Gratis Edward Cullen


Agak heran juga ketika minggu lalu saya nonton film Breaking Dawn, sudah diniatkan datang dari jam 10 pagi buat ngantri, eh ternyata loket antrian begitu lengang. Wow ada apa gerangan seperti ada yang tidak biasa. Sudah tidak aneh, jika setiap ada film box office datang ke kota Bandung, XXI tempat saya biasa nonton sudah dipenuhi calon penonton sebelum pintu bioskop dibuka, berbeda dengan keadaan hari ini.

Sambil menunggu waktu pemutaran film, kemudian saya berjalan ke bagiaan timur bioskop dan di sana sudah berjibun antrian, awalnya saya berfikir ‘ooo di sini to antriannya.’ Tapi kemudian saya terheran-heran karena para pengunjung itu tidak mengantri di depan loket tapi di sebelah loket. Saya kemudian berusaha mencari tahu dengan bertanya kepada salah satu SPG kartu kredit yang kebetulan ada di sekitar loket, ternyata itu adalah antrian buka tabungan bank BJB berhadiah. Para pengunjung saat itu cukup membuka rekening dengan nominal Rp.150.000 dan akan mendapatkan hadiah 2 voucher nonton Breaking Dawn di Bioskop ini. Terjawab sudah keheranan saya awal.

Sebuah metode Buy Now (Creative Sales-Credo 2) yang cukup efektif dengan memanfaatkan momen launching dari film Breaking Dawn yang pastinya sudah ditunggu oleh para penggemar film di kota Bandung.

Mengamati aktivitas dari bank BJB tersebut, ada 3 poin penting yang bisa kita jadikan pembelajaran dalam meng-konversi prospek menjadi konsumen, yaitu :


1. Buat konsumen berfikir untung
“Apa ruginya saya jika harus buka tabungan di BJB dengan benefit dapat tiket nonton gratis Breaking Dawn?” pemikiran ini yang pasti pertama kali muncul di benak pengunjung studio XXI saat itu. Lagian, buka tabungannya tinggal daftar disebelah loket, tidak perlu pergi ke bank terdekat. Kalau memang tidak tertarik buat tabung di bank ini, nanti tinggal ditutup rekeningnya. Keuntungannya, sudah jelas dapat 2 tiket gratis nonton Breaking Down.

Dua hal yang membuat konsumen berfikir untung adalah yang pertama dapat 2 tiket gratis tanpa keluar uang dan yang kedua kemudahan proses dan pelayanan yang diciptakan oleh BJB dengan pembukaan rekening melalui open booth di bioskop.

2. Manfaatkan Momen
Pemilihan waktu dan momen program ‘gratis 2 tiket nonton dengan membuka buku tabungan’ cukup tepat karena aktivasi ini dilakukan bersamaan dengan launching film Breaking Dawn dan kebetulan bertepatan dengan libur panjang 4 hari, yang pastinya menyedot banyak pengunjung ke Bioskop. Traffic yang banyak menjadi salah satu kunci keberhasilan program BJB ini. Coba bayangkan kalau program ini di launching di week days saat pemutaran film hantu pembantu gondrong, kayaknya akan berbeda responnya.

3. Pemilihan Tempat Pelaksanaan Program yang Tepat
Bioskop XXI adalah tempat yang cocok untuk program ini, karena berisi calon prospek dengan ses yang merupakan target market dari bank BJB, selain itu dari tingakat kunjungan bioskop yang cukup tinggi sudah bisa diprediksi, melihat dari trend kunjungan pada waktu sebelumnya. Sehingga kesusksesan dan jumlah closing dari pelaksanaan program open rekening di tempat sudah dapat diperkirakan sebelumnya.

4. Permudah proses konversi
BJB melakukan konsep Buy Now ini dengan sangat tepat di mana mereka mempermudah proses untuk mendapatkan tiket gratis dengan membuka tabungan on the spot, siapkan uang 150 ribu, urus administrasi dan done, tiket gratis didapatkan.

Ya, ujung-ujungnya kita harus dapat membaca arah pemikiran dari target market kita dan menjawab dalam bentuk program sehingga bisa memenangkan mereka. Seperti yang dilakukan Alice yang berhasil mengalahkan Aro sang pemimpin Volturi dengan kekuatan membaca dan mempengaruhi pikiran musuhnya tanpa harus berperang dalam kisah luar biasa dari Breaking Dawn.

Creative Sales Credo #2

Comments

Popular posts from this blog

30 Creative Sales Ideas Untuk Cafe/ Resto

10 Ide Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Toko Anda tanpa DISKON!

Push & Pull Marketing Via Online