Mar 7, 2011

The Power Of @infobdg

" ada yang tau dimana tempat sewa mobil ga yah?", "Ada yang tau keadaan jalan Ciumbuleuit ga yah?", "restaurant Valey no teleponnya berapa yah?" "Ada yang kenal konsultan pajak?". Coba tebak jika Anda di bandung dan bingung dengan berbagai hal dan membutuhkan informasi secepatnya kemana harus bertanya? 108? Yah mungkin jika yang dibutuhkan nomor telepon dengan nama dan alamat yang jelas, bagaimana jika pertanyaan seperti di atas yang tidak jelas informasi alamat dan nama perusahaannya? Kemana kita harus bertanya?

Entah ini suatu yang luar biasa atau memang bisa dikatakan kehebatan dunia online saat ini jika pertanyaan-pertanyaan itu muncul tiba-tiba banyak teman saya yang menjawab tanya ajah (mention) @infobdg. Luar biasa, bukan satu kali dua kali saya mendapatkan jawaban seperti ini, sampai sebegitu terkenal @infobdg ini sehingga menjadi referensi untuk semua pertanyaan seputar bandung, apapun itu.

Hal yang luar biasa berikutnya adalah hampir sebagian besar pertanyaan yang ditanyakan melalui @infobdg tersebut dijawab oleh orang lain yang menjadi followernya @infobdg bukan oleh @infobdg itu sendiri, @infobdg hanya men tweet pertanyaan tersebut di timelinenya maka kemudian sim salabim muncullah jawaban dari berbagai orang yang bahkan mungkin tidak satupun yang kita kenal. Hal luar biasa ketiga, setelah follow @infobdg ini tidak lama saya mendapatkan referensi klien yang kemudian menjadi klien karena kebetulan saja saya membaca timeline @infobdg tersebut hehe.

Coba yuk kita analisa iseng mengapa sebuah akun @infobdg ini kemudian menjelma menjadi media informasi dan promosi yang luar biasa efektif dan diikuti oleh banyak orang (follower terakhir tercatat 104,732 angka yang luar biasa).

1. Perubahan Prilaku
Perkembangan online user saat ini memang menunjukan angka yang sangat luar biasa (45 juta online user), hal  ini otomatis merubah prilaku banyak orang dalam mencari informasi. Dahulu mungkin kita akan membuka yellow pages untuk mencari alamat atau nomor telepon atau menelepon108 untuk mendapatkan hal tersebut. Sekarang, sudah banyak orang khususnya pengguna internet mencari informasi tidak lagi melalui yellow pages, atau 108 namun langsung search di mbah google atau mention (@) di twitter.

2. Menjawab Kebutuhan
Selama ini kita memang mengandalkan google atau 108 untuk mencari informasi mengenai apapun yang kita butuhkan namun kadang kedua media ini memiliki kelemahan dalam akurasi dan detail yang dibutuhkan. Kita membutuhkan media yang bisa menjawab lebih lengkap dan akuran pertanyaan kita, nah @infobdg yang menggunakan platform twitter ini bisa menjawab hal tersebut karena komunitas/ follower yang ada di dalamnya.

3. Simple dan Murah
@infobdg menawarkan pencarian informasi yang sederhana dan murah dengan akurasi hasil yang cukup tinggi karena biasanya jawaban datang dari orang yang memiliki informasi jawaban yang akurat. Kita cukup @ (mention) melalui HP kita (tentu yang online), tidak lama (biasa) akan muncul jawaban yang kita butuhkan dengan lengkap. Selain itu tentu saja bisa dikatakan murah atau tidak berbiaya sama sekali kecuali biaya akses internet bulanan.

4. Cepat
Sejauh ini yang saya rasakan adalah kecepatan informasi yang kita butuhkan, yah kecuali adminnya sedang tidur hehe. Jika kelak (atau memang sudah) mereka menggunakan tim khusus untuk handling lalu lintas mention di accountnya, maka tentu luar biasa kecepatan informasi yang bisa didapat.

5. Follower
Jumlah 104 ribu lebih follower tentu saja merupakan sebuah power dalam spreading informasi yang luar biasa. Hampir semua pertanyaan dijawab (imho), belum lagi penyebaran informasi kedua yang dilakukan oleh followernya ke orang-orang yang mungkin bisa menjawab pertanyaan yang kita butuhkan.

6. Power of sharing
Inilah mungkin kunci keberhasilan @infobdg menjadi ikon informasi di kota bandung, kegemaran orang untuk memberikan informasi dan saling berbagi sangat menunjang model sumber informasi melalui twitter ini. Hampir sebagian besar pertanyaan yang muncul dijawab oleh follower lainnya dengan lengkap.

Jadi apakah anda sudah follow @infobdg? #bukantitipansponsor hehe. So kalo bingung di bandung cukup "@infobdg mau nanya dong.......".

No comments: