar engage” begitu kira-kira yang sering saya dengar ketika membahas faktor engage di sosmed. Ga salah sih kalo itu jadi salah satu faktor, tapi kalo itu dijadikan “faktor utama” capek deh boo, banyak kali cara untuk membangun engage tanpa harus memberi “iming-iming” yang membuat kadang konsumen “terpaksa” engage dengan brand di social media.

Nah, kalo pada masih mikir apa aja. Mungkin ini bisa ngebantuin kamu sebagai orang yang ngelola social media buat lebih bisa engage ga cuma dari kuisnya doang.


1. Bikin konten yang konsisten.
Konten yang konsisten itu apa? Konten yang konsisten adalah yang emang bener-bener mencerminkan brand atau personal branding yang lagi kamu pegang. Konsisten di sini juga bisa dilihat dari penjadwalan konten yang teratur. Gak asal update doang. Contoh: Kalo kamu memegang sebuah akun brand sepatu cewek. Yang perlu dibahas adalah topik seputar sepatu, fashion kecantikan, kesehatan cewek, kepribadian.

2. Interaktif. Pasti doooong
Ini emang jadi senjata banget kalo kamu punya budget dikit tapi pengen eksis di social media. Setelah bikin konten yang ciamik dan konsisten. Jadi interaktif sama followers atau fans, atau bisa juga sama orang yang ngepost hal yang terkait dengan keyword kamu.
Pasti deh bakal lebih dikenal akun socmednya. Ibaratnya orang. Jadilah orang yang enak banget diajak ngobrol. Bahkan sampe curhat. :P

3. Tau banget konten yang jadi favorit 
Udah ngerasa konten yang dibuat pada keren? Jangan seneng dulu. Kita juga harus liat seberapa jauh konten kita disukai sama orang-orang yang baca. Apa aja yang jadi favorit mereka? Nah, setelah itu baru deh kita tahu yang mana yang bakalan sering kita “hidangkan” ke mereka. Contoh: Kalau orang lebih seneng fav twit atau like post fb kita soal sepatu. Yang musti kita kembangin adalah konten inovatif di bagian itu.

4. Cek ulang mindmap kamu
Bikin mindmap buat guide social media brand itu PENTING! Jadi kamu bisa tahu banyak soal konten apa aja yang bakalan kamu buat, terus keyword mana aja yang bakalan kamu nimbrungin. Mindmap juga bikin kamu gak kehabisan ide. Ada ide apapun, tulis. Kalau belum bisa dieksekusi kontennya. Hold aja dulu.

5. Buat survey kecil-kecilan
Ini sih sebagian dari yang namanya ngebangun diri jadi interaktif di social media. Bedanya ini buat kita biar lebih tau “Apa sih yang fans sama followers kita mau?”. Kasih pertanyaan yang emang menjurus ke keyword brand kita, cuma kita nanya dengan santai. Kayak lagi di kantin sama temen aja. Gak usah formal banget. Namanya juga social media.

Yang jelas, corong duit masuk harus lebih gede aja di socmed. Jangan corong duit buat keluar. Jadi tukang sepik memang bener-bener diperlukan kok buat socmed admin dan strategist.

creative sales

No comments: